Search

Menilik Model Bisnis AMDK Alternatif yang Bisa Diaplikasikan di Indonesia | merdeka.com - Merdeka.com

Merdeka.com - Konsumsi air minum dalam kemasan (AMDK) terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Hal ini membuat pelaku bisnis AMDK kian bermunculan. Peta persaingan bisnis AMDK ini pun kian beragam. Masing-masing pelaku bisnis menggunakan strategi yang berbeda demi memasarkan produk AMDK buatannya, terutama AMDK dalam kemasan galon guna ulang di Indonesia.

Bicara tentang galon guna ulang di Indonesia, ada hal menarik yang perlu ditilik. Umumnya konsumen yang pertama beli AMDK galon guna ulang, tidak bisa menukar galon dari merek lain. Pembelian galon AMDK pertama kali dijual dengan harga sekitar Rp30.000 sampai Rp40.000. Sementara saat penukaran kembali dengan merek yang sama, hanya akan dikenakan tarif Rp19.000 sampai Rp20.000 saja.

taboola mid article

Menurut pakar bisnis dan persaingan usaha dari Universitas Indonesia, Tjahjanto Budisatrio dalam diskusi terbatas dengan FMCG Insights pada Maret 2023, “Praktik non-tukar kembali dalam bisnis AMDK galon bekas pakai sudah begitu umum di Indonesia,” katanya.

Budisatrio kemudian menambahkan jika sebenarnya ada beberapa model bisnis alternatif yang sudah diterapkan di luar negeri, seperti di Australia dan Amerika Serikat. Mereka menggunakan galon sekali pakai yang dapat dihancurkan atau galon guna ulang yang dapat diisi dengan air dari produsen mana saja (model tukar-kembali universal) atau modifikasinya yang berupa sistem pengembalian deposit.

“Salah satu sistem tersebut bisa diterapkan di Indonesia sebagai model bisnis alternatif dari model penjualan non-tukar kembali yang selama ini banyak dijumpai. Khusus dalam sistem tukar-kembali universal, konsumen bisa menukarkan galon merek tertentu dengan galon merek lain atau mengisi galon dengan air dari produsen lain, tanpa biaya tambahan,” pungkasnya.

(*)

[wri]

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
May 25, 2023 at 08:48AM
https://ift.tt/r8mwMFc

Menilik Model Bisnis AMDK Alternatif yang Bisa Diaplikasikan di Indonesia | merdeka.com - Merdeka.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/GmK7yRE
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menilik Model Bisnis AMDK Alternatif yang Bisa Diaplikasikan di Indonesia | merdeka.com - Merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.