Search

Sedang Naik Daun, Simak Tips Jadikan Tanaman Hias Sebagai Peluang Bisnis - Okezone Economy

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak awal tahun 2020 kemarin, membuat orang terpaksa melakukan hampir seluruh kegiatan di dalam rumah demi menghambat laju penyebaran virus. Berbagai kegiatan atau hobi baru bermunculan setelahnya, seperti para musisi yang membuat konser secara online, bersepeda, memasak, berjualan secara online dan yang terakhir adalah bercocok tanaman hias.

Tidak bisa dipungkiri akhir-akhir ini tren tanaman hias memang tengah naik daun, mulai dari viralnya tanaman janda bolong hingga ada yang rela menukar mobil seharga ratusan juta demi mendapatkan empat pot tanaman hias.

Melihat segelintir berita itu saja, bisa dibilang tanaman hias sangat berpeluang untuk menjadi bisnis yang bisa Anda lakukan di tengah pandemi seperti sekarang. Ditambah lagi sekarang ada pinjaman online cepat cair bayar bulanan yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis tanaman ini.

Namun, sebelum Anda memulainya, lebih baik Anda simak terlebih dahulu tips berikut supaya bisnis berjalan lancar dan bisa mendapat cuan.

Perdalam Pengetahuan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memperdalam pengetahuan tentang bibit, cara merawat, harga pasaran, jenis tanaman, jenis pupuk dan pengetahuan tentang tanaman lainnya. Sebab, jika Anda memulai bisnis tanpa memperdalam pengetahuan tentang apa yang Anda akan jual, bisa-bisa bukan untung yang didapat, melainkan rugi saja.

Oleh karena itu, mulailah menanam tanaman hias sendiri, membaca buku tentang tanaman, hingga bertukar pikiran dengan para komunitas tanaman. Dengan cara ini, secara tidak langsung Anda sudah terjun ke dalam pasar dan penggiat tanaman, sehingga Anda bisa mendapat insight tentang dunia pertanaman.

Pilih Tanaman yang Tengah Naik Daun

Ketika Anda memulai bisnis dengan modal yang tidak terlalu banyak, lebih baik pilih tanaman yang sedang naik daun saat ini. Sebab, tanaman yang tengah naik daun sudah dipastikan banyak peminatnya, dan ini sangat baik untuk melancarkan cashflow bisnis Anda pada awal memulai bisnis.

Tanaman seperti janda bolong (monstera), philodendron, calathea dan janggut rusa cukup banyak dicari. Harganya juga lumayan tinggi, sehingga Anda bisa mengambil keuntungan yang lumayan. Tanaman lain yang cukup populer adalah lidah mertua, kaktus mini, sukulen, dan aglonema juga bisa menjadi pilihan yang cenderung mudah dijual.

Sediakan juga Tanaman dengan Harga Terjangkau

Selain menjual tanaman yang sedang naik daun, jangan melupakan menjual tanaman yang ramah di kantong, ya. Sebab, masih banyak pecinta tanaman yang mau mencari tanaman hias dengan harga yang terjangkau namun tetap punya tampilan yang cantik. Tanaman seperti lidah mertua dan kaktus hias yang harganya berkisar puluhan ribu menjadi contoh tanaman yang banyak dicari dan mudah dirawat.

Untuk jenis tanaman bunga, hydrangea dan bougenville bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda jual. Tanaman hias dengan harga terjangkau dan mudah dirawat menjadi incaran bagi mereka yang baru belajar memelihara tanaman hias.

Jual Secara Online

Di tengah pandemi seperti sekarang, menjual barang secara online memang menjadi jalan keluar semua pebisnis untuk meningkatkan penjualan bisnisnya. Sebab, masih banyak orang yang lebih memilih belanja secara online supaya tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain demi tidak terpapar oleh virus Covid-19 yang masih berkeliaran di luar rumah.

Ditambah lagi, jika Anda berjualan online dan memiliki toko sendiri di e-commerce, banyak sekali metode pembayaran yang bisa digunakan oleh para pembeli agar bisa berbelanja di toko Anda. Mulai dari debit, cash on delivery hingga kredit online dari Kredivo. Sebagai aplikasi pinjaman online cepat cair bayar bulanan, Kredivo sangat menguntungkan para penjual, karena pembeli bisa paylater bunga 0% dan kredit online 3/6/12 bunga 2,6% per bulan untuk mendapatkan barang idamannya di e-commerce.

Selain itu, Kredivo juga bisa Anda manfaatkan untuk bisnis berupa pinjaman online cepat cair bayar bulanan secara tunai, untuk memulai bisnis atau mengembangkan bisnis Anda. Dengan bunga ringan, hanya 2,6% per bulan dan tenor yang fleksibel, mulai dari 1/3/6 bulan, Anda bisa mendapatkan limit hingga Rp30 juta untuk pinjaman tunai bisnis Anda.

Siapkan Pengiriman yang Aman

Salah satu kekurangan berbelanja tanaman secara online yaitu, tanaman rentan rusak dan mati saat proses pengiriman. Jangan samakan dengan benda lain, tanaman hias adalah benda hidup, jadi Anda perlu memerhatikan cara pengiriman agar pelanggan tetap puas dengan apa yang Anda jual.

Oleh karena itu, perhatikan cara pengemasan tanaman agar tanaman dan pot tidak rusak. Mulai dari memakai bubble wrap, menggunakan packing kayu, memberikan zat adaptan pada tanaman hingga memilih jasa pengiriman yang sudah tepercaya.

CM

(yao)

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
December 28, 2020 at 10:11AM
https://ift.tt/34MOBff

Sedang Naik Daun, Simak Tips Jadikan Tanaman Hias Sebagai Peluang Bisnis - Okezone Economy
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sedang Naik Daun, Simak Tips Jadikan Tanaman Hias Sebagai Peluang Bisnis - Okezone Economy"

Post a Comment

Powered by Blogger.