Search

Kabar Baik! Buat yang Bisnis Wisata Bakal Ada Kredit Lunak - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun depan akan ada insentif untuk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Hal ini tertuang dalam dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) untuk memfasilitasi kredit murah bagi pelaku usaha UMKM yang bergerak di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Rosan Roeslani mengatakan usulan ini sedang difinalisasi pemerintah. Untuk UMKM sampai pengusaha menengah itu akan diberikan keringanan suku bunga sampai minus 6%.

"Sebenarnya ini sudah ada di program Percepatan Ekonomi Nasional (PEN) 2021, untuk UMKM sampai pengusaha menengah itu akan diberikan suku bunga sampai -6%, dan akan launching tahun depan," katanya di Jakarta, Selasa (29/12/2020).


Nantinya kredit ini juga bisa dinikmati oleh pengusaha kelas menengah. Rencananya akan memberikan modal kerja antara Rp 10 - 75 miliar dengan jangka waktu 3-5 tahun dengan sistem pengurangan bunga sebesar 6%.

"Jadi misalnya, bunga bank itu 10%, dengan keringanan 6% jadi bunganya 4%, Jangka waktu nya sedang kita lihat apakah 3-5 tahun," jelasnya.

Dia menjelaskan usulan ini sudah masuk dalam program PEN 2021, mendapat alokasi anggaran mencapai Rp 14 triliun.

Rosan menambahkan nantinya bantuan finansial ini tidak hanya untuk pelaku usaha di bidang pariwisata. Tapi secara keseluruhan di daerah, tergantung dari kontribusi pajak yang sudah diberikan. Salah satunya yang sudah memberikan usulan seperti pemerintah Provinsi Bali yang meminta jangka waktu pengembalian hingga 10 tahun.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno setuju dengan usulan tersebut. Jajaranya akan mengupayakan adanya penambahan anggaran dana hibah pariwisata untuk tahun depan.

"Dana hibah ini sangat membantu walaupun yang tahun ini hanya untuk pelaku usaha hotel dan restoran," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
December 29, 2020 at 07:10PM
https://ift.tt/2L7zhCL

Kabar Baik! Buat yang Bisnis Wisata Bakal Ada Kredit Lunak - CNBC Indonesia
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kabar Baik! Buat yang Bisnis Wisata Bakal Ada Kredit Lunak - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.