Search

Tantangan Jalankan Bisnis UMKM di Indonesia - detikFinance

Jakarta -

Di era serba canggih seperti sekarang memang memudahkan kita melakukan berbagai hal, baik dalam berkomunikasi atau dalam menjajakan hasil produksi seperti yang dilakukan para pelaku UMKM di Indonesia.

Namun untuk memajukan UMKM di Indonesia bukan tanpa kendala, salah satunya masih banyak konsumen yang hanya memesan tanpa membayar down payment (DP) atau uang muka terlebih dahulu. Tentu hal itu memberatkan para UMKM.

"Kenapa UMKM di bawah saya bisa hidup? Karena saya berani. Sekarang begini, kalau UMKM di utangin mau nggak sih? Jawabannya tidak," cerita pelaku UMKM dan Owner dari Rolupat, Henny Christiningsih (53) yang membawahi 150 UMKM.

Henny menerangkan, di saat UMKM dibayar tempo tanpa mendapatkan DP, membuat para UMKM tidak bisa produksi. Henny juga menyesalkan perilaku bayar tempo juga kerap dilakukan instansi pemerintah saat melakukan pemesanan produk UMKM.

"Di sinilah kesulitan para UMKM untuk bisa produksi kembali. Instansi pemerintah membeli dari kita itu ber-PO, dan tidak dikasih DP produksi dulu, sebulan dua bulan baru dibayar, UMKM tidak bisa begitu (UMKM kecil harus dibayar cash)," kata Henny.

"Makanya mereka perlu Rolupat (yang membawahi 150 UMKM), yang mau membeli putus, agar para UMKM bisa hidup, Siklusnya terus bekerja dan di situlah hadir BRI yang memberikan pinjaman kepada saya untuk bisa membeli putus produk UMKM dengan aset saya yang menjadi jaminan," Henny menambahkan.

Soal tabungan, memasuki era digitalisasi saat ini Bank BRI menawarkan beberapa jenis tabungan yang memudahkan pelaku UMKM bertransaksi diantaranya tabungan Britama.
Produk tabungan ini memberikan beragam kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan dengan didukung fasilitas e-banking dan sistem real time online yang akan memungkinkan nasabah untuk bertransaksi kapanpun dan dimanapun.

Berikut keuntungan dalam memilih tabungan Britama di halaman berikutnya. Langsung klik

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
June 27, 2023 at 10:57PM
https://ift.tt/pnHrsLb

Tantangan Jalankan Bisnis UMKM di Indonesia - detikFinance
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/TxOrB7z
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tantangan Jalankan Bisnis UMKM di Indonesia - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.