Search

Apa Itu Profil Bisnis Google? Bedakah dengan Google Bisnisku | ruangtekno - ruangtekno

Contoh Google Profil Bisnis. (Sumber: Google)
Contoh Google Profil Bisnis. (Sumber: Google)

RUANG TEKNO -- Ada banyak sarana yang bisa digunakan pengusaha atau bisnis untuk mendukung usahanya lebih baik secara online. Salah satu strategi bisa dipakai adalah memanfaatkan Google Bussines Profile atau Profil Bisnis Google. Apa itu?

Profil Bisnis Google (Google Business Profile) adalah layanan untuk mencantumkan informasi tentang profil bisnis di hasil penelusuran dan Maps Google. Cantuman dapat berupa nama, alamat, nomor telepon, jam operasi, situs web, dan foto. Pemilik bisnis juga dapat memposting pembaruan, menanggapi ulasan, dan melacak bagaimana pelanggan berinteraksi.

Seperti namanya, layanan ini khusus disediakan untuk pelaku bisnis, mulai dari skala kecil hingga besar. Termasuk UMKM.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tujuan utama dari platform ini adalah untuk meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencarian Google mulai dari skala lokal (daerah), nasional, hingga global.

Bedanya dengan Google Bisnisku?


Google Bisnisku (Google My Business) adalah nama sebelumnya dari Google Business Profile (GBP). Perubahan nama ini adalah bagian dari upaya Google membuatnya sebagai produk yang lebih relevan saat ini.

Perbedaan Google Profil Bisnis dengan Google Bisnisku adalah pada pengelolaanya saja. Profil Bisnis kini sudah terintegrasi dengan mesin pencari (Search) dan peta (Maps). Sementara Google Bisnisku, sebelumnya butuh dikelola dari situs terpisah atau melalui aplikasi khusus.

Singkatnya, pelaku bisnis yang mendaftarkan profilnya saat ini dapat mengelola listingan mereka langsung dari Google Search dan Google Maps.

Cara ini diklaim lebih memudahkan pengguna untuk menjaga informasi mereka up-to-date dan melacak bagaimana pelanggan berinteraksi dengan listingan mereka.

Apakah Google Profil Bisnis Berbayar?


Google Profil Bisnis dipastikan tidak berbayar alias gratis. Pengguna juga tidak memerlukan persyaratan khusus untuk mendaftarkan bisnisnya menggunakan layanan ini.

Pengguna hanya butuh alamat email (akun Google) untuk mendaftar. Bisa pakai akun lama atau buat yang baru.

Pengguna kemudian dapat memasukkan nama bisnis, pilih kategori bisnis, masukkan alamat dan nomor telepon bisnis, dan tambahkan link ke situs web bisnis bila ada.

Setelah itu tinggal klik "Buat profil".

Keuntungan Pakai Google Business Profile


Seperti disebutkan sebelumnya, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat dengan menggunakan Profil Bisnis di Google.

Sebagai rangkuman singkat, berikut beberapa keuntungan menggunakan Google Profil Bisnis:

Visibilitas Bisnis yang Meningkat: Bisnis kamu akan lebih dilihat orang atau calon pelanggan yang sedang menelusuri sesuatu bisnis lokal yang terkait dengan usaha yang sedang kamu kelola. Baik itu di Google Penelusuran atau Google Maps.

Lebih Banyak Prospek dan Pelanggan: Google Profil untuk Bisnis dapat membantu menarik pelanggan baru dan menghasilkan prospek.

Layanan pelanggan yang ditingkatkan: Kamu dapat menggunakan Profil di Google Bisnis untuk menjawab pertanyaan dari calon pelanggan dan menyelesaikan masalah apa pun yang mungkin mereka miliki.

Reputasi online yang lebih baik: Profil di Google Bisnis dapat membantu kamu membangun reputasi online yang positif dan menarik lebih banyak pelanggan.

Ia juga menampilkan ulasan dari pelanggan, sehingga mendorong kamu untuk lebih baik dalam memberikan pelayanan.

Membantu Pelanggan: Profil bisnis berguna untuk membantu calon pelanggan mendapatkan informasi lebih baik mengenai usaha kamu.

Kamu bisa menampilkan jam buka usaha, layanan apa saja yang ditawarkan, hingga menambahkan foto tentang keberadaan maupun kegiatan bisnis yang kamu jalankan.

Fitur Google Business Profile


Google Profil Bisnis (GPB) menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu bisnis meningkatkan kehadiran online mereka dan menarik pelanggan baru.

Beberapa fitur ini meliputi:

Manajemen Daftar: Pemilik bisnis dapat menggunakan GPB untuk menambah dan memperbarui informasi bisnis mereka, seperti alamat, nomor telepon, jam operasi, dan situs web.

Mereka juga dapat menambahkan foto dan video ke daftar mereka, dan menanggapi ulasan.

Penelusuran Lokal: Daftar GBP ditampilkan dengan jelas di Google Penelusuran dan Maps. Ini bisa membantu bisnis menarik pelanggan baru yang menelusuri bisnis seperti milik mereka.

Keterlibatan Pelanggan: Pelaku bisnis dapat menggunakan GBP untuk memposting pembaruan, menanggapi ulasan, dan menjawab pertanyaan dari calon pelanggan.

Ini dapat membantu bisnis membangun hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan reputasi online mereka.

Analitik: GBP memberi pelaku bisnis data analitik tentang bagaimana pelanggan berinteraksi dengan cantuman mereka.

Informasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan daftar dan menarik lebih banyak pelanggan.

Kesimpulan


Google Profil Bisnis atau Google Business Profile adalah layanan gratis untuk pelaku usaha mencantumkan informasi tentang bisnis mereka di hasil penelusuran dan Maps Google. Baik itu berupa nama, alamat, nomor telepon, jam operasi, situs web, dan foto.

Keuntungan dari menggunakan layanan ini adalah meningkatkan visibilitas usaha di mesin pencarian Google.

Sehingga, ketika seseorang sedang mencari suatu bisnis tertentu lewat Google Search, usaha kamu bisa muncul sebagai referensi.

Ini tentu saja berpotensi meningkatkan reputasi serta jumlah pelanggan kamu.

Layanan ini dulunyabernama Google Bisnisku (Google My Business) dan kini diubah menjadi Google Profil Bisnis.

Perbedaan utama dari keduanya adalah layanan kali ini tidak lagi dikelola lewat situs terpisah atau via aplikasi.

Karena sekarang sudah terintegrasi dengan mesin pencari Google Search dan peta.

Demikian informasi seputar apa itu Profil Bisnis di Google. Semoga membantu.

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
May 22, 2023 at 05:15PM
https://ift.tt/JQs4ica

Apa Itu Profil Bisnis Google? Bedakah dengan Google Bisnisku | ruangtekno - ruangtekno
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/sdLSxb8
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apa Itu Profil Bisnis Google? Bedakah dengan Google Bisnisku | ruangtekno - ruangtekno"

Post a Comment

Powered by Blogger.