Search

Bangun Hotel di Yogyakarta Muhammadiyah Siap Ekspansi Bisnis ke Dunia Pariwisata | Republika Online - Republika

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Silvy Dian Setiawan, Idealisa Masyrafina

PP Muhammadiyah melebarkan sayap amal usahanya ke dunia perhotelan dan pariwisata dengan membangun hotel. Hotel pertama yang dibangun Muhammadiyah di Indonesia tersebut berada di Kota Yogyakarta bernama SM Tower and Convention. Hotel tersebut dibangun dari dana Suara Muhammadiyah atau PT Syarikat Cahaya Media.

Hotel tersebut memiliki tinggi delapan lantai dan Pre opening SM Tower and Convention sudah digelar pada 18 Juni 2023 dengan tema Muda yang Menginspirasi. "Jujur, kami tidak pernah menyangka bisa mendirikan gedung megah ini. Saya rasa semua yang telah terwujud sekarang buahnya dari kerja keras dan kolaborasi dari semua pihak. Karenanya saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya," kata Direktur Utama Suara Muhammadiyah, Deni Asy'ari, Selasa (20/6/2023).

Deni mengatakan, terwujudnya hotel ini merupakan impian yang ditopang dengan ikhtiar, kerja keras, dan ketulusan. Hotel ini dikatakan sebagai manifestasi dari dakwah pengembangan bisnis dan usaha di sektor perhotelan dan pariwisata.

 

"Kami ingin menegaskan pembangunan SM Tower and Convention merupakan wujud dari ketulusan. Tanpa ketulusan, mustahil kita bisa mendirikan bangunan megah ini," ujar Deni yang juga Wakil Sekretaris 1 Majelis Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata PP Muhammadiyah tersebut.  

Ia pun mendorong seluruh karyawan Suara Muhammadiyah untuk bekerja sama membesarkan hotel pertama yang dimiliki Muhammadiyah tersebut. Diharapkan, ke depannya hotel ini semakin berkembang pesat dan berkemajuan.

"Mulai 24 Juni besok, kita akan mengarungi bisnis baru (bisnis hotel). Saya berharap kita bisa menjadi bagian yang ikut membesarkan dan menjaga bisnis ini sampai benar-benar maju di masa mendatang. Mudah-mudahan apa yang sudah dilakukan dan dikorbankan baik waktu maupun tenaga mendapatkan balasan dari Allah," ungkapnya.

Usai pre opening SM Tower and Convention dilanjutkan soft opening pada Sabtu (24/6/2023). Dalam acara tersebut hadir Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir. Sementara grand opening hotel Muhammadiyah digelar pada Agustus 2023.

Tahapan sejak pre opening, soft opening, maupun grand opening dilakukan sebagai instrumen sosialisasi kepada seluruh warga masyarakat, khususnya warga persyarikatan Muhammadiyah. Deni menjelaskan sosialisasi ini penting dilakukan sebagai momentum memperkenalkan bisnis baru di bidang perhotelan dan pariwisata kepada masyarakat, khususnya warga persyarikatan.

Tiga tahapan tersebut, kata Deni, juga menjadi evaluasi bagi pihaknya terkait fasilitas maupun fungsi hotel tersebut. Pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan agar nantinya tujuan pembangunan hotel dapat sesuai dengan target dan harapan yang sudah ditetapkan.

"Berdirinya SM Tower and Convention merupakan wujud nyata Suara Muhammadiyah dalam gerak transformasi dari teks ke konteks, dan juga dakwah di bidang ekonomi sebagai semangat besar dari Suara Muhammadiyah," kata Deni.

Saat meninjau kesiapan sarana dan prasarana hotel tersebut pada Rabu (21/6/2023) dan menjelang dilaksanakannya soft opening SM Tower and Convention pada Sabtu (24/6/2023), Prof Haedar Nasir mengaku terharu dan bangga. Dengan dibangunnya hotel tersebut, Muhammadiyah siap merambah bisnis perhotelan dan pariwisata.

"Saya ketika masuk betul-betul bangga dan haru. Harunya karena mengetahui perjalanan Suara Muhammadiyah dari awal sampai sekarang. Alhamdulillah, makin hari Suara Muhammadiyah terus mengalami perkembangan luar biasa," kata Haedar, Rabu (21/6/2023).

Haedar pun mengapresiasi perkembangan yang telah berjalan dari proses pembangunan SM Tower and Convention. Bahkan, Haedar menilai kehadiran hotel ini menunjukkan eksistensi kehadiran Muhammadiyah di abad kedua yang makin melesat.

"Hari ini saya meninjau SM Tower dari lantai pertama sampai lantai delapan. Saya melihat ini merupakan hotel dan convention dengan gaya baru di era baru," ucap Haedar.

