Search

Bisnis Mulai Pulih, Biaya Sewa Toko di Mal Naik Tahun Ini - detikFinance

Jakarta -

Para pelaku usaha mulai menaikkan biaya sewa toko di mal di 2023. Hal itu dikarenakan tingkat kunjungan pusat perbelanjaan yang sudah mulai pulih dan selama 3 tahun tidak ada kenaikan karena pandemi COVID-19.

Demikian kata Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja di Central Park Mall, Jakarta, Minggu (21/5/2023).

"(Sewa) sudah mulai naik tahun ini karena selama pandemi 3 tahun kita tidak menaikkan harga, malah kadang kita kasih gratis, kasih subsidi. Jadi tahun ini mulai ada peningkatan," kata Alphonzus.

Alphonzus menyebut kenaikan sewa mal akan berbeda-beda di setiap daerah. Dia memastikan kenaikan itu tidak akan lebih dari 10%.

"Kalau mal yang ramai sekali pasti peningkatannya akan lebih tinggi, tapi ada juga kan mal-mal yang tingkat kunjungannya masih belum maksimal. Saya kira kenaikannya hampir sama di seluruh daerah, kenaikannya tidak akan lebih dari 10%," ucapnya.

Alphonzus menyebut pusat perbelanjaan mulai pulih dari pandemi COVID-19, bahkan beberapa tingkat kunjungannya ada yang sudah lebih dari 100% dibandingkan saat pandemi COVID-19. Meskipun, dampak dari kejadian luar biasa itu diakui masih terasa.

"Jadi kalau sebelumnya itu sandang busana paling berat, sekarang saya kira sudah pulih dimulai dari Ramadan tahun lalu. Jadi saya kira sekarang hampir semua sektor sudah mulai kembali normal," bebernya.

"Tapi kenaikan harga sewa harus selektif karena dampak 3 tahun berat ini masih terasa meskipun PPKM-nya sudah dicabut, meskipun COVID-nya sudah mereda, tetapi dampak 3 tahun itu masih terasa berat, belum selesai, jadi kenaikannya memang harus bertahap," tambahnya.

(aid/das)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
May 21, 2023 at 04:30PM
https://ift.tt/s5BUNFd

Bisnis Mulai Pulih, Biaya Sewa Toko di Mal Naik Tahun Ini - detikFinance
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2EmhSHg
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bisnis Mulai Pulih, Biaya Sewa Toko di Mal Naik Tahun Ini - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.