Search

Bahlil Tegaskan Pelarangan Ekspor Bauksit Berlaku Juni Mendatang: Enggak Ada Relaksasi - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia kembali menegaskan pelarangan ekspor bijih bauksit tak akan ditunda. Ia yakin larangan ekspor tersebut akan tetap berlaku sesuai rencana, yakni pada Juni 2023. 

Ia tak menampik bahwa jumlah smelter bauksit di Indonesia masih kurang, namun ia menekankan tak ada relaksasi bagi pengimpor bijih bauksit. "Enggak ada. Biar sumpah mau potong kucing, enggak ada (relaksasi) lagi," tuturnya saat ditemui di kantornya, Jakarta Selatan pada Kamis, 16 Februari 2023. 

Bahlil menjelaskan Indonesia memang kerap mencoba-coba suatu kebijakan. Namun sekarang, menurut dia, pemerintah Indonesia akan tetap konsisten dalam mengimplementasikan rencana hilirisasi industri ini.

Di sisi lain, Asosiasi Pengusaha Bauksit dan Bijih Besi Indonesia (APB3I) mengungkapkan mayoritas rencana kerja dan anggaran belanja (RKAB) perusahaan tambang bauksit masih belum disetujui oleh Kementerian ESDM seiring adanya kebijakan larangan ekspor yang dijadwalkan pada Juni 2023.

Meski begitu, Bahlil kukuh mengatakan hal itu bukan persoalan, sehingga pemerintah akan tetap menghentikan ekspor bijih bauksit pada pertengahan tahun ini. 

"Kami harus konsisten kalau enggak, kapan negara kami mau maju," ujar Bahlil. 

Selanjutnya: Untuk mendorong pembangunan smelter ...

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
February 17, 2023 at 10:05AM
https://ift.tt/QTuKwlO

Bahlil Tegaskan Pelarangan Ekspor Bauksit Berlaku Juni Mendatang: Enggak Ada Relaksasi - Bisnis Tempo.co
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/RHxJfEC
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bahlil Tegaskan Pelarangan Ekspor Bauksit Berlaku Juni Mendatang: Enggak Ada Relaksasi - Bisnis Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.