Search

Melihat Geliat Bisnis Ikan di Lampulo yang Dikirim ke Luar Aceh - detikSumut

Banda Aceh -

Ikan di Pelabuhan Lampulo, Banda Aceh, tidak hanya dijual untuk warga lokal saja. Ikan di sana bahkan dikirim ke seluruh Indonesia terutama ke Pulau Jawa.

Pantauan detikSumut di salah satu tempat pembekuan ikan di Lampulo, Rabu (21/6/2023), berbagai jenis ikan yang ditampung di sana disortir oleh pekerja. Ikan dipisah sesuai ukuran serta kualitas.

Ikan tersebut lalu dimasukkan ke ruang pembekuan selama 22 jam, kemudian dipindah ke ruang penyimpanan. Bila ada permintaan dari luar Aceh, ikan dikirim menggunakan kontainer.

Ikan yang dipasok ke tempat itu dibeli dari nelayan. Setiap harinya, mereka menampung sekitar 30 ton ikan. Ikan-ikan itu diantar nelayan menggunakan becak motor lalu diserahkan lewat pintu masuk bahan baku.

Pengelola tempat pembekuan milik CV Fishenary Indo Makmur, Murdani, mengatakan pihaknya membeli ikan dari nelayan dengan harga lokal. Harga ikan tergantung kualitas serta jenisnya.

"Ikan yang kita tampung kualitasnya itu super atau grade a, grade b dan c. Untuk ikannya beragam kecuali ikan karang," kata Murdani saat ditemui detikSumut.

Menurutnya, pihaknya setiap hari membeli ikan dari nelayan sekitar 30 ton untuk disortir dan dimasukkan ke ruang pembekuan bersuhu minus 40 derajat. Selain itu, di ruang penyimpanan bersuhu minus 20 derajat juga biasanya terdapat 30 ton ikan.

"Bila ada permintaan, kita keluarkan ikan dari tempat penyimpanan untuk kita kirim ke lokasi tujuan. Sekarang paling banyak kita kirim ke Pulau Jawa," jelas Murdani.

Proses pengiriman ikan kadang dilakukan setiap hari atau mingguan. Mereka menyewa sejumlah truk peti kemas untuk membawa ikan ke pelanggan.

"Paling banyak permintaan itu ikan bodrek yaitu ikan ukurannya 3 ons hingga 5 ons," ujarnya.

Murdani menjelaskan, pihaknya tidak kesulitan memperoleh ikan. Hasil tangkapan nelayan selama ini disebut melimpah sehingga cukup untuk dikirim ke luar daerah.

"Tangkapan nelayan Alhamdulillah mendukung usaha begini," jelas Murdani.

Simak Video "Parade Gajah, Pawai untuk Meriahkan Pekan Kebudayaan Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/astj)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
June 22, 2023 at 02:00AM
https://ift.tt/VJd0AD4

Melihat Geliat Bisnis Ikan di Lampulo yang Dikirim ke Luar Aceh - detikSumut
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/FgYSOe1
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Melihat Geliat Bisnis Ikan di Lampulo yang Dikirim ke Luar Aceh - detikSumut"

Post a Comment

Powered by Blogger.