Search

Presiden Disarankan Pilih Menkominfo Yang Harus Jauh dari Kepentingan Bisnis - Jawa Pos - JawaPos

JawaPos.com - Dugaan kasus korupsi Base Transceiver Station (BTS) menyeret Menkominfo Johnny G. Plate. Padahal proyek pembangunan 1.200 proyek pemancar sinyal itu untuk mewujudkan tol langit alias kemudahan akses internet di wilayah Indonesia.

Ke depan, proyek pembangunan tol langit itu harus tetap dilanjutkan, karena sudah menelan banyak anggaran. Untuk memimpin proyek tersebut, tetap harus ada menkominfo defenitif.

Komisioner Ombudsman periode 2016-2021 Ahmad Alamsyah Saragih mengatakan, penangkapan Menteri Johnny membuat jabatan Menkominfo kosong. Untuk itu, Presiden Jokowi diminta dapat segera menunjuk penggantinya. Jika presiden tidak menetapkan Menkominfo defenitif, maka bisa memicu industri telekomunikasi jadi tertekan.

"Jika industri telekomunikasi tertekan akan berpotensi membuat perekonomian nasional tergangu," ungkap Ahmad Alamsyah Saragih kepada wartawan, Jumat (19/5).

Apalagi, kata Alamsyah, kerugian negara yang ditimbulkan dari korupsi BTS 4G BAKTI Kominfo mencapai Rp 8 triliun. "Penangkapan dan penetapan tersangka Menkominfo harus dijadikan Kejagung sebagai momentum penegakan hukum dan bersih-bersih di pemerintahan,” ucap Alamsyah.

Baca Juga: Nama Hary Tanoesoedibjo Mencuat Jadi Kandidat Menkominfo

Sejatinya, sambung dia, pembangunan BTS yang dilakukan BAKTI Kominfo merupakan cita-cita mulia dari Presiden Jokowi. Tujuannya, agar seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati broadband. Proyek itu mesti dilanjutkan. Hanya saja ketika tak ada Menkominfo, maka dikhawatirkan pembangunan tol langit jadi mangkrak.

Padahal, jika tol langit jadi terwujud, ekonomi digital Indonesia dapat berkembang. Alamsyah berharap Presiden Jokowi dapat memilih kandidat Menkominfo yang mengerti betul industri ICT dan tidak memiliki konflik kepentingan di bisnis yang saat ini.

Sebaliknya, jika Presiden Jokowi memilih calon Menkominfo yang memiliki bisnis terkait dengan industri yang diawasi oleh Kemenkominfo, hal itu bisa memastikan akan banyak regulasi yang dikeluarkan Kemenkominfo bernuansa kepentingan pihak tertentu.

Baca Juga: Jadi Tersangka Kasus BTS 4G, Segini Total Harta Menkominfo Johnny Plate

Dia menyarankan, menkominfo ke depan pelaku langsung industri penyiaran dan telekomunikasi. Waktu tersisa dalam penuntasan proyek tol langit sangat singkat di periode pemerintahan saat ini. Untuk itu, menkominfo ke depan mesti memiliki tiga kriteria. Yaitu, berkemampuan negosiasi bisnis, merestrukturisasi pembiayaan proyek yang ada, dan relatif bebas dari benturan kepentingan. "Semua bergantung keputusan presiden. Itu hak prerogatif beliau,” kata Alamsyah.

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
May 19, 2023 at 03:37PM
https://ift.tt/EhspiNP

Presiden Disarankan Pilih Menkominfo Yang Harus Jauh dari Kepentingan Bisnis - Jawa Pos - JawaPos
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/Gt7Qun3
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Presiden Disarankan Pilih Menkominfo Yang Harus Jauh dari Kepentingan Bisnis - Jawa Pos - JawaPos"

Post a Comment

Powered by Blogger.