Search

Kisah Pria Batak Sukses Bisnis Kuliner saat Pandemi di London, Tawarkan Sate di Jalan - Merdeka.com

Kisah Pria Batak Sukses Bisnis Kuliner saat Pandemi di London, Tawarkan Sate di Jalan Pinondang Sinaga, pemilik bisnis kuliner Indonesia di London. ©2023 youtube.com/@radityadika

Merdeka.com - Menjalankan bisnis kuliner di masa pandemi yang lalu terbukti sulit. Tak sedikit restoran atau warung yang terpaksa gulung tikar, karena aturan ketat untuk keluar rumah atau bersantap di tempat umum.

Mereka yang menjalankan bisnis kuliner di luar Indonesia pun merasakan kesulitan yang sama. Namun, tak semuanya gagal bertahan.

taboola mid article

Seorang pria berdarah Batak, Pinondang Sinaga berhasil mempertahankan bisnis kuliner Indonesia di London selama pandemi. Saat ini, ia bahkan baru membuka satu bisnis kuliner lagi untuk memperkenalkan masakan Indonesia di Inggris.

2 dari 4 halaman

Awalnya Bagi-Bagi Sate di Pinggir Jalan London

pinondang sinaga pemilik bisnis kuliner indonesia di london

sate racikan Pinondang Sinaga di restoran Toba ©2023 youtube.com/@radityadika

Melalui channel YouTube milik Raditya Dika (10/3/2023), Pinondang Sinaga bercerita tentang suka dukanya mengelola Pino's Warung. Warung yang menyajikan nasi Padang dan bakso itu cukup diterima warga London.

Pino—sapaan Pinondang—bahkan mampu mempertahankan warungnya di tengah gempuran pandemi. Padahal, tak sedikit bisnis di London yang mengalami kesulitan saat pandemi.

Buat memperkenalkan kuliner Indonesia, awalnya Pino bagi-bagi sate di pinggir jalan. Setiap orang yang lewat diminta untuk mencoba sate atau bakso bikinannya. Tak lupa, ia menjelaskan tentang asal-usul dan ciri khas kuliner tersebut.

Awalnya, warung Pino bahkan tak memiliki bangku. Setelah beberapa lama, barulah ia bisa menambahkan tempat bersantap yang lebih layak.

3 dari 4 halaman

Baru Buka Empat Bulan, Langsung Pandemi

pinondang sinaga pemilik bisnis kuliner indonesia di london

Pinondang Sinaga, pemilik bisnis kuliner Indonesia di London ©2023 youtube.com/@radityadika

Memperkenalkan kuliner Indonesia yang memiliki rasa dan penampilan sangat berbeda dengan masakan barat tentu menjadi tantangan tersendiri. Namun, bukan cuma itu rintangan yang dihadapi Pino. Baru beberapa bulan setelah Pino's Warung buka, pandemi langsung melanda.

"Saya buka 2019, Desember sebelum pandemi," ceritanya kepada Raditya Dika. Pino pun mengaku stres memikirkan kelangsungan bisnisnya. Pasalnya, ia sudah menginvestasikan seluruh uangnya untuk warungt tersebut.

Untunglah, warung bikinan Pino masih bertahan hingga sekarang. Apalagi, pemerintah Inggris sempat memberi subsidi untuk bisnis-bisnis kecil selama pandemi. Ia mengaku cukup beruntung, karena sebagai orang Indonesia tetap diberi bantuan.

4 dari 4 halaman

Pede dengan Cita Rasa Indonesia

pinondang sinaga pemilik bisnis kuliner indonesia di london

Toba, restoran Indonesia di London, Inggris ©2023 youtube.com/@radityadika

Setelah sukses memperkenalkan kuliner Indonesia lewat Pino's Warung, Pinondang Sinaga melanjutkan tekadnya untuk mempromosikan kuliner Nusantara. Ia membuka restoran bernama Toba di kawasan St. James's Market, London, Inggris.

Tempat makan itu diklaim sebagai "restoran Indonesia otentik" di tengah London. Beda dari Pino's Warung, Toba menyajikan makanan otentik dari berbagai daerah di Indonesia. Kalau sekarang menu yang tersedia adalah rendang Minang dan ayam betutu khas Bali, tiga bulan kemudian Toba akan beralih ke masakan dari daerah lain.

"Jadi, bener-bener, saya mau mempromosikan Indonesian cuisine di UK," katanya. Saat ditanya apakah ia tak khawatir orang-orang Inggris sulit menerima rasa pedas masakannya, Pino mengaku percaya diri. Ia cukup optimis, meskipun rasa makanan yang ditawarkannya sangat berempah dan pedas.

Rupanya warga Inggris sedang menggandrungi masakan otentik. Bahkan menurut Pino, salah satu restoran Asia yang masuk Top 10 di Inggris adalah restoran masakan Thailand otentik yang masakannya serba pedas. "Mereka udah nggak jaman, makan dibule-bulein. Itu udah 2000's something lah, ya."

Baca juga:
Makanan Indonesia di Luar Negeri yang Populer, Tak Hanya Rendang
Mencicipi Kue Tempel, Jajanan Legendaris dari Tegal
Prosesnya Tradisional, Intip Pembuatan Kudapan Lemang Khas Ramadan di Jakpus
Menikmati Mi Rebus Udang Galah Langkat, Perpaduan Rasa Manis dan Gurih yang Otentik
Kisah di Balik Singkong, Makanan 'Kampung' yang Punya Makna Besar bagi Orang Sunda

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
May 13, 2023 at 11:35AM
https://ift.tt/QSrAq74

Kisah Pria Batak Sukses Bisnis Kuliner saat Pandemi di London, Tawarkan Sate di Jalan - Merdeka.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/BGA3NyW
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kisah Pria Batak Sukses Bisnis Kuliner saat Pandemi di London, Tawarkan Sate di Jalan - Merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.