Search

15 Ide Bisnis untuk Mahasiswa Buat Penghasilan Tambahan - Detikcom

Daftar Isi

Bandung -

Sebagai seorang mahasiswa tentunya memiliki lebih banyak kebutuhan yang harus mengeluarkan uang jika dibandingkan dengan murid sekolah. Biasanya uang saku yang diberikan orang tua dirasa masih kurang untuk memenuhi kebutuhan hidup sebagai seorang mahasiswa. Solusi dari pengeluaran yang lebih besar tersebut bisa diatasi dengan melakukan berbagai kegiatan yang menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang dilakukan oleh mahasiswa seharusnya lebih fleksibel agar tidak mengganggu kegiatan perkuliahan. Berikut ini daftar ide bisnis atau pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan oleh mahasiswa tanpa mengganggu waktu perkuliahan. Berikut rekomendasi pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi mahasiswa.

1. Sewa Aplikasi Premium

Menyewakan aplikasi premium seperti netflix, disney plus hotstar, dan amazon untuk nonton film secara streaming bisa dilakukan oleh mahasiswa karena tergolong mudah untuk dilakukan. Selain aplikasi streaming online, aplikasi untuk menunjang kebutuhan kerja seperti design grafis yang bisa dilakukan menggunakan akun premium Canva juga bisa dijadikan penghasilan tambahan oleh mahasiswa. Dengan bermodalkan akun premium, anda sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang cukup menjanjikan.

2. Jual Minuman dan Makanan Ringan

Bisnis jual minuman dan makanan ringan menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan untuk mahasiswa. Anda bisa menyisihkan sebagian uang saku untuk berbelanja bahan minuman dan makanan ringan yang dibuat sendiri. Nantinya makanan ringan dan minuman yang dijual bisa dititipkan melalui kantin kampus atau berjualan langsung dengan cara menawarkan kepada teman atau mahasiswa lain. Contoh minuman dan makanan ringan yang bisa dijual seperti kopi seduh, puding, atau snack.

3. Menjadi Responden Survei

Sebagai seorang mahasiswa tentunya sudah tidak asing dengan survei yang dilakukan untuk memperoleh suatu data tertentu. Menjadi seorang responden untuk mengisi survei bisa jadi pilihan untuk anda mendapatkan penghasilan tambahan sebagai mahasiswa. Banyak survei yang dilakukan dengan memberikan benefit bagi respondennya berupa uang atau barang. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan hanya menjadi responden survei.

4. Guru Les Privat

Ketika menjadi seorang mahasiswa, seharusnya sudah mengerti berbagai pelajaran di jenjang pendidikan sebelumnya. Menjadi guru les privat untuk murid sekolah bisa dijadikan opsi untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi mahasiswa. Menjadi guru les privat bisa dilakukan saat waktu perkuliahan masih senggang dengan menawarkan jasa les privat kepada murid sekolah atau mempromosikannya melalui sosial media.

5. Pekerja Paruh Waktu

Bekerja paruh waktu atau part time bisa menjadi opsi untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi mahasiswa di waktu senggang. Anda bisa mendaftar menjadi seorang barista atau penjaga toko untuk mengisi waktu luang dan libur masa perkuliahan. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, menjadi pekerja paruh waktu juga bisa mendapatkan banyak pengalaman yang tidak didapatkan saat waktu kuliah.

6. Jasa fotografi

Jika anda memiliki kamera dan hobi fotografi, membuka jasa fotografi bisa menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, anda juga bisa menyalurkan hobi fotografi dengan membuka jasa fotografi. Jasa fotografi yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dimulai dari foto wisudawan, pertandingan olahraga, hingga prewedding.

7. Asisten dosen

Menjadi seorang asisten dosen merupakan sebuah kebanggaan ketika menjadi seorang mahasiswa. Selain bisa mendapatkan uang saku tambahan dari dosen untuk penghasilan tambahan, menjadi asisten dosen juga bisa mengasah kemampuan mengajar dan mengulang ilmu yang telah diberikan oleh dosen. Biasanya untuk menjadi seorang asisten dosen dilakukan uji kemampuan terlebih dahulu oleh kampus. Namun, tak jarang ada dosen yang menawarkan langsung kepada mahasiswa untuk menjadi asisten dosen.

