Search

Kisah Pengusaha yang Berhasil Bangun Bisnis, Coba Tips Suksesnya di Sini! - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang dalam hidup ini pasti ingin meraih kesuksesan. Namun untuk mencapainya tentu butuh perjuangan. Jatuh bangun membuat usaha tentu dirasakan mereka yang lebih dulu sukses membangun bisnisnya.

Banyak contoh di dunia bahkan di Indonesia yang sukses menjalankan usahanya. Tokoh dunia seperti Steve Jobs misalnya yang mulai membangun produk teknologinya di garasi rumah.

Lalu ada nama Bob Sadino yang sempat melakoni pekerjaan sebagai supir, buruh bangunan dengan upah harian, sebelum akhirnya meraih kesuksesan besar. Masih banyak nama-nama pengusaha sukses yang memulai bisnisnya dari nol.

Mereka berhasil karena punya motivasi sukses. Motivasi ini tentu bukan sekadar didapat dari buku-buku saja, tapi juga kemauan dan keberanian untuk menghadapi tantangan di setiap peluang yang ada.

Founder kulina.id, Andy Fajar Handika misalnya yang mencoba peruntungannya lewat skill teknologi informasinya. Usaha pertamanya, Andi sempat membuat website perusahaan, kemudian membuat online store.

"Saya ambil kerajinan di Bantul, kemudian di fotoin satu-satu lalu ditaro di e-commerce. Uangnya saya terima dulu, lalu saya ambil barang dan dikirim. Saya sempat punya restoran dan sekarang arahnya ke online, jadi bertransformasi menjadi Kulina.id," kata Andi yang punya passion di bidang masak-memasak, dalam acara HarMoney Life BSI bertajuk Talenta Wirausaha BSI yang tayang di Vidio.

Lain cerita dengan Gufron Syarif. Sebelum mengguritakan Haus! Indonesia, Gufron punya motivasi untuk membuat brand lokal yang terkenal di seluruh Indonesia. Gufron pun sempat menjual ayam goreng di depan sebuah perguruan tinggi, membuat rendang kemasan, dan donat.

"Semua berjalan tapi saya masih punya ambisi. Saya research yang lebih dalam lagi untuk punya produk dan brand yang market size-nya besar. Saya lihat di Indonesia ada peluangnya, tapi belum ada market leader-nya dan saya pilih market-nya yang middle-low. Jadi lahirlah Haus!," kata Co Founder & CEO Haus! Indonesia, Gufron Syarif.

2 dari 2 halaman

Cara Sukses Bangun Bisnis Biar Dikenal Luas

Baik Andi atau Gufron, mereka menjalani bisnis F&B di era yang berbeda seperti saat ini. Menurut mereka, ketika membangun usaha, nggak ada pendamping atau mentor yang menjadi penuntun.

Bahkan untuk mendapatkan informasi yang dapat meningkatkan 'skill' usaha mereka pun masih belum seefisien seperti sekarang ini. Namun mau nggak mau, mereka harus beradaptasi dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi.

Di sisi lain, Ahmad Reza, salah satu jawara Talenta Wirausaha BSI tahun 2022 mengakui bahwa di zaman serba digital saat ini ada banyak sekali kemudahan dan keuntungan dalam membangun usaha. Salah satunya adalah ia dapat mengikuti program Talenta Wirausaha BSI yang digelar pada 2022 dan akhirnya lolos menjadi pemenang.

Berkat program Talenta Wirausaha BSI tahun 2022, Reza yang awalnya melakoni pekerjaan sebagai sales keliling itu kini makin memahami seluk beluk industri F&B.

"Saya mengikuti Program TWB (Talenta Wirausaha BSI) sangat luar biasa karena banyak mentoring. Selain itu, lewat program TWB ini semakin banyak yang mengenal Roti Ropi karena sarana promosi yang disediakan dari BSI," kata Reza.

Reza juga mengatakan, mengikuti Program TWB juga membuatnya berhasil dalam men-scale up usaha Roti Ropi. Buktinya saat ini dia memiliki 80 outlet yang tersebar di Sumatera, Kalimantan, Jawa, hingga Papua. Nah, buat kamu yang juga ingin menjadi pengusaha sukses seperti Reza, bisa segera mengikuti Program Talenta Wirausaha BSI 2023.

Pendaftaran program mudah sekali karena dapat dilakukan secara online. Kamu hanya perlu mengisi data diri lengkap dan pilih kategori usaha yang sesuai. Ayo mulai perjalanan wirausahamu sekarang di Talenta Wirausaha BSI 2023, daftar di sini.

Untuk informasi detail mengenai Program Talenta Wirausaha BSI, jangan lupa follow akun Instagram @lifewithbsi.

(*)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
February 22, 2023 at 09:33AM
https://ift.tt/UEYGhC3

Kisah Pengusaha yang Berhasil Bangun Bisnis, Coba Tips Suksesnya di Sini! - Liputan6.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/8WHui2N
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kisah Pengusaha yang Berhasil Bangun Bisnis, Coba Tips Suksesnya di Sini! - Liputan6.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.