Search

Sempati Air Bisnis Maskapai Tommy Soeharto yang Bangkrut Tergerus Krismon 1998 | merdeka.com - Merdeka.com

Merdeka.com - Maskapai Indonsia tercatat banyak yang tumbang akibat masalah keuangan. Salah satunya dialami oleh Sempati Air. Maskapai ini didirikan pada tahun 1968 oleh PT Tri Utama Bhakti (Truba). Nama Sempati terinspirasi dari istilah Jawa yang artinya manusia elang raksasa.

Meski ada pula yang menganggap nama Sempati tidak lain akronim dari Sembilan Panglima Tinggi. Sebab saat itu maskapai ini memiliki kaitan dengan pucuk pimpinan TNI Angkatan Darat di bawah naungan Yayasan Kartika Eka Paksi.

taboola mid article

Orientasi awal Sempati Air yaitu untuk mengangkut pekerja migas, dan bukan penerbangan terjadwal. Namun arah bisnis perusahaan berubah seiring masuknya anak kedua dari Soeharto, Hutomo Mandala Putra atau dikenal dengan Tommy Soeharto, di akhir tahun 1980-an.

Operasional Sempati Air menjadi penerbangan berjadwal dengan pengalaman terbang seperti kelas satu. Sempati Air bahkan ingin menandingi Singapore Airlines, dan Garuda Indonesia yang saat itu maskapai pelat merah ini terbelit masalah keuangan.

Armada pertama yang dimiliki Sempati adalah satu jenis Douglas DC-3, kemudian menambah armada berupa pesawat baling-baling F-27. Satu tahun kemudian pemerintah memberikan izin Sempati menambah armada.

Rute internasional Sempati saat itu Malaysia, Singapura, dan Filipina. Eksistensi Sempati bahkan semakin luas saat mendapatkan pesanan charter di Vietnam dan Kamboja. Pesanan itu terjadi di tengah perang Vietnam tengah berkecamuk.

Permintaan charter juga datang dari Brasil. Di akhir 1989, Sempati kembali mendapatkan order charter untuk tujuan Pontianak, Bangka Belitung, Tanjung PInang, Pekanbaru, dan Malaysia.

2 dari 2 halaman

Pengaruh Keberadaan Tommy Soeharto

Keberadaan Tommy dalam struktural Sempati semakin mengokohkan finansial perusahaan. Tommy bersama mitranya Bob Hasan melalui Nusantara Ampera Bhakti (Nusamba) memiliki porsi saham Sempati sebesar 35 persen, Truba 40 persen, dan Humpuss 25 persen.

Di bawah kendali Humpuss Group, Sempati berevolusi menjadi maskapai besar. Sang CEO, Hasan Soedjoko menginginkan agar Sempati menjadi maskapai terbesar di Asia Tenggara. Perlahan, rute Sempati semakin bertambah seperti tujuan ke Taiwan, Yangon, Madras. Perth, Australia. Sempati bahkan membukukan laba sekitar Rp1,5 triliun

Sempati kemudian berencana melantai ke bursa saham. Langkah ini kemudian mengundang kembali datangnya investor. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) sepakat untuk menggandeng ASEAN Aviation Inc (AAI) menjadi pemegang saham Sempati.

Masuknya investor baru mengubah komposisi kepemilikan saham di Sempati. Sayangnya, rencana ini menjadi bumerang. Data-data keuangan yang harus terbuka setiap perusahaan yang melantai ke bursa efek Indonesia wajib terbuka. Di sana terlihat bahwa selama ini Sempati Air memiliki banyak utang. Sempati pun gagal melantai di bursa saham.

Krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998 semakin memperparah kondisi keuangan Sempati. Pada tanggal 5 Juni 1998, Sempati Air secara resmi tidak lagi beroperasi. Perusahaan kemudian mengajukan permohonan pailit karena tak sanggup lagi membayar utang kepada kreditur. Tercatat saat itu utang Sempati mencapai Rp1,1 triliun.

Baca juga:
Terungkap, Ini 7 Alasan Maskapai Lion Air Kerap Delay
Naik Pesawat Garuda Indonesia Masih Wajib Pakai Masker, Dirut: Tunggu Aturan Kemenhub
Gara-Gara Namanya, Pria Ini Dilarang Terbang dengan Maskapai easyJet Selama 10 Tahun
Kartika Airlines, Maskapai RI Berusia Tak Sampai 10 Tahun & Pernah Pesan 30 Sukhoi
Bouraq Airlines, Maskapai Paling On Time yang Ambruk Karena Tak Sanggup Bayar Utang

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
June 14, 2023 at 08:00AM
https://ift.tt/39zfcoI

Sempati Air, Bisnis Maskapai Tommy Soeharto yang Bangkrut Tergerus Krismon 1998 | merdeka.com - Merdeka.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/mqydlj4
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sempati Air Bisnis Maskapai Tommy Soeharto yang Bangkrut Tergerus Krismon 1998 | merdeka.com - Merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.