Search

Ekonom Prediksi Bisnis Transportasi di Sumut Kuartal III Tembus Rp 13 T - detikSumut

Medan -

Pasca meredanya pandemi COVID-19, perlahan bisnis transportasi yang sempat terpuruk mulai kembali bangkit. Di kuartal III tahun ini, aktivitas bisnis transportasi diprediksi menembus Rp 13 triliun.

Ekonom Sumut Gunawan Benjamin memprediksi perputaran uang akan meningkat saat libur panjang dalam waktu dekat ini. Ada beberapa sektor yang naik seperti perusahaan jasa, transportasi, hingga penyedia makanan dan minuman.

"Perusahaan penyelenggara jasa termasuk di dalamnya perusahaan travel masih mampu tumbuh baik. Untuk wilayah Sumatera Utara secara nominal di kuartal kedua bisa mencapai lebih dari Rp 2,83 triliun," ujarnya, Jumat (23/6/2023).

"Libur panjang Idul Fitri dan cuti bersama Idul Adha yang menjadi penyumbang terbesar kegiatan perusahaan jasa di kuartal kedua tahun ini," lanjut Gunawan.

Bisnis transportasi di Sumatera Utara berpotensi naik signifikan di kuartal ketiga. Gunawan menyebutkan, selain belanja untuk perusahaan penyedia jasa wisata, jasa transportasi juga berpeluang mengalami kenaikan.

"Yang paling terlihat dari jasa transportasi ini adalah belanja bahan bakar minyak (BBM) yang berpeluang mengalami peningkatan. Di kuartal ketiga tahun ini perusahaan jasa transportasi dan pergudangan berpeluang mencetak aktivitas bisnis secara nominal sebesar Rp 13 triliun," ujarnya.

Kemudian, Gunawan juga membeberkan untuk usaha penyediaan akomodasi makanan dan minuman, berpeluang tetap tumbuh.

"Namun angka pertumbuhannya tidak akan sebaik perusahaan jasa seperti perusahaan travel. Diperkirakan perusahaan tersebut akan menghasilkan aktifitas bisnis secara nominal sekitar Rp 5,3 triliun di kuartal kedua tahun ini," jelasnya.

Terkait hal ini, Gunawan menilai kebijakan pemerintah yang menetapkan cuti bersama Idul Adha tahun ini, memang sangat berpeluang mendorong geliat belanja masyarakat.

"Terlebih motor penggerak ekonomi dari sisi pengeluaran lebih setengahnya disumbangkan oleh konsumsi rumah tangga. Dari hasil studi yang saya lakukan, memang terjadi penurunan belanja pada sejumlah kebutuhan sandang, makanan/minuman (kue kering/sirup), hingga renovasi rumah menjelang perayaan Idul fitri kemarin," kata Gunawan.

Selengkapnya Baca Halaman Berikutnya....

Simak Video "Aksi Bela Al-Qur'an di Medan, Massa Bakar Patung Rasmus Paludan"
[Gambas:Video 20detik]

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
June 24, 2023 at 04:00AM
https://ift.tt/A1Ii9fu

Ekonom Prediksi Bisnis Transportasi di Sumut Kuartal III Tembus Rp 13 T - detikSumut
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/xgLP3sd
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ekonom Prediksi Bisnis Transportasi di Sumut Kuartal III Tembus Rp 13 T - detikSumut"

Post a Comment

Powered by Blogger.