Search

Pengertian Lingkungan Eksternal Makro dalam Bisnis, Pahami Faktor Pengaruhnya | merdeka.com - Merdeka.com

Selasa, 16 Mei 2023 09:30 Reporter : Ayu Isti
Pengertian Lingkungan Eksternal Makro dalam Bisnis, Pahami Faktor Pengaruhnya Ilustrasi bisnis. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/violetkaipa

Merdeka.com - Menjalankan sebuah bisnis memang dituntut untuk peka terhadap berbagai unsur-unsur pengaruh yang ada di sekitar. Seperti faktor internal yang modal usaha, kinerja karyawan, hingga berbagai masalah yang ditemui dalam proses produksi atau pengerjaan bisnis.

Selain itu, seorang pelaku bisnis juga harus memperhatikan kondisi lingkungan eksternal makro yang turut memberikan pengaruh. Bahkan, lingkungan eksternal makro memberikan pengaruh yang cukup besar pada kemajuan bisnis yang ada di suatu negara.

taboola mid article

Dalam hal ini, lingkungan eksternal makro merupakan berbagai faktor kekuatan di luar perusahaan yang mempengaruhi operasi bisnis. Mulai dari faktor politik, ekonomi, sosial-budaya, teknologi, faktor lingkungan, hingga hukum. Beberapa faktor ini memberikan dampak yang beragam pada suatu bisnis.

Bagi Anda yang menjalankan sebuah bisnis, penting untuk mengetahui apa itu lingkungan eksternal makro dan bagaimana pengaruhnya terhadap kelangsungan bisnis. Selain itu, Anda juga perlu memahami sifat lingkungan makro yang selalu dinamis atau berubah-ubah.

Di samping itu, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara beradaptasi dengan lingkungan makro secara baik untuk mendukung umur bisnis yang panjang dan terus bertahan. Dari berbagai sumber, berikut pengertian lingkungan eksternal makro dalam bisnis, pengaruh, sifat, hingga kiat beradaptasi, bisa disimak.

2 dari 4 halaman

Pengertian Lingkungan Eksternal Makro

Dalam bisnis, lingkungan eksternal makro merupakan berbagai faktor kekuatan dari luar perusahaan yang memengaruhi operasi bisnis. Karena merupakan faktor luar, maka perusahaan tidak memiliki kendali terhadap gejolak perubahan yang terjadi pada berbagai faktor eksternal tersebut.

berkebun salah satu aktivitas menyenangkan dan ramah lingkungan saat earth day

©2012 homegardeninghowto.com

Beberapa faktor eksternal makro ini meliputi beberapa unsur. Mulai dari politik, ekonomi, sosial-budaya, teknologi, hingga hukum. Berikut penjelasan masing-masing faktor lingkungan eksternal makro yang perlu diperhatikan:

  • Politik: faktor politik merupakan faktor eksternal yang meliputi perubahan kepemimpinan negara, kondisi politik suatu negara, masalah korupsi, kebijakan pemerintah, hingga program kesejahteraan masyarakat.
  • Ekonomi: merupakan faktor-faktor yang ada di bidang ekonomi, seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, fluktuasi suku buang, indeks saham, harga obligasi, hingga tingkat pengangguran di suatu negara.
  • Sosial-Budaya: faktor sosial budaya berupa pertumbuhan populasi penduduk, komposisi demografi, selera atau preferensi masyarakat, pendapatan, hingga gerakan migrasi.
  • Teknologi: yaitu faktor eksternal yang mendapat pengaruh dari internet dan perkembangan teknologi lainnya yang ada di masyarakat.
  • Faktor Lingkungan: yaitu faktor eksternal yang meliputi bencana alam, pemanasan global, hingga populasi yang terjadi di lingkungan sehari-hari.
  • Hukum: yaitu faktor eksternal yang berasal dari aturan hukum seperti peraturan persaingan, perlindungan konsumen, persyaratan kesehatan produk, peraturan emisi karbon, hingga berbagai kebijakan perdagangan.

