Search

Kisah Satya, Dianggap Gila Lepas Kerjaan Kini Bangun Bisnis Madu Baduy - detikFinance

Serang -

Satya Adhi Dharma dianggap gila oleh rekan kerjanya saat meninggalkan pekerjaan sebagai karyawan industri pengolahan makanan terbesar di Indonesia. Ia memilih merintis usaha madu murni, usai 15 tahun kerja di bagian produksi.

"Saya 15 tahun di industri, gila kata orang, ninggalin kerja buat jualan," kata Satya dalam percakapan dengan detikcom, Serang, Senin (12/6/2023).

Ia merintis jualan madu Baduy dengan merek We Bee Honey di ruko di Komplek Griya Permata Asri di Kota Serang pada 2019. Bisnisnya kolaborasi dengan jualan pempek dan es sari kacang merah.

Usaha itu bermula dari pertemuan dengan warga Baduy di acara tahunan Seba di Kota Serang. Waktu itu, ada ribuan Baduy ke pusat kota dan bertemu Jakam yang membawa madu. Ia lalu membeli dua botol madu untuk dikonsumsi dan terinspirasi mengembangkan UMKM madu.

"Brand pertama madu Baduy, ke sini-sininya karena kelihatan cuannya, terus lanjut," katanya.

Dari situ, ia lalu mencari petani budi daya lebah di beberapa wilayah. Ketemulah petani madu jenis multiflora, randu, dan kelengkeng di Jawa Tengah. Selain itu, ada juga jenis madu akasia dari Jambi dan trigona dari Belitung.

Madu dari petani itu ia kemas lalu dijual online termasuk bazar-bazar di Kota Serang. Di satu kesempatan, ia bertemu dengan pelaku UMKM binaan dari Rumah BUMN BRI di Serang dan diajak bergabung.

"Awalnya dagang tradisional aja, door to door pokoknya nawarin aja sambil jual pempek di food truck," ujarnya.

Di Rumah BUMN Serang itulah Satya diajarkan bagaimana pengelolaan bisnis UMKM. Mulai dari penjualan, desain hingga strategi penjualan online. Dari menimba ilmu itu lalu lahirnya merek We Bee Honey. Beruntungnya, pada 2022 ia pernah terpilih sebagai salah satu UMKM yang diundang diskusi di panggung oleh Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta.

"Saya ketemu orang-orang baik di rumah BUMN, terus akhirnya pernah dipilih oleh BRI ketemu Erick Thohir untuk penyerahan NIB di acara 30 ribu UMKM BUMN Go Digital," ujarnya.

Produk We Bee Honey sekarang sudah rutin berjualan di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Selain itu, ia juga punya jejaring reseller yang ada di Lampung, Depok dan Bandung. Ia berharap, produk madu murni miliknya tentu bisa lebih banyak pembeli.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
June 12, 2023 at 11:37PM
https://ift.tt/U3TRuNn

Kisah Satya, Dianggap Gila Lepas Kerjaan Kini Bangun Bisnis Madu Baduy - detikFinance
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/Tris1AB
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kisah Satya, Dianggap Gila Lepas Kerjaan Kini Bangun Bisnis Madu Baduy - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.