8. Investasi

Menyisihkan uang saku untuk berinvestasi bisa menjadi penghasilan tambahan sekaligus belajar menabung bagi mahasiswa. Investasi bisa dilakukan mulai dari membeli saham perusahaan atau emas dengan skala kecil. Saat ini untuk melakukan investasi saham tidak perlu datang langsung ke kantor perusahaan atau mendatangi toko untuk membeli emas. Cukup melalui aplikasi-aplikasi penyedia saham dan emas, anda sudah bisa melakukan investasi dengan modal yang minim.

9. Jualan online

Berjualan online bisa dilakukan melalui aplikasi e-commerce atau akun sosial media. Anda bisa menjual produk yang dibuat sendiri atau melakukan kerjasama langsung dengan toko untuk menjualkan produknya secara online. Jualan online bisa dilakukan kapan dan dimana saja dengan berbagai jenis produk yang dijual. Hanya bermodalkan telepon genggam, anda sudah bisa membuat akun untuk berjualan secara online.

10. Penulis lepas

Selanjutnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi mahasiswa bisa menjadi seorang penulis lepas di berbagai platform yang membuka ruang kontributor bagi umum. Anda bisa menjadi seorang penulis lepas di media massa atau website yang memberikan royalti bagi penulisnya. Royalti tersebut bisa menjadi penghasilan tambahan sekaligus mengasah kemampuan penulisan dan menyalurkan hobi bagi anda yang senang menulis.

11. Content creator

Menjadi seorang content creator saat ini merupakan pekerjaan yang menjanjikan. Mendapatkan penghasilan jutaan dari menjadi seorang content creator bisa jadi opsi untuk mendapatkan penghasilan tambahan bahkan pekerjaan tetap. Menjadi seorang content creator, anda dituntut untuk bisa berfikir kreatif dalam membuat konten yang akan anda tayangkan kepada publik. Seorang content creator biasanya mendapatkan penghasilan dari promosi produk, iklan, kerjasama, atau adsense dari Google jika konten ditayangkan pada platform Google.

12. Produk kerajinan tangan

Membuat produk kerajinan tangan bisa menjadi penghasilan tambahan bagi mahasiswa di waktu luang, terlebih jika anda mempunyai bakat untuk membuat produk hasil kerajinan tangan. Contoh kerajinan tangan yang dibuat seperti buket bunga, kartu ucapan, atau anyaman kertas. Produk kerajinan tangan yang dibuat bisa dijual secara langsung atau online melalui akun sosial media dan aplikasi e-commerce.

13. Tour guide

Jika anda berkuliah di kawasan pariwisata seperti Bali atau tempat bersejarah, menjadi seorang tour guide merupakan pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Selain mendapatkan uang dari bekerja sebagai tour guide, anda juga bisa bekerja sekaligus rekreasi untuk melupakan sejenak kegiatan perkuliahan. Menjadi seorang tour guide tentunya harus mempunyai bekal pengetahuan dari tempat wisata atau sejarah yang akan dikunjungi oleh wisatawan. Memiliki kemampuan berbahasa asing juga menjadi nilai tambahan, karena anda bisa menggaet turis asing yang membutuhkan jasa tour guide.

14. Reseller

Menjadi seorang reseller atau menjual kembali produk orang lain bisa dilakukan oleh seorang mahasiswa yang membutuhkan penghasilan tambahan. Biasanya seorang reseller melakukan kerja sama dengan perusahaan atau tempat pembuatan produk yang akan dijual kembali. Jika anda tertarik menjadi seorang reseller, anda bisa muai menjual produk secara langsung dengan cara menawarkan ke konsumen atau melalui sosial media.

15. Pengajar kursus online

Jika anda mempunyai keahlian dalam suatu bidang, anda bisa membuka kursus secara online untuk mengisi kekosongan di waktu perkuliahan sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan. Contoh kursus online yang bisa anda buat seperti kursus memasak, menjahit, atau kursus bahasa asing. Anda bisa mempromosikan kursus online melalui akun sosial media atau menggunakan jasa pengiklan online.

Itu dia ide bisnis untuk mahasiswa yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi para mahasiswa untuk mendapatka penghasilan tambahan. Semoga membantu!

Simak Video "Heboh, Pelajar SD di Karawang Joget di Tengah Tol Japek"
[Gambas:Video 20detik]
(tya/tey)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
August 24, 2023 at 07:00AM
https://ift.tt/gMTihAD

15 Ide Bisnis untuk Mahasiswa Buat Penghasilan Tambahan - Detikcom
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/JzDaweC
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "15 Ide Bisnis untuk Mahasiswa Buat Penghasilan Tambahan - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.