Search

10 Langkah Memulai Bisnis dari Nol hingga Sukses - Okezone Economy

JAKARTA – Ketika akan membuat bisnis, seorang entrepreneur atau pengusaha harus memiliki pondasi yang kuat. Sebab, tak sedikit pelaku usaha yang harus berhenti di tengah jalan karena berbagai alasan. Maka, membangun usaha harus dipikirkan secara matang.

Membangun usaha tidak hanya bermodalkan niat, tetapi diperlukan wawasan atau teori untuk memulai atau melakukannya. Memulai bisnis melibatkan perencanaan, pengambilan keputusan keuangan utama, dan menyelesaikan serangkaian aktivitas hukum.

Dilansir dari Small Business Administration Jakarta, Kamis (10/12/20), 10 langkah berikut ini penting untuk dilakukan oleh seorang pengusaha saat akan memulai bisnis sendiri dan berpotensi sukses.

Baca Juga: Salip Bill Gates, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Kedua di Dunia

1. Lakukan Riset Pasar

Riset pasar perlu dilakukan untuk mengetahui apakah ada peluang untuk mengubah sebuah ide menjadi bisnis yang sukses. Ini adalah cara untuk mengumpulkan informasi tentang calon pelanggan dan bisnis yang sudah beroperasi di wilayah sekitar. Gunakan informasi tersebut untuk menemukan keunggulan kompetitif untuk bisnis yang akan dijalankan.

2. Tulis Rencana Bisnis

Rencana bisnis adalah fondasi bisnis yang akan dijalankan. Ini adalah peta jalan untuk menyusun, menjalankan, dan mengembangkan bisnis baru tersebut. Rencana bisnis akan digunakan untuk meyakinkan orang bahwa bekerja sama atau berinvestasi di perusahaan tersebut adalah pilihan yang cerdas.

Baca Juga: Perjalanan Bos Tesla Jadi Orang Terkaya Ketiga di Dunia

3. Danai Bisnis

Rencana bisnis akan membantu mengetahui berapa banyak uang yang diperlukan untuk memulai bisnis. Jika tidak memiliki jumlah tersebut, maka perlu meningkatkan atau meminjam modal. Untungnya, ada lebih banyak cara untuk mencari modal yang dibutuhkan. Mulai dari mendanai sendiri, hingga mencari investor.

4. Pilih Lokasi Bisnis

Lokasi bisnis merupakan salah satu keputusan terpenting yang harus dibuat. Baik saat sedang menyiapkan bisnis fisik atau meluncurkan toko online, pilihan lokasi yang dibuat dapat memengaruhi pajak, persyaratan hukum, dan pendapatan bisnis.

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
December 10, 2020 at 06:21AM
https://ift.tt/39Tm76Z

10 Langkah Memulai Bisnis dari Nol hingga Sukses - Okezone Economy
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "10 Langkah Memulai Bisnis dari Nol hingga Sukses - Okezone Economy"

Post a Comment

Powered by Blogger.