Search

Wajib Tahu, Tantangan dan Solusi Pengusaha Perempuan dalam Mengembangkan Bisnis - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com – Perjalanan menjadi pengusaha tak sepenuhnya mulus. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi untuk terus melaju mencapai target bisnis. Terlebih, bagi pengusaha perempuan yang memiliki tanggung jawab ganda dan harus berjuang melawan stereotype bahwa perempuan harus menjadi ibu rumah tangga.

Nonita Respati, salah satu pengusaha perempuan Indonesia, mengamini hal tersebut. Sebagai pengusaha perempuan, ada beberapa tantangan yang kerap dihadapi di perjalanan. Bahkan, tak jarang tantangan itu datang kala mereka baru memulai bisnis.

“Tantangan pengusaha perempuan secara umum adalah membentuk komunitas atau market untuk bisnis yang hendak ditawarkan, baik itu barang atau jasa,” ujar Nonita pada acara #ONCoffeeMorning #TAYTB Women Warriors yang diinisiasi Bank OCBC NISP, Rabu (25/11/2020).

Dalam acara tersebut, Nonita berkesempatan berbagi kisah bisnis. Perempuan yang memiliki empat lini bisnis mulai dari label fashion Purana, Yats Colony Hotel, Kaloka Pottery, hingga Restoran Mbok Ndoro ini juga menceritakan cara ia bisa bertahan dan memajukan bisnisnya meskipun beragam tantangan harus dihadapi.

“Dulu, saat (membangun) Purana saya memulainya sendiri. Terus, seiring waktu saya menemukan rekan bisnis yang dapat membantu saya untuk merencanakan masa depan bisnis lebih baik,” ujar Nonita.

Nonita mengatakan, memilih rekan bisnis yang tepat merupakan salah satu kunci penting dalam menyelami dunia usaha, terlebih bagi perempuan.

“Menurut pengalaman saya, perempuan kalau sudah passionate dengan satu hal, biasanya akan dikulik sampai tuntas. Namun, untuk hal-hal yang kurang expert, perempuan (cenderung) lupa untuk belajar lebih dalam,” jelasnya.

Nonita pun mencontohkan dirinya. Ia begitu tertarik saat berbicara tentang bidang research and development, marketing, pengembangan produk, dan promosi. Akan tetapi, jika sudah berbicara tentang analisis dan proyeksi keuangan, dirinya mengaku agak tertatih-tatih.

“Sekarang, setelah semakin matang menjadi pengusaha, seharusnya di bisnis pertama saya dulu bisa lebih cepat (maju) kalau ada teman berpikir atau support system yang bisa membantu bisnis secara menyeluruh,” terang Nonita.

Ilustrasi pengusaha perempuan IndonesiaDOK. SHUTTERSTOCK Ilustrasi pengusaha perempuan Indonesia

Karakter pengusaha perempuan

Kemudian, Nonita juga sempat menyinggung tentang karakter pengusaha perempuan yang biasanya dipengaruhi oleh kesehariannya.

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
December 16, 2020 at 04:43PM
https://ift.tt/3oXjkxP

Wajib Tahu, Tantangan dan Solusi Pengusaha Perempuan dalam Mengembangkan Bisnis - Kompas.com - KOMPAS.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wajib Tahu, Tantangan dan Solusi Pengusaha Perempuan dalam Mengembangkan Bisnis - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.