Search

Ketahui 7 Ciri-Ciri Iklan yang Bagus untuk Bisnis - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, JakartaSebutkan ciri-ciri iklan! Perintah ini seringkali ditemui sebagai tugas untuk siswa saat di sekolah. Iklan adalah sebuah media promosi yang banyak dimanfaatkan oleh pemilik bisnis untuk menarik minat konsumen agar mau membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

Kini, iklan bisa ditemukan dengan mudah di berbagai media, baik itu media cetak maupun media digital seperti yang banyak digunakan saat ini. 

Baca Juga:

Lalu, apa saja ciri-ciri iklan? Simak pembahasan berikut ini tentang fungsi dan ciri-ciri iklan yang harus dipahami.

Pengertian Iklan

Iklan bisa diartikan sebagai media yang berfungsi untuk menjalankan promosi suatu bisnis kepada para konsumen. Tujuan iklan tidak selalu untuk menjual produk, tetapi bisa juga untuk memberikan informasi dan edukasi kepada target audiens.

Iklan dibuat agar target audiens tertarik dan terdorong untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan oleh suatu bisnis. Iklan memiliki beberapa ciri-ciri yang membuatnya berbeda dengan media promosi lainnya.

Baca Juga:

Salah satu faktor keberhasilan iklan bergantung pada jenis iklan dan strategi promosi yang digunakan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami ciri-ciri iklan dan jenisnya sebelum mengiklankan suatu produk.

Sebutkan Ciri-Ciri Iklan 

Iklan yang baik memiliki beberapa ciri-ciri yang bisa dikenali secara langsung. Berikut beberapa ciri-ciri iklan yang harus dipahami.

1. Iklan Dibuat Menarik

Ciri-ciri iklan yang baik yaitu dibuat dengan menarik untuk bisa mempengaruhi keputusan konsumen agar mau membeli produk. Semakin menarik suatu iklan, maka konsumen akan semakin terdorong untuk membeli produk atau jasa yang yang ditawarkan.

2. Bahasa yang Mudah Dipahami 

Penggunaan bahasa yang mudah dipahami menjadi ciri-ciri iklan yang baik. Baik itu iklan media cetak, maupun media digital harus menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Hal ini dikarenakan bahasa bisa mempengaruhi kebenaran informasi tentang suatu produk.

3. Iklan Bersifat Informatif 

Jika diberi pertanyaan sebutkan ciri-ciri iklan, maka salah satunya adalah iklan bersifat informatif. Iklan yang baik bisa memberikan informasi secara detail dan menarik tentang suatu produk kepada target konsumen yang dituju. 

Scroll Untuk Melanjutkan

Dari iklan, konsumen bisa mengetahui fungsi produk, keunggulan, dan manfaat produk yang bisa diperoleh. Dengan adanya informasi tersebut, konsumen bisa memahami produk dan memutuskan untuk melakukan pembelian.

4. Bersifat Persuasif 

Selain bersifat informatif, iklan yang baik juga mengandung kalimat persuasif sebagai kalimat ajakan untuk membujuk konsumen secara halus. Tujuannya, agar mendorong konsumen untuk mengikuti apa yang diharapkan yaitu membeli produk tersebut.

Biasanya, kalimat persuasif ini bisa ditemukan pada iklan media cetak seperti poster, brosur, pamflet, dan sebagainya. 

5. Bersifat Komunikatif 

Ciri-ciri iklan lainnya adalah bersifat komunikatif, artinya iklan tersebut bisa menarik minat pembeli melalui pemilihan kata dan kalimat yang mudah dimengerti. Sehingga iklan yang disampaikan tidak bertele-tele, dan orang-orang akan langsung mengerti intinya.

6. Ditujukan Kepada Target Audiens

Ciri-ciri iklan selanjutnya yaitu memiliki target pasar atau audiens tertentu sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Target pasar akan mempengaruhi bagaimana iklan tersebut akan dibuat agar tepat sasaran.

7. Singkat, Jelas dan Lugas

Sebuah iklan yang baik harus dibuat dengan kalimat yang singkat, jelas, dan lugas agar mudah dimengerti audiens. Pemilihan kata di dalam iklan juga tidak boleh terlalu banyak agar pesan yang ada di dalamnya bisa tersampaikan dengan baik kepada konsumen.

Selain itu, pemilihan kata juga harus menarik dan menggunakan kata-kata yang tepat agar audiens mau membacanya. Selain itu, kalimatnya juga harus jujur dan objektif, serta tidak mengandung sindiran yang bisa menyinggung pihak-pihak tertentu.

Sekarang, sudah tidak perlu bingung lagi saat diminta untuk sebutkan ciri-ciri iklan, karena semuanya sudah dijelaskan di atas.

ANISA PRASETYA PUTRI KARTINI

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
August 30, 2023 at 08:45PM
https://ift.tt/Kt6QuGw

Ketahui 7 Ciri-Ciri Iklan yang Bagus untuk Bisnis - Bisnis Tempo.co
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/4SNwrIF
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ketahui 7 Ciri-Ciri Iklan yang Bagus untuk Bisnis - Bisnis Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.