Lebih lanjut, Haedar menuturkan bahwa bangunan tersebut tidak hanya berfungsi sebagai hotel atau penginapan yang nyaman untuk beristirahat. Namun, ada fungsi edukasi yang juga dikedepankan dengan dihadirkannya rumah baca dan ruang inspirasi bagi masyarakat umum, khususnya warga persyarikatan Muhammadiyah.

"Inilah SM Tower yang hadir di pusatnya Muhammadiyah (Yogyakarta). SM Tower bukan sekadar hotel dan tempat menginap, tetapi juga ruang inspiratif bagi pengunjung, dan juga menjadi ruang pikiran dan semangat berkemajuan," ungkap Haedar.

Haedar juga mengaku kagum dengan ruangan yang disebut SoewaraMoe Cafe & Lounge. Ia mengatakan, ruangan tersebut menyajikan motif-motif yang artistik atau mempunyai nilai seni karena dipadukannya unsur klasik dan modern.

Ruangan tersebut diharapkan tidak hanya menjadi ruang yang nyaman untuk bersantai, namun juga produktif. "Kemudian ramah dan sekaligus juga siapa tahu banyak inspirasi ketika hadir dan bersantai di SoewaraMoe Cafe. Dan kalau melihat pemandangan keluar, bisa melihat Yogyakarta dan sekitarnya. Letak SM Tower and Convention ini berada di lintasan jalan utama dekat dengan KM-0 yang bernuansa bangunan cagar budaya,” jelasnya.

Haedar berharap dengan dibangunnya SM Tower and Convention ini menjadi titik awal semakin tumbuhnya Suara Muhammadiyah, yang merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah. Dengan begitu, diharapkan juga berdampak kepada peningkatan sektor perhotelan dan pariwisata di Indonesia, khususnya di Yogyakarta.

"Mudah-mudahan ini menjadi titik awal yang terus seperti efek karambol untuk kemajuan seluruh amal usaha PT SCM yang akan terus berkembang. Mungkin setelah hotel ini berdiri dan berjalan, juga nanti kita mengembangkan unit-unit usaha lain," katanya.

Menurutnya, kehadiran SM Tower and Convention ini juga menunjukkan kepada masyarakat bahwa Muhammadiyah mampu mengejar ketertinggalan di zaman yang semakin kompleks. Hotel ini juga dikatakan menjadi pilar strategis dalam mengaktualisasikan misi dakwah Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang berkemajuan.

"Muhammadiyah bisa menghasilkan karya-karya kemajuan untuk mengejar ketertinggalan umat Islam dan bangsa Indonesia," terang Haedar.

Haedar pun berpesan kepada karyawan SM Tower and Convention agar melayani pengunjung hotel dengan ramah, sopan dan humanis. Menurutnya, pelayanan yang baik kepada pengunjung ini penting dan harus dijadikan pegangan ketika mulai dioperasikan nantinya, yang rencananya mulai Sabtu (24/6/2023) setelah dilakukannya soft opening.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) pun mengapresiasi terhadap pembangunan hotel milik Muhammadiyah tersebut. Apalagi pembangunan hotel tersebut dibangun di kota wisata seperti Yogyakarta yang tentunya memiliki demand tinggi dalam perhotelan.

"Kami melihat suatu yang positif Muhammadiyah membuat hotel syariah, tapi tentu sudah memikirkan berbagai tantangan yang menjadi concern hotel syariah secara umum," ujar Wakil Sekretaris Jenderal PHRI, Maulana Yusran, kepada Republika.co.id, Kamis (22/6/2023).

Ia memaparkan, permasalahan utama yang slalu menjadi topik mengenai hotel syariah itu bagaimana manajemen hotel bisa menyaring tamu yang menginap, sesuai syariah Islam atau tidak. Misalnya, pasangan sah atau tidak, apalagi terkait dengan tamu asing. "Jangan sampai tidak bisa memfilter mengenai ini jadi menodai segmen syariah itu sendiri," katanya.

Namun ia meyakini Muhammadiyah telah memikirkan pasar dari hotel ini, mengingat banyaknya warga Muhammadiyah di Yogyakarta maupun nasional. "Kalau Muhammadiyah pasti segmen dan target pasarnya sudah dipikirkan dengan jelas," katanya.

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
June 24, 2023 at 03:34AM
https://ift.tt/oIpVYKi

Bangun Hotel di Yogyakarta, Muhammadiyah Siap Ekspansi Bisnis ke Dunia Pariwisata | Republika Online - Republika
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/xgLP3sd
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bangun Hotel di Yogyakarta Muhammadiyah Siap Ekspansi Bisnis ke Dunia Pariwisata | Republika Online - Republika"

Post a Comment

Powered by Blogger.