Search

Mitra Sisuka Buat Bisnis Online Jadi Mudah dengan Sistem SCM - detikFinance

Jakarta -

Mitra Sisuka dan Sisuka adalah perusahaan group Sisuka yang merupakan bagian dari PT Ekspektasi Sukses Bersama. Sisuka menghadirkan peluang usaha untuk bermitra bersama dengan menggunakan sistem 'Supply Chain Management' (SCM)

Sisuka Group memiliki visi untuk membantu memperbaiki sistem perekonomian masyarakat di Indonesia setelah dilanda COVID-19. Selain itu, turut memberikan edukasi bagi masyarakat dalam bisnis penjualan online dengan SCM untuk menyejahterakan kehidupan di Indonesia ke depannya

Selain memiliki visi yang jelas, Sisuka Group juga memiliki misi yang menantang dan juga mulia. Antara lain bertujuan menjadikan PT Ekspektasi Sukses Bersama 'Sisuka Group' sebagai Jasa E-commerce terdepan dalam melayani kebutuhan masyarakat di Indonesia.

Selanjutnya, menjadikan Sisuka Group sebagai acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola struktur penjualan online yang baik dengan menggunakan kemajuan teknologi dan serta meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap perekonomian dan sosial.

Tak hanya itu, misi lain dari Sisuka Group juga memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada pelanggan dengan keuntungan bagi hasil.

Ilustrasi Suplai Chain Management Foto: Istimewa

Pengertian Supply Chain Management

Secara sederhana, konsep supply chain management adalah strategi yang berhubungan dengan kegiatan produksi, pengiriman dan distribusi produk dari perusahaan kepada pelanggannya. Konsep ini berhubungan dengan bagaimana cara yang diterapkan seorang manajer rantai pasok dalam meningkatkan skala produktivitas, kualitas dan efisiensi operasional perusahaan tersebut.

Supply chain dan supply chain management merupakan dua hal berbeda. Supply chain adalah jaringan antara perusahaan dan pemasok saja. Sementara supply chain management adalah rangkaian dari proses pengelolaan, pemasok dan pelanggan. Sistem ini muncul sebagai fondasi yang mendukung pemenuhan kebutuhan konsumen sesuai bisnis.

Rantai pasokan dalam bisnis bisa berbeda. Versi paling dasarnya yakni mencakup perusahaan, pemasoknya dan pelanggan dari perusahaan ini. Namun untuk perusahaan yang lebih besar maka cakupannya juga semakin luas. Supply chain management juga merupakan pengembangan lebih lanjut dari manajemen distribusi produk untuk memenuhi permintaan konsumen.

Manajemen rantai pemasok ini merupakan pendekatan terintegrasi antar fungsi maupun lintas organisasi dalam produksi dan mengantar produk ke pelanggan. Menekankan pada proses aliran barang atau jasa dari supplier, manufaktur, retailer hingga konsumen. Aktivitas ini masuk ke dalam satu kesatuan tanpa sekat pembatas yang besar hingga mekanisme informasi transparan.

Merupakan konsep menyangkut pola pendistribusian produk yang mampu menggantikan pola-pola dalam distribusi produk secara optimal. Pola ini berkaitan dengan aktivitas distribusi, jadwal produksi dan logistik. Tak hanya melibatkan manufaktur dan supplier, namun melibatkan banyak pihak termasuk konsumen, retailer, wholesaler, produsen sampai transporter duduk.

Komponen Dasar Supply Chain Management

Kesuksesan manajemen rantai pasokan terletak pada proses penentuan strategi. Tujuan dari proses perumusan yakni agar tercapai efisiensi dan efektivitas pada biaya dan kualitas produk yang sudah sampai ke tangan konsumen terjamin.

Perusahaan wajib memilih supplier bahan baku terbaik dan mendukung bagian proses produksi yang dilakukan. Karena itu, manajer supply chain management harus bisa menetapkan harga, mengelola pengiriman, pembayaran bahan hingga menjaga hubungan baik dengan supplier.

Ini merupakan tahap manufacturing. Manajemen rantai pasokan akan melakukan penyusunan jadwal aktivitas yang dibutuhkan dalam proses produksi, uji coba, pengemasan hingga persiapan pengiriman produk yang bisa berupa barang dan jasa.

Perusahaan harus memenuhi pesanan dari permintaan konsumen, mengelola jaringan gudang penyimpanan, memilih distributor ketika akan menyerahkan produk ke konsumen hingga mengatur sistem pembayaran yang akan digunakan.

Harus mampu membuat jaringan yang fleksibel serta responsif untuk suatu produk, bisa itu barang atau jasa. Yang cacat dari konsumen dalam membentuk layanan aduan konsumen, dengan masalah produk demikian.

Perusahaan memerlukan laporan informasi bisnis secara rutin sehingga membuat pimpinan perusahaan bisa mengetahui perubahan performa bisnis yang sudah dilakukan apakah sesuai dengan tujuan awal supply chain management yang sudah ditetapkan.

Tujuan Supply Chain Management

Berada pada biaya minimum dan tingkat pelayanan yang maksimum, manajemen ini mempertimbangkan segala fasilitas yang berpengaruh terhadap barang atau jasa yang dihasilkan dan biaya yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Secara umum tujuan dari manajemen rantai pasokan adalah memenuhi kebutuhan konsumen dan menghasilkan keuntungan. Dalam prosesnya, untuk memenuhi target tujuan ini biaya yang harus dikeluarkan harus sangat diperhatikan.

Memenangi persaingan pasar, dalam memenangi persaingan pasar dibutuhkan rantai pasokan yang mampu menyediakan kebutuhan barang atau jasa yang murah, selain itu juga berkualitas, tepat waktu dan variatif.

