Search

Ibu RT di Kota Pasuruan Sukses Bisnis Busy Book Berawal dari Candu Gadget - Detikcom

Kota Pasuruan -

Inspirasi dan peluang usaha bisa muncul dari mana saja, termasuk dari kehidupan rumah tangga. Linda Star Krissanti (36), ibu rumah tangga di Kota Pasuruan sukses bisnis busy book karena prihatin dengan anaknya yang ketagihan gadget.

Linda menceritakan bisnis busy book berawal pada 2014 saat melihat aktivitas dua anak perempuannya yang semakin sering menggunakan handphone. Saking seringnya main handphone, mereka cuek dengan kondisi sekeliling.

"Kewalahan dengan aktivitas anak saya yang sering bermain handphone. Bahkan, karena keseringan itu anak saya nggak dengar saya panggil," kata Linda kepada detikJatim, Rabu (16/8/2023).

Lulusan Arsitektur di ITATS Surabaya ini kemudian mencari cara memecah kesibukan anak-anaknya agar tidak selalu bermain dengan handphone.

bisnis busy bookContoh busy book buatan Linda (Foto: Muhajir Arifin)

"Saya cari-cari (referensi) di internet. Ketemu di Instagram. Setelah tahu caranya lalu membuat sendiri. Tujuannya nggak kecanduan gadget," kata Linda.

Akhirnya, ia membuat mainan busy book dari kain flanel. Book itu diisi berbagai macam bentuk yang nantinya dapat meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas anak.

"Selain untuk anak-anaknya, saya mempostingnya di story WhatsApp. Ternyata banyak mendapat respons positif dan beberapa orang membeli," jelasnya.

Ibu dua anak itu mulai mengembangkan konsep busy book buatannya. Ada konsep rumah muslim, keluarga, doll house hingga matematika. Tak hanya itu, Linda juga mengelaborasi berbagai konsep itu sesuai dengan usia anak yang akan memainkannya.

"Ada seorang yang memesan busy book dadakan untuk anaknya agar tenang selama perjalanan udara. Ceritanya itu dibuat anaknya tenang saat di pesawat. Takutnya anaknya ramai nggak bisa diam," tuturnya.

Selain itu, pesanan busy book juga sampai pada kalangan dokter. Permintaannya adalah membuat mainan busy book dengan cerita edukasi yang menarik.

"Ada juga dokter, memang digunakan untuk edukasi, pernah sekolah juga memesan beberapa untuk kebutuhan mengajar," paparnya.

Saat ini pesanan busy book sudah merambah pasar nasional bahkan internasional, mulai dari Abu dhabi, Belanda, Malaysia dan lain sebagainya. Hingga sekarang, produksi busy book nya semakin meningkat dengan rata-rata penjualan 35 produk per bulan.

"Kalau harganya bervariasi, tergantung tingkat kerumitannya. Mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 250 ribu," katanya.

Linda mengatakan mainan busy book juga mendorong kemampuan motorik dan sensorik anak. Mainan ini juga dapat mencegah si kecil dari rasa bosan.

Simak Video "Kebijakan Baru Pemerintah Belanda soal Penggunaan Gadget di Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
August 16, 2023 at 06:00AM
https://ift.tt/7lFUIOT

Ibu RT di Kota Pasuruan Sukses Bisnis Busy Book Berawal dari Candu Gadget - Detikcom
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/WvynC79
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ibu RT di Kota Pasuruan Sukses Bisnis Busy Book Berawal dari Candu Gadget - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.