Search

Tesla Bakal PHK 4 Persen Karyawan, Apa Sebabnya? - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, JakartaTesla, perusahaan kendaraan listrik milik Elon Musk, dikabarkan bakal melakukan pemutuan hubungan kerja (PHK) terhadap 4 persen karyawannya. Perusahaan menyebut keputusan itu sebagai bagian dari siklus tinjauan kinerja yang dilakukan saban enam bulan. Namun kabarnya, PHK juga tidak terlepas dari aksi pembentukan serikat pekerja oleh karyawan.

Perusahaan mengatakan karyawan yang terkena dampak diidentifikasi pada 3 Februari, sebelum kampanye serikat pekerja diumumkan. “Kami menyadari kegiatan pengorganisasian kira-kira 10 hari kemudian,” kata perusahaan tersebut, dikutip Tempo dari Reuters, Sabtu. 18 Februari 2023.

Awal pekan ini, para pekerja Tesla di New York memang dikabarkan akan berserikat dengan Workers United Upstate New York—yang akan membantu memberi mereka suara di tempat kerja mereka.

Serikat Pekerja Serikat Buruh Bagian Utara New York dalam pengajuan ke Badan Hubungan Perburuhan Nasional Amerika Serikat sebelumnya pada hari Rabu menuduh pembuat mobil paling berharga di dunia membalas dengan memberhentikan beberapa karyawan. Langkah itu disebut sebagai pembalasan atas aktivitas serikat pekerja.

Dalam pernyataannya, serikat pekerja menyampaikan bahwa perusahaan tersebut memecat lebih dari 30 karyawan. Sementara para pekerja juga menerima email dengan kebijakan terbaru, yaitu melarang mereka merekam rapat di tempat kerja tanpa izin semua peserta. “Kebijakan ini melanggar undang-undang perburuhan federal dan juga melanggar undang-undang persetujuan satu pihak New York untuk merekam percakapan.”

Chief Executive Officer Tesla, Elon Musk, memang terkenal vokal menentang serikat pekerja. Dia pernah mengatakan dalam Twitter pada tahun 2018, bahwa karyawan akan kehilangan opsi saham mereka jika mereka membentuk serikat pekerja.

REUTERS

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
February 18, 2023 at 01:07PM
https://ift.tt/6Wavm0f

Tesla Bakal PHK 4 Persen Karyawan, Apa Sebabnya? - Bisnis Tempo.co
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/Ko35yPk
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tesla Bakal PHK 4 Persen Karyawan, Apa Sebabnya? - Bisnis Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.