Search

Pelaku UMKM Wajib Tahu! Ini 5 Tips Biar Bisnis Makin Moncer - detikFinance

Jakarta -

Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) perlu meniti beberapa anak tangga untuk bisa menjadi besar. Ada berbagai pengetahuan dan kemampuan yang harus dikuasai pelaku UMKM untuk bisa bertahan di sektor tersebut. Apa saja?

Dalam agenda Talkshow Inspiratif Pengusaha Sukses #UntungAdaFintechP2P di Rumi & Co, Jakarta Selatan, perencana keuangan bersertifikat dan Founder Daya Uang, Lolita Setyawati mengatakan pelaku UMKM harus menguasai banyak hal untuk bisa bertahan di industri tersebut.

"Mulai dari perencanaan keuangan yang baik, rencana bisnis, serta mencari permodalan. Berbagai hal ini harus dipahami agar bisa bertumbuh berkembang," ucap Lolita, Kamis (23/11/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tips pertama, pelaku UMKM harus memisahkan rekening pribadi dan rekening usaha untuk mengatur arus kas atau cash flow. Jika salah satu 'kantong' tidak sehat, kantong yang lain tentu akan terpengaruh.

Oleh sebab itu, dalam tahap ini, ia menyarankan agar pelaku UMKM menggunakan sistem penggajian untuk diri sendiri. Hitungan gaji bisa dilakukan dengan persentase profit usaha atau kebutuhan bulanan pelaku usaha.

"Sebagai owner kita menggaji diri kita sendiri buat mengatur cash flow-nya," sambungnya.

Tips kedua, punya dana darurat. Lolita mengatakan pandemi COVID-19 menjadi pil pahit bagi pelaku UMKM. Mereka yang punya dana darurat bisa bertahan, namun mereka yang tidak mempunyai dana darurat sangat terdampak kelesuan ekonomi.

Lolita menjelaskan, jumlah dana darurat bisa 6-12 kali pengeluaran per bulan. Contohnya, jika kebutuhan per bulan Rp 7 juta, maka pelaku UMKM seminimalnya mempunyai dana darurat Rp 42 juta. Selain itu, ia mengatakan pelaku UMKM diharapkan memiliki dana cadangan setidaknya tiga kali biaya operasional per bulan untuk menunjang usaha.

"Kalau dana darurat bisa lebih maka lebih baik. Tapi kalau kebanyakan juga nggak baik karena ada dana idle (menganggur) di rekening. Buat pelaku usaha juga dana cadangan juga diperlukan untuk menjaga berbagai hal yang bisa ber-impact terhadap usaha kita. Jangan sampai omzetnya tidak cukup untuk menggaji karyawan," bebernya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
November 23, 2023 at 01:42PM
https://ift.tt/L6ijqEf

Pelaku UMKM Wajib Tahu! Ini 5 Tips Biar Bisnis Makin Moncer - detikFinance
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/XGdcvbr
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pelaku UMKM Wajib Tahu! Ini 5 Tips Biar Bisnis Makin Moncer - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.