Search

Resign dari PNS, Sukses Bisnis Kura-Kura Sulcata Omzet Puluhan Juta per Bulan - detikFinance

Jakarta -

Keputusan Achmad Iqbal Furdausi berhenti bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berbuah manis, ia sukses membangun bisnisnya budi daya kura-kura darat seperti Sulcata, Leopard Pardalis, Aldabra hingga yang paling langka yakni Redcata.

"Saya membangun bisnis ini dari 2019, kurang lebih 4 tahun lalu. Awalnya hobi lalu coba-coba jual, di car free day 6-7 bulan dan melalui online. Lalu karena ingin lebih fokus, jadi saya memutuskan untuk resign dari PNS, PNS di BPK," kata Iqbal ditemui detikcom di kediamannya sekaligus tempat budi daya kura-kura, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Minggu (20/8/2023).

Iqbal mengungkapkan, membangun usahanya yang ia beri nama Bumi Reptile tidaklah mudah, karena butuh perjuangan sehingga usahanya dikenal orang. Kini Bumi Reptile bisa menjual kurang lebih 400-500 ekor kura-kura darat berbagai jenis setiap bulannya.

Budi Daya Kura-kura Darat yang dilakukan Bumi Reptile di Cibinong, BogorBudi Daya Kura-kura Darat yang dilakukan Bumi Reptile di Cibinong, Bogor Foto: Rista Rama Dhany

"Sebulan kita jual 400-500 ekor mulai dari Sulcata, Redfooted, Yellow Footed dan Pardalis, harga kura-kura sulcata ukuran 5 cm kita jual Rp 800.000 per ekor. Semuanya rata-rata dijual melalui online, lewat instagram. Jadi tidak perlu buka toko, semua lewat media sosial," ungkapnya.

Ia menambahkan, pasar kura-kura darat sangat besar, pasalnya hewan satu ini sangat digemari karena perawatannya mudah, biaya perawatannya tidak terlalu mahal, umurnya panjang bahkan ada yang mencapai puluhan tahun, dan tidak ganas seperti kura-kura air.

"Kura-kura darat ini kan herbivora, jadi aman, bahkan buat anak-anak sekalipun aman tidak gigit, tidak seperti kura-kura air agak bahaya, Makannya juga mudah hanya sayur-sayuran seperti sawi, kangkung dan selada atau ada juga yang berupa pelet sebagai pakan tambahan dan vitaminnya," ujarnya.

Bahkan kata Iqbal, dirinya sampai harus mengimpor kura-kura tersebut dari negara Afrika salah satunya dari Sudan untuk memenuhi permintaan pasar dalam negeri.

"Pasar kura-kura ini besar, bahkan kita kadang impor dari Sudan, Afrika. Harganya juga beragam dari Rp 800.000 ukuran 5 cm kalau 20 cm sekitar Rp 4 jutaan. Kalau jenis Aldabra ukuran 8-9 cm itu sekitar Rp 30 juta per ekor. Kalau terkait margin usaha ya sekitar 10% untuk yang impor, tapi kalau yang ternak sekitar 100% marginnya," ungkap Iqbal lagi.

Iqbal menambahkan lagi, dirinya juga tidak terlalu khawatir apabila penjualan kura-kuranya menurun, pasalnya kura-kura ini harganya di hitung berdasarkan ukuran.

"Kalau penjualan lagi turun ya nggak khawatir, tunggu aja nanti juga dia besar dikit harganya naik, jadi saya tidak terlalu khawatir. Toh biaya perawatannya juga murah. Selain itu penyakitnya juga tidak terlalu berat dan ada obatnya," katanya.

Budi Daya Kura-kura Darat yang dilakukan Bumi Reptile di Cibinong, BogorBudi Daya Kura-kura Darat yang dilakukan Bumi Reptile di Cibinong, Bogor Foto: Rista Rama Dhany

Apalagi kata Iqbal, dirinya telah berhasil mengembangbiakan kura-kura langka, yakni perkawinan antara kura-kura Sulcata dengan Red Footed menjadi Redcata. Sehingga nantinya ada kura-kura sebesar ukuran sulcata namun kaki, kepala hingga lehernya berwarna merah. Menurutnya, dirinya adalah orang kedua di dunia yang berhasil membudidayakan redcata.

"Saya orang kedua di dunia yang berhasil menghasilkan redcata, pertama yang berhasil orang Amerika Serikat di Florida, jadi berani garansi, selama ini tidak orang banyak yang gagal," katanya.

Saat ini kata Iqbal, harga redcata telah mengalahkan harga dari kura-kura aldabra. Untuk Redcata dibanderal Rp 75 juta untuk ukuran 5 cm, sedangkan untuk Aldabra ukuran 8-9 cm sekitar Rp 30 juta.

"Saya sudah jual 4-5 ekor redcata, yang terakhir saya jual Rp 150 jutaan, yang aku pegang ini baru sold cuma orangnya masih di luar negeri jadi masih dititip ke aku. orang luar negeri sudah incer cuma aku nggak bisa kirim ke luar negeri, jadi masih market nasional," tutup Iqbal.

(rrd/rir)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
August 20, 2023 at 03:30PM
https://ift.tt/qxj7frU

Resign dari PNS, Sukses Bisnis Kura-Kura Sulcata Omzet Puluhan Juta per Bulan - detikFinance
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/JF2qMQ8
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Resign dari PNS, Sukses Bisnis Kura-Kura Sulcata Omzet Puluhan Juta per Bulan - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.