Search

Tumbuh Double Digit, Bos PLN ICON Plus Ungkap Potensi Bisnis - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama PLN ICON Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi mengungkapkan sinergi bisnis digital dan energi hijau membawa peluang baru bagi perusahaan. Hal ini tercermin dari pertumbuhan pendapatan ICON PLUS hingga double digit pada beberapa tahun terakhir.

"Di akhir 2023 pendapatan diperkirakan tumbuh 29% secara year on year (yoy). Di akhir 2022 sendiri sekitar 15%. Artinya setiap tahun almost double, pertumbuhan tinggi ini didukung ekspansi kami agar beyond kwh atau kelistrikan," kata Ari dalam Road to CNBC Indonesia Awards 'Best Tech and Telco Companies', Kamis (23/11/2023).

Diferensiasi dalam sinergi bisnis digital dan solusi hijau juga menjadi salah satu pendorong pendapatan, seperti internet, smart home, kendaraan listrik, hingga PLST atap. Untuk bisnis internet Iconnect tercatat telah mencapai 1 juta pelanggan di di tanah air.

"Tentu positioning PLN ICON Plus terbantu dengan kami sebagai subholding PLN, sehingga kami bisa melakukan utilisasi aset. Ini membuat kami lebih mudha mengakses daerah remote yang sulit dijangkau," ujarnya.

Ari mengatakan ICON Plus mampu mencapai daerah pelosok dan telah digunakan pemerintah kota dan desa. Perusahaan juga akan melakukan pengembangan internet broadband, termasuk fiber optic, sehingga bisa membangun sebuah kluster internet.

"Penetrasi (internet PLN ICON Plus) sudah mencapai level dusun, karena kami juga didukung oleh seluruh tim dan kantor PLN. Ini salah satu kekuatan kami,"kata Ari.

Untuk daerah 3T (Tertinggal, terdepan, terluar), menurutnya dibutuhkan kolaborasi terutama untuk menghadirkan internet melalui fiber optic dan bisa menciptakan pasar. Menurutnya infrastruktur hingga pelosok bukan menjadi kendala utama, melainkan penciptaan pasar seiring ketatnya persaingan di sektor ini.

"Tantangannya untuk pengembangan fiber optic tentu adalah demand yang harus kita buat, karena bisnis ini kompetitif karena banyak provider yang berkembang," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Solusi Data Seluler HP Aktif Tapi Tak Bisa Internetan


(rah/rah)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
November 23, 2023 at 11:36AM
https://ift.tt/DzqEa7Y

Tumbuh Double Digit, Bos PLN ICON Plus Ungkap Potensi Bisnis - CNBC Indonesia
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/sgCDzyZ
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tumbuh Double Digit, Bos PLN ICON Plus Ungkap Potensi Bisnis - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.