Search

Mengenal Bisnis Plan, Jenis, dan Manfaatnya - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, JakartaDalam memulai sebuah bisnis, seorang pebisnis harus memiliki perencanaan yang matang dan berkelanjutan. Perencanaan atau bisnis plan ini diperlukan bagi pebisnis agar tujuan dari bisnisnya jelas dan target bisa tercapai.

Memulai bisnis pasti banyak tantangan yang harus dilewati. Tantangan ini mulai dari menentukan ide produk, target pasar, pengelolaan biaya, hingga strategi yang harus dilakukan. 

Baca Juga:

Tanpa adanya bisnis plan, kita akan kesulitan dalam menghadapi segala masalah dan tantangan saat bisnis berlangsung.

Berikut ini ulasan mengenai bisnis plan, jenis-jenis, hingga manfaatnya yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Apa Itu Bisnis Plan?

Bisnis plan merupakan suatu panduan yang berisi tentang tujuan dan operasional bisnis secara menyeluruh. Bisnis plan ini berisi dokumen yang menyatakan seberapa mampu sebuah bisnis dalam menjual barang dan menghasilkan keuntungan.

Baca Juga:

Mengutip dari laman Investopedia.com, bisnis plan ini sebuah dokumen yang mendefinisikan secara rinci tujuan perusahaan dan bagaimana sebuah perusahaan mencapai tujuan. 

Selain itu, bisnis plan ini juga menjabarkan road map perusahaan, mulai dari pemasaran, keuangan, hingga operasional. Baik startup atau perusahaan akan menggunakan bisnis plan agar tujuan dari perusahaannya tercapai.

Bisnis plan ini merupakan dokumen penting yang nantinya akan digunakan untuk menarik perhatian eksternal maupun internal perusahaan. Misalnya, rencana bisnis ini digunakan untuk menarik investor agar mau menyuntikkan dana untuk perusahaan.

Jenis-Jenis Bisnis Plan

Ada beberapa jenis bisnis plan yang perlu diketahui. Berikut adalah jenis-jenis bisnis plan.

1. Operations Business Plan

Operations business plan merupakan suatu bisnis plan yang dirancang khusus hanya untuk internal perusahaan saja. Biasanya bisnis plan ini berisi tentang rencana dan kebijakan operasional perusahaan. 

Selain itu, bisnis plan ini juga berisi terkait tanggung jawab setiap orang dalam sebuah perusahaan.

2. Development Business Plan

Bisnis plan jenis ini merupakan deskripsi secara rinci terkait bisnis yang akan dibuat. Biasanya development business plan ini berisi tentang administrasi bisnis, organisasi bisnis, dan tanggung jawab setiap karyawan.

3. Growth Business Plan

Growth business plan ini merupakan suatu bisnis plan yang menjelaskan tentang rencana pertumbuhan bisnis perusahaan ke depannya. 

Rencana bisnis ini bisa digunakan untuk internal maupun eksternal perusahaan, seperti untuk menarik investor.

4. Strategic Business Plan

Scroll Untuk Melanjutkan

Bisnis plan jenis ini merupakan rencana bisnis yang lebih rumit dengan bisnis plan lainnya. Bisnis plan jenis ini akan menjelaskan berbagai strategi yang lebih rinci untuk mencapai tujuan dari perusahaan.

5. Startup Business Plan

Bisnis plan jenis ini merupakan penjelasan mengenai rencana bisnis perusahaan rintisan atau startup

Bisnis plan jenis ini bisa berupa penawaran barang atau jasa, evaluasi, struktur marketing hingga manajemen risiko.

Manfaat Bisnis Plan

Dalam membuat bisnis plan untuk perusahaan, tentunya banyak sekali manfaat yang didapat untuk perkembangan bisnis di masa depan. Berikut adalah manfaat dari bisnis plan.

1. Menjadi Roadmap Bisnis

Roadmap atau peta perusahaan dalam bisnis plan ini berfungsi untuk menggambarkan bisnis yang dijalankan dalam jangka waktu tertentu. Sehingga bisnis plan ini bisa dilaksanakan secara bertahap.

2. Tujuan Bisnis Jelas

Adanya bisnis plan ini membantu perusahaan agar lebih mengenal tujuan dan fokus dalam menjalankan bisnisnya. Bisnis plan ini harus dibuat sedetail mungkin agar bisa mencapai tujuan yang telah ditentukan.

3. Mengatur Sistem Keuangan Perusahaan

Selain bisa mengatur tujuan, bisnis plan juga bisa mengatur keuangan perusahaan. Karena dalam bisnis plan kita bisa merencanakan anggaran yang akan digunakan selama bisnis berlangsung. Sistem keuangan yang  baik, matang, dan terencana akan membuat kita terhindar dari kerugian.

4. Mendapatkan Investor 

Dalam menjalankan bisnis kita membutuhkan dana yang terbilang cukup banyak. Oleh karena itu kita membutuhkan suntikan dana dari pihak luar atau investor. 

Dengan adanya bisnis plan ini akan memudahkan investor dalam mengetahui tujuan dari bisnis kita dan mau memberikan suntikan dana.

5. Memudahkan Pengambilan Keputusan

Dalam berbisnis pasti akan banyak tantangan yang harus dilewati, selain itu banyak sekali pilihan yang ditemui dalam menjalankan bisnis. 

Kita harus menentukan waktu untuk menyelesaikan masalah finansial, mengembangkan produk, dan sebagainya.

Oleh karena itu dengan adanya bisnis plan ini, bisa menjadi acuan ketika pengambilan keputusan agar tetap pada tujuan utama perusahaan.

RISMA KHOLIQ

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
August 28, 2023 at 04:00PM
https://ift.tt/OhC3ixd

Mengenal Bisnis Plan, Jenis, dan Manfaatnya - Bisnis Tempo.co
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/v0m1SM8
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengenal Bisnis Plan, Jenis, dan Manfaatnya - Bisnis Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.