Search

Pentingnya Menulis Blog untuk Website Bisnis Anda - Suara.com

Suara.com - Geliat perkembangan bisnis saat ini telah bergeser ke dunia internet atau online. Segala kemudahan yang diberikan dan potensi besar yang dikandung oleh dunia internet inilah yang menjadi faktor utama mengapa perubahan tersebut terjadi.

Di tengah semakin tingginya kompetisi dalam dunia bisnis online ini mendorong kita harus cekatan dalam mengelola strategi yang inovatif. Salah satunya dengan membangun blog untuk menopang bisnis online yang kita kelola dapat berjalan secara optimal.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai apa itu blog dan manfaat yang dimiliki oleh blog bagi optimalisasi bisnis yang kita kelola.

Apa itu blog?
Blog atau weblog merupakan sebuah website online yang berisi berbagai informasi yang mengalami pembaharuan secara berkala dan dikelola baik oleh individu maupun kelompok. Informasi yang terkandung dalam sebuah blog dapat berwujud tulisan, gambar, memberikan suatu tips, maupun video. Semua itu jamak disebut sebagai konten. Tidak jarang, dalam satu blog berisi ketiga jenis konten itu sekaligus.

Baca Juga: 4 Tips Meningkatkan Omset Bisnis Online di Masa Pandemi

Konten-konten yang ditampilkan dalam sebuah blog menampilkan tentang pengalaman wisata, rekomendasi buku berkualitas, karya-karya ilmiah, berbagi pengetahuan tetang hal tertentu (misalnya, resep memasak), dan sebagai marketplace bagi bisnis Anda. Di samping itu, di dalam sebuah blog juga tersedia berbagai tools yang dapat Anda gunakan untuk dapat memikat orang untuk berkunjung ke blog yang anda miliki.

Pada intinya, blog merupakan sebuah ruang untuk berbagi berbagai macam informasi dan aktivitas bisnis yang bisa diakses melalui jaringan internet atau secara online.

Manfaat memiliki blog untuk bisnis online
Bagi aktivitas bisnis, blog dapat menjadi kanal informasi mengenai profil perusahaan, produk yang dijual, tawaran-tawaran bagi konsumen, informasi mengenai produk, maupun mekanisme pemesanan produk tersebut.

Berangkat dari hal tersebut, kita akan uraikan keuntungan-keuntungan dari blog yang dapat anda peroleh bagi bisnis online:
1. Memperluas jangkauan bisnis
Keuntungan utama yang dihadirkan oleh dunia internet ialah dapat menghubungkan orang dari berbagi tempat. Hal itu tentu saja memiliki dampak positif bagi blog yang diperuntukkan sebagai medium bisnis. Anda dapat menawarkan produk dan melakukan transaksi dengan sejumlah konsumen yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia tanpa harus mendatanginya secara langsung. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa anda dapat menjangkau pasar internasional.

2. Menghemat pengeluaran
Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, blog dapat menjadi marketplace virtual utnuk menjalankan aktivitas penjualan dan pembelian. Dengan memiliki blog, anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mebangun sebuah ruko atau tempat bisnis anda. Anda dapat menjalankan sebuah aktivitas bisnis hanya dari tempat tinggal dan melalui perangkat teknologi yang anda miliki.

Baca Juga: Pakar Digital Marketing Ungkap Rahasia Sukses Bisnis Online di Masa Pandemi

3. Membangun kepercayaan konsumen
Melalui blog, anda dapat menampilkan informasi seputar profil perusahaan dan produk yang anda miliki. Kedua informasi tersebut sangatlah penting dalam membangun kepercayaan para calon konsumen. Misalnya, kecenderungan konsumen dalam memutuskan untuk melakukan pembelian itu didasarkan pada munculnya ketertarikan maupun kepercayaan terhadap sebuah produk atau perusahaan yang menawarkan barang yang hendak dia miliki.

4. Menguatkan branding
Blog juga dapat dijadikan sebagai medium untuk memberikan informasi yang lengkap seputar produk yang dijual, tawaran-tawaran menarik bagi para konsumen, maupun testimoni dari para konsemen sebelumnya. Kesemuanya itu dapat menjadi cara untuk memperkuat brand dari produk yang anda jual. Jika sudah populer di masyarakat, maka produk Anda akan dicari banyak orang.

5. Menaikkan traffic blog
Sebuah blog yang dikelola untuk keperluan bisnis pasti menginginkan presentase traffic pengunjungnya tinggi. Semakin banyaknya pengunjung bagi sebuah blog online dapat berpengaruh besar bagi proses transaksi produknya. Untuk meningkatkan traffic pengunjung ini, Anda dapat mendekorasi sedemikian rupa blog yang anda miliki melalui berbagai tools yang disediakan dalam sebuah blog. Di samping itu, konsistensi untuk menampilkan informasi terbaru dan mendalam dalam blog tersebut juga dapat menjadi faktor lain yang dapat meningkatkan traffic pengunjung. Pada intinya, melalui blog Anda dapat dimanjakan dengan berbagai macam sarana dalam meningkatkan kualitas dari bisnis yang Anda kelola.

Penutup
Mungkin banyak dari Anda mengira bahwa membangun sebuah blog itu sulit untuk dilakukan. Sebetulnya, anggapan itu keliru. Untuk membuat sebuah blog, langkah yang Anda lakukan, pertama, ialah memilih domain sebagai alamat blog Anda untuk dapat diakses oleh pengunjung.

Kedua, pilih platform blog yang hendak anda gunakan. Platform tersebut di antaranya ialah Blogspot atau WordPress. Ketiga, memilih hosting untuk menyimpan data, dokumen, gambar, atau file pengaturan bagi website Anda. Pastikan Anda memilih layanan hosting terbaik.

Anda dapat menggunakan layanan unlimited hosting yang ditawarkan oleh perusahaan Niagahoster. Terakhir, ialah lakukan konfigurasi sistem sesuai kebutuhan Anda. Bagaimana? Membuat sebuah blog itu cukup mudah, kan?

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
December 18, 2020 at 05:39PM
https://ift.tt/37vN5zL

Pentingnya Menulis Blog untuk Website Bisnis Anda - Suara.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pentingnya Menulis Blog untuk Website Bisnis Anda - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.