Search

Sandiaga: Nilai Ekonomi Bisnis E-Sport Menjanjikan - Medcom.Id

Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong bisnis e-Sport di Indonesia terus berkembang. Menurut dia, Indonesia telah menjadi salah satu pasar game terbesar di Asia Pasifik dengan angka mencapai Rp13 triliun, seta populasi online pengguna online 52,6 juta orang dan jumlah gamers mencapai 34 juta pemain.
 
"Bahkan untuk kategori penonton e-Sport sudah mengalahkan olahraga tradisional. Pada 2023 diperkirakan akan ada 646 juta pemirsa e-Sports di seluruh dunia," kata Sandiaga di Jakarta, Kamis, 31 Desember 2020.
 
Ia menambahkan, masa pandemi covid-19 membuat pola penyelenggaraan e-Sport berubah menjadi online. Hal inilah yang memunculkan tren baru di ranah e-Sport, sehingga memberikan peluang tersendiri bagi pengembangan industri ini di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Semua menjadi serba online tidak hanya kualifikasi, bahkan kini fase grup hingga main event telah banyak digelar demi menjaga ekosistem industri e-Sports,” katanya.
 
Sandi menjelaskan, tren ini terjadi sepanjang 2020 dan diperkirakan akan semakin membuat industri e-Sports lebih menguntungkan pada tahun depan. Karena dari segi sosial ini akan menjadi sebuah 'budaya' di ranah e-Sports.
 
“Orang-orang akan lebih nyaman menyaksikan pertandingan di rumah dan memanfaatkan gadget mereka untuk tetap mengikuti perkembangan e-Sports,” jelas Sandi.
 
Sandi memprediksi tren ekonomi digital Indonesia di bisnis e-Sport akan terus berkembang dalam beberapa tahun ke depan. Di 2025, ekonomi digital Indonesia disebut akan terus meroket hingga angka ratusan milliar dollar AS. Dan salah satu peluang besar ekonomi digital itu ada di industri e-Sports.
 
“Trend e-Sports merupakan peluang bisnis yang menarik karena banyak data yang menyebutkan bahwa pertumbuhan bisnis ini kedepannya sangat bagus. Baik pertumbuhan jumlah pemain dan penonton e-Sports, di tahun 2025 jumlahnya akan meningkat double daripada jumlah saat ini,” ujarnya.
 
Bisnis e-Sport pun juga bisa membuat lapangan pekerjaan baru yang berdampak baik untuk masyarkat. Untuk itu, ia menyebut bahwa kolaborasi UMKM dan e-Sports menarik untuk dikembangkan karena e-Sports adalah bisnis yang sedang meningkat di masa pandemi ini.
 
“Ini adalah peluang yang sangat baik untuk pemulihan ekonomi Indonesia karena UMKM adalah tulang punggung ekonomi kita," pungkas Sandi.
 
(DEV)

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
December 31, 2020 at 10:41AM
https://ift.tt/3pBkrU7

Sandiaga: Nilai Ekonomi Bisnis E-Sport Menjanjikan - Medcom.Id
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sandiaga: Nilai Ekonomi Bisnis E-Sport Menjanjikan - Medcom.Id"

Post a Comment

Powered by Blogger.