Rencana dan koordinasi semua kegiatan yang terdapat dalam supply chain sehingga nantinya akan tercapai pelayanan terhadap pelanggan secara maksimal, namun biaya yang dikeluarkan relatif rendah untuk ukuran perusahaan tersebut.

Memaksimalkan nilai keseluruhan, yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan pelanggan serta meminimalkan biaya secara keseluruhan. Biaya yang dimaksud dalam hal ini termasuk pemesanan, penyimpanan dan transportasi.

Manfaat Supply Chain Management

  • Kepuasan Konsumen

Adalah target dari kegiatan produksi setiap barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan, konsumen yang dimaksud adalah pelanggan setiap dalam jangka panjang. Membuat konsumen tetap setia dengan kepuasan pelayanan yang diberikan perusahaan.

  • Tingkatkan Pendapatan

Artinya semakin banyak pelanggan setia yang didapat dan menjadi mitra bisnis perusahaan maka dampaknya akan meningkatkan pendapatan perusahaan tersebut. Sehingga produk yang dihasilkan perusahaan tidak akan percuma karena diminati konsumen.

  • Menurunkan Biaya

Mengurangi biaya-biaya pada jalur distribusi, penekanan pada penurunan biaya termasuk dalam manfaat dari perencanaan manajemen rantai pasokan. Artinya mulai dari proses pengiriman hingga barang sampai ke tangan konsumen biaya harus diperhatikan dengan baik.

  • Pemanfaatan Aset Tinggi

Sumber daya manusia akan semakin terlatih dan terampil, mulai dari pengetahuan hingga keterampilan dalam bekerja. Tenaga manusia memang diberdayakan dalam penggunaan teknologi, hal ini sudah menjadi tuntutan dalam penerapan supply chain management.

  • Peningkatan Laba

Keuntungan perusahaan akan semakin naik apabila yang terjadi adalah semakin meningkatkan jumlah konsumen, kebutuhan konsumen akan dipenuhi lewat produksi barang atau jasa dari perusahaan. Jika laba meningkat, maka kesejahteraan karyawan juga bakal terdampak.

  • Perusahaan Semakin Besar

Dengan mendapatkan keuntungan dari proses distribusi, produknya semakin lama akan semakin besar. Sehingga perusahaan tumbuh lebih kuat dan berdampak pada perusahaan yang akan semakin maju dan berkembang dengan keuntungan tersebut.

Proses Bisnis SCM

Manajemen rantai pasok akan melibatkan perusahaan-perusahaan lain, baik itu dari bahan baku hingga distributor produk. Apabila dua perusahaan membina hubungan baik, aktivitas kedua perusahaan itu juga akan terhubung dan menjadi sebuah kesatuan. Keberhasilan supply chain management memerlukan fungsi individual untuk menyatukan kegiatan pada proses bisnis.

Keberhasilan manajemen rantai pasok juga memerlukan dukungan, baik itu dari sumber daya manusia, kepemimpinan, komitmen dalam merubah, memahami sejauh mana perubahan yang perlu dilakukan. Selain itu menyetujui visi dan proses inti manajemen rantai pasokan, komitmen pada perlunya sumber daya dan kekuasaan atau wewenang dalam mencapai tujuan.

Supply chain management melibatkan begitu banyak proses, mulai dari persiapan produksi hingga pemenuhan kebutuhan konsumen. Berikut ini beberapa proses yang ada dalam manajemen rantai pasok suatu perusahaan.

  1. Customer relationship management (CRM)
  2. Customer service management (CSM)
  3. Demand Management
  4. Customer Demand Fulfillment
  5. Manufacturing Flow Management
  6. Procurement
  7. Pengembangan Produk dan Komersialisasi
  8. Retur

Demikian penjelasan mengenai supply chain management, mulai dari pengertian, manfaat, tujuan hingga proses yang ada di dalamnya. Semoga PT Ekspektasi Sukses Bersama memberi ilmu pengetahuan dan edukasi kepada masyarakat umum seluruhnya agar dapat menguasai dunia bisnis yang real dan terpercaya.

Untuk info lebih lanjut tentang layanan dari Sisuka Group, bisa kunjungi website https://sisuka.co.id dan layanan customer service bisa dikunjungi di https://go.sisuka.co.id/mitrasisuka

Jadi Mitra Sisuka dengan sistem bagi hasil yang menarikJadi Mitra Sisuka dengan sistem bagi hasil yang menarik (Foto: Mitra Sisuka)

Dengan mengunduh, memasang, dan/atau menggunakan Aplikasi Mitra Sisuka, Anda setuju bahwa telah membaca, memahami dan menerima dan menyetujui Ketentuan Penggunaan ini. Ketentuan Layanan ini merupakan suatu perjanjian sah antara Anda dan PT Ekspektasi Sukses Bersama.

Layanan dan aplikasi berlaku pada kunjungan dan penggunaan Anda pada situs web kami di situs web. Silakan membatalkan akun Anda (jika Anda telah mendaftar untuk Aplikasi) secara permanen dan menghapus aplikasi dari perangkat jika Anda tidak setuju atau tidak ingin masuk ke dalam Ketentuan Penggunaan.

Mohon Anda memeriksa ketentuan layanan dan kebijakan privasi kami dengan seksama sebelum mengunduh aplikasi atau menggunakan layanan kami untuk pertama kali.

(Content Promotion/Sisuka)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
February 17, 2023 at 08:00AM
https://ift.tt/bsCnBdS

Mitra Sisuka Buat Bisnis Online Jadi Mudah dengan Sistem SCM - detikFinance
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/Ko35yPk
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mitra Sisuka Buat Bisnis Online Jadi Mudah dengan Sistem SCM - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.