Dengan pertumbuhan ekonomi, perdagangan elektronik dan peningkatan aktivitas bisnis secara online, permintaan akan layanan pengiriman logistik juga meningkat. Berbagai perusahaan logistik pengiriman, baik lokal maupun internasional, beroperasi di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Riset ini memberikan wawasan mendalam tentang preferensi dan kebiasaan masyarakat terkait penggunaan layanan pengiriman, serta tren dalam industri pengiriman barang. Termasuk dalam tren E-Commerce yang sekarang banyak digandrungi masyarakat.
Dalam riset ini, ditemukan bahwa penggunaan layanan pengiriman sangat tinggi di kalangan masyarakat Indonesia, terutama di kalangan Gen Z dan milenial dalam konteks pengiriman barang untuk kebutuhan pengiriman pribadi dan belanja online.
Berdasarkan temuan Populix, sebesar 88 persen dari partisipan Gen Z mengaku menggunakan layanan pengiriman untuk pembelian online mereka, 12 persen lainnya menggunakan layanan pengiriman untuk kebutuhan pribadi.
Hal yang sama terjadi pada generasi milenial, di mana mayoritas 76 persen responden menggunakan pengiriman untuk berbelanja online. Dengan rata-rata mengirimkan barang baik untuk belanja online maupun pengiriman pribadi sebanyak dua sampai tiga kali dalam sebulan. Ini menunjukkan bahwa pengiriman barang merupakan bagian integral dari pengalaman belanja online yang semakin populer di Indonesia.
Menurut preferensi responden dalam mengirimkan belanja barang online, Gen Z banyak menggunakan J&T Express dengan porsi 58 persen. Shopee Express berada di tempat kedua berdasarkan pilihan Gen Z dengan perolehan 32 persen.
Pada generasi Milenial pun menunjukkan jika J&T Express (55 persen) merupakan layanan pengiriman yang paling sering digunakan untuk belanja online, kemudian JNE (34 persen), Shopee Express (18 persen), SiCepat (17 persen), Gosend (16 persen), GrabExpress (8 persen), Pos Indonesia (7 persen), TIKI (6 persen) Wahana (6 persen), Ninja Express (3 persen), Indah Logistik (3 persen), Paxel (2 persen), Shipper (1 persen), Lalamove (0 persen).
Alasan utama mayoritas responden dalam memilih brand pengiriman untuk pengiriman pribadi adalah kecepatan dalam pengiriman. Berbeda untuk pengiriman belanja online, mayoritas responden memiliki dua alasan utama memilih brand, yakni keuntungan gratis ongkos kirim dan kecepatan pengiriman.
Selain itu, mayoritas responden menggunakan asuransi pengiriman (66 persen), dengan alasan menjaga barang dari kehilangan atau kerusakan (87 persen), memastikan tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan (59 persen), untuk barang-barang berharga (48 persen), memastikan barang yang dikirimkan aman (35 persen).
Jika dilihat dari kepuasan pelanggan dari brand pengiriman, untuk pengiriman pribadi rata-rata menyebutkan puas terhadap layanan yang diberikan dengan tingkat kepuasan tertinggi dari Gojek dan Shipper. Untuk pengiriman belanja online rata-rata responden juga puas terhadap layanan yang telah diberikan oleh brand.
"bisnis" - Google Berita
August 03, 2023 at 10:05AM
https://ift.tt/sk9dciP
Sengitnya Persaingan Bisnis Jasa Pengiriman di Indonesia, ini Pilihan Gen-Z saat Berbelanja Online - Jawa Pos - JawaPos
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/WXrq3Iu
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Sengitnya Persaingan Bisnis Jasa Pengiriman di Indonesia, ini Pilihan Gen-Z saat Berbelanja Online - Jawa Pos - JawaPos"
Post a Comment