Search

Om Bob Gak Pernah Cari Cuan, Dia Malah Cari Rugi di Bisnis - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Bukan Bob Sadino namanya kalau ajarannya tidak nyeleneh. Salah satunya adalah ajaran berbisnis yang cari rugi ketimbang untung.

Dalam Belajar Goblok dari Bob Sadino (2017:117) yang ditulis oleh Dodi Mawardi, Bob Sadino mengatakan bahwa banyak yang tidak percaya dengan konsep bisnis cari rugi miliknya.

"Kepada siapa pun saya menyatakan ini, mereka pasti tidak percaya. Tidak bisa masuk akal mereka. Omong kosong katanya. Masa iya berbisnis mencari rugi?," ungkap Bob Sadino.

Om Bob menerangkan maksudnya dengan mengambil perumpamaan mengenai gelas yang diisi setengah. Akan ada dua pendapat, yakni gelas setengah kosong dan gelas setengah isi atau bisa setengah isi dan setengah kosong.

Semua jawaban di atas adalah benar semua tergantung cara pandang masing-masing dan tidak bisa disalahkan.

Saat berbisnis, semua pasti menginginkan keuntungan. Tapi ketika mencari untung, seringkali juga harus menemui kerugian.

Jika dihubungkan dengan perumpamaan gelas tadi dengan berbisnis. Ucapan Om Bob menjadi masuk akal. Ini soal beda perspektif.

Jika mencari untung ketemunya rugi, maka saat mencari rugi juga akan bertemu untung.

"Jadi kenapa Anda bilang kalau saya berbisnis mencari rugi tidak masuk akal? Bukankah meskipun saya mencari rugi, tidak selamanya akan rugi? Goblok Anda!," tutur Om Bob.

Jika dimaknai lebih dalam pemikiran Om Bob dapat memberi pelajaran mengenai kebebasan dalam berpikir terutama menjalankan bisnis.

Seringkali dalam memulai bisnis yang dipikirkan hanyalah untung dan untung. Sehingga membuat takut rugi. Padahal rugi adalah hal biasa dalam berbisnis. Pebisnis yang sukses bukan hanya soal kekayaan tetapi berapa kali jatuh dan bisa bangkit lagi membangun bisnis.

Banyak juga yang memiliki niat berbisnis tapi karena takut merugi akhirnya niat itu diurungkan atau tertunda terus karena sibuk di perencanaan bukan aksi.

Jadi jika ingin berbisnis, mulai saja dulu dan jangan takut rugi. Kalau perlu cari rugi itu sehingga keuntungan akan menghampiri.

 


[Gambas:Video CNBC]

(aak/aak)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
May 30, 2023 at 09:00AM
https://ift.tt/n4sr6fT

Om Bob Gak Pernah Cari Cuan, Dia Malah Cari Rugi di Bisnis - CNBC Indonesia
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/0FetiHG
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Om Bob Gak Pernah Cari Cuan, Dia Malah Cari Rugi di Bisnis - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.