Search

Kian Diminati, Bisnis Ecoprint di Semarang Ini Bisa Raup Omzet Puluhan Juta Rupiah Per Bulan - Tribun Jateng

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bisnis ramah lingkungan dalam beberapa tahun terakhir kian bermuculan. Di bidang fesyen, satu di antara yang kini menjadi tren yakni produk-produk ecoprint, yaitu produk yang dibuat dengan teknik cetak menggunakan pewarna kain alami.

Erna Wahyuningsih (50) adalah satu di antara pelaku bisnis itu. Pemilik brand Fuchsia dari Sambiroto, Semarang itu mengaku bahkan mampu meraup omzet hingga puluhan juta rupiah per bulan dari usaha ramah lingkungan yang ia kelola.

"Awalnya tidak serius, hanya untuk mengisi kegiatan. Tapi waktu pertama posting, laku. Akhirnya produksi semakin berkembang. 

Omzet alhamdullillah iya (sampai puluhan juta). (Penjualan) terus meningkat," kata Erna kepada tribunjateng.com, Rabu (17/5/2023).

Erna di sisi itu bercerita, bisnisnya itu ia mulai sejak tahun 2019. Menurutnya, untuk menghasilkan produk-produk ecoprint ia sebelumnya belajar secara autodidak sejak tahun 2018.

"Setelah belajar itu langsung produksi. Awalnya hasilnya hanya samar-samar. Itu yang memacu kami untuk berusaha mencari tahu apa yang salah hingga akhirnya menemukan ramuan sendiri," ujarnya.

Erna mengatakan, awalnya, produk awal ia buat sudah mendapat respon positif dari masyarakat. Ia mulai menjual produk-produk fesyen buatannya itu ke tetangga-tetangganya dan di status WhatsApp serta sosial media.

Menurut dia, banyak di antara mereka yang membeli yang kemudian penjualan pun makin meningkat.

"Pertama tetangga, kalau ada tamu dibelikan oleh-oleh di tempat kami, dijadikan buah tangan. Lama-lama banyak yang tahu, akhirnya getok tular.

Karyawan kemudian makin banyak. Awalnya satu, kemudian dua, sekarang jadi lima orang karena orderan banyak dan prosesnya cukup lama sampai 5 hari (untuk satu produk)," ujarnya.

Erna lantas berujar, produk yang ia hasilkan sendiri mulai dari pakaian, topi, mukena, sandal, hingga tas.

Adapun produk-produk itu ia jual mulai puluhan ribu sampai jutaan rupiah.

Ia mengatakan, harga puluhan ribu yakni berupa gantungan kunci berasal dari perca kulit dibanderol Rp 50.000 per pcs.

Kemudian, untuk kain maupun pakaian jadi ia jual mulai Rp 250.000 - Rp350.000.

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
May 18, 2023 at 07:44PM
https://ift.tt/IoqKjTt

Kian Diminati, Bisnis Ecoprint di Semarang Ini Bisa Raup Omzet Puluhan Juta Rupiah Per Bulan - Tribun Jateng
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/HL9yvCJ
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kian Diminati, Bisnis Ecoprint di Semarang Ini Bisa Raup Omzet Puluhan Juta Rupiah Per Bulan - Tribun Jateng"

Post a Comment

Powered by Blogger.