Beberapa faktor eksternal tersebut tidak hanya bersifat lokal atau nasional di suatu negara, tetapi juga bisa mencakup skala global. Bagaimana dinamika faktor politik, ekonomi, sosial-budaya, teknologi, hingga lingkungan secara global dapat berpengaruh pda kondisi bisnis di setiap negara.

3 dari 4 halaman

Sifat dan Pengaruh Lingkungan Eksternal Makro

Setelah memahami pengertian lingkungan eksternal makro, berikutnya akan dijelaskan bagaimana sifat dan pengaruh lingkungan eksternal makro pada bisnis. Karena merupakan faktor-faktor dari luar, lingkungan eksternal makro memiliki sifat yang dinamis atau berubah-ubah setiap waktu. Perubahan inilah yang sering kali memberikan ketidakpastian dalam bisnis.

Di mana, berbagai faktor yang terdapat dalam lingkungan eksternal makro memberikan dampak yang bermacam-macam dalam bisnis. Secara umum, faktor eksternal tersebut dapat mempengaruhi keputusan, tingkat keuntungan, dan fungsi perusahaan.

Karena bersifat dinamis dan perubahannya tidak bisa ditebak, maka setiap pelaku bisnis harus dapat peka membaca situasi lingkungan eksternal yang sedang terjadi. Dengan kepekaan ini, Anda bisa lebih memahami bagaimana cara mengatasi setiap masalah yang ditimbulkan dari masing-masing faktor. Sehingga setiap pelaku bisnis dituntut untuk selalu siap terhadap perubahan.

4 dari 4 halaman

Cara Beradaptasi dengan Lingkungan Eksternal Makro

Setelah mengetahui pengertian lingkungan eksternal makro, sifat, dan pengaruhnya, terakhir akan dijelaskan bagaimana cara beradaptasi dengan perubahan yang ada. Syarat utama bagi pelaku bisnis, seperti yang disebutkan, yaitu harus memiliki kepekaan dalam membaca situasi terkini. Bagaimana sistem politik yang terjadi, kondisi ekonomi, sosial-budaya, hingga lingkungan.

Selain itu, Anda juga perlu mengembangkan beberapa langkah adaptasi secara riil untuk mempertahankan kehidupan bisnis. Berikut beberapa cara beradaptasi dengan lingkungan eksternal marko, yang perlu dilakukan:

  • Mengidentifikasi faktor-faktor eksternal yang sering mengalami perubahan dan ketidakpastian. Identifikasi pula beberapa faktor yang paling berpengaruh besar pada perusahaan.
  • Menentukan tren dari masing-masing faktor, dengan membaca apakah pergerakan faktor eksternal menuju ke arah yang menguntungkan atau justru merugikan.
  • Kelompokkan faktor-faktor ke dalam kategori “peluang” dan “ancaman”.
  • Melakukan evaluasi setiap peluang dan ancaman terhadap kinerja perusahaan. Selain itu, identifikasi pula kemungkinan masalah yang dapat terjadi dan buat rencana solusi yang bisa dilakukan.

Setelah melakukan beberapa cara adaptasi di atas, kemudian Anda bisa membuat analisis SWOT agar bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas. Dengan analisis SWOT, Anda bisa memetakan dan menghubungkan peluang serta ancaman dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan.

Sehingga Anda bisa mencari solusi yang tepat dna efektif dalam menghadapi berbagai permasalahan bisnis.

[ayi]

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
May 16, 2023 at 09:30AM
https://ift.tt/XKM5rTR

Pengertian Lingkungan Eksternal Makro dalam Bisnis, Pahami Faktor Pengaruhnya | merdeka.com - Merdeka.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/N97Azy8
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pengertian Lingkungan Eksternal Makro dalam Bisnis, Pahami Faktor Pengaruhnya | merdeka.com - Merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.