Search

8 Kunci Keberhasilan Bisnis Siti Khadijah, Bisa Jadi Teladan Calon Pengusaha - detikHikmah

Jakarta - Siti Khadijah merupakan istri pertama Rasulullah SAW yang dikenal sebagai sosok saudagar kaya sekaligus pebisnis wanita hebat. Keahliannya dalam berbisnis sudah diajarkan sejak kecil oleh ayahnya, Khuwailid, sehingga menjadikannya begitu dikenal di kalangan bangsa Quraisy.

Dikisahkan dalam buku Fiqh Islam bagi Muslimah Karier oleh Rizem Aizid, sebelum menikah dengan Rasulullah SAW, Siti Khadijah pernah menjalin bisnis dengan Negeri Syam. Sebagai seorang muslimah, karirnya terbilang sangat sukses hingga menjadi salah seorang terkaya pada zamannya.

Lantas, apa saja kunci keberhasilan bisnis Siti Khadijah? Berikut ini di antaranya merangkum dari buku Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Kisah Istri-istri Nabi Muhammad SAW karya Herwanti & Sutarman dan buku Perempuan-perempuan Surga karya Imron Mustofa.

Kunci Keberhasilan Bisnis Siti Khadijah

1. Menjalankan Bisnis dengan Keimanan

Siti Khadijah dalam menjalankan bisnisnya senantiasa disertai dengan tingginya keimanan dan keteguhan hati. Hal ini selaras dengan prinsip bahwa semakin seseorang mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, maka pintu rezeki akan terbuka.

Khadijah sejak kecil juga dididik di keluarga bangsawan yang berhati mulia sehingga melekatlah jiwa spiritual sebelum cahaya Islam masuk di kehidupannya.

2. Pandai Mengelola Modal

Kunci keberhasilan bisnis Siti Khadijah salah satunya disebabkan oleh kepandaiannya dalam mengelola modal. Khadijah semakin giat menekuni bisnisnya setelah ayahnya meninggal sehingga tentunya ia harus pandai mengelola modal, baik modal materi maupun non materi.

Modal materinya, yaitu harta yang ia peroleh dari warisan kedua orang tuanya. Sedangkan modal non materi berasal dari kepandaiannya dalam mencari pegawai atau sumber daya manusia yang bisa diajak untuk berbisnis.

3. Selektif dalam Memilih Pegawai

Dalam memilih pegawai, Siti Khadijah selalu selektif dan mencari seseorang yang dapat dipercaya. Misalnya, ketika ia menunjuk Nabi Muhammad SAW sebagai karyawan barunya untuk memimpin kafilah dagang.

Khadijah tidak segan memberikan tugas dan tanggung jawab yang tinggi pada karyawannya sebab Nabi Muhammad memiliki tanggung jawab yang tinggi dan dapat dipercaya.

4. Mengatur Bisnis dengan Sistem Upah

Dalam mengatur bisnisnya, Khadijah membelanjakan sebagian keuntungannya untuk membeli barang-barang dagangan. Kemudian ia merekrut beberapa pekerja untuk menjual dan memasarkan barang dagangan ke luar Makkah, seperti ke Yaman dan Syam.

Tentu saja, Khadijah memberikan upah yang layak bagi para pekerjanya. Semakin banyak barang dagangan yang berhasil dijual oleh pekerjanya, ia akan memberikan upah yang lebih besar. Ia pun selalu membayar pekerjanya dengan tepat waktu dan jumlah upah yang seharusnya.

5. Menjalin Mitra Bisnis dan Jaringan

Sebagai kunci keberhasilannya, Siti Khadijah memperbesar pasar dengan menjalin mitra bisnis dan jaringan. Tentu, ia perlu mengeluarkan banyak modal untuk mengembangkan usahanya dengan cara ini.

Khadijah juga memiliki kemampuan mengatur pengeluaran dan pemasukan dengan sangat baik. Ia pandai mengalokasikan keuntungannya untuk beberapa hal yang dianggap perlu dalam pengembangan bisnisnya.

6. Mengembangkan Bisnis dengan Sistem Bagi Hasil

Kunci keberhasilan bisnis Siti Khadijah dalam berbisnis ia lakukan dengan menggandeng mitra bisnis dan melakukan bagi hasil dengan mereka. Ia menginvestasikan modalnya atau menitipkan barang dagangan kepada pedagang lain kemudian titipan mudal itu kelak akan digitung dengan sistem bagi hasil.

Demikian pula dengan jumlah barang yang terjual, Khadijah akan menghitung uang dengan bagi hasil yang adil.

7. Pandai Membaca Peluang dan Pasar

Dalam berbisnis, Siti Khadijah juga pandai membaca peluang dan pasar. Meski memiliki harta yang berlimpah, ia tidak menggunakan uangnya dengan sembarangan atau bermewah-mewahan.

Sebaliknya, Khadijah menggunakan kekayaannya untuk menambah uang modal bisnis dan membantu orang. Selain itu, ia juga pandai memperkirakan kapan barang dagangannya harus dijual dengan melihat pasar yang tepat.

8. Membangun Sikap Terpuji dalam Berdagang

Bagi Khadijah, sikap terpuji dalam berdagang merupakan sebuah keharusan yang sangat penting dalam kesuksesan bisnisnya. Khadijah menerapkan sikap-sikap terpuji dalam menjalankan bisnisnya dan menghimbau hal yang sama kepada para pekerjanya.

Sebab, tanpa perilaku terpuji, perjalanan perniagaan seseorang tidak akan berjalan dengan baik. Seorang pedagang harus memiliki kejujuran, amanah, ulet, cerdas dan memiliki spiritualitas yang matang.

Itulah 8 kunci keberhasilan bisnis Siti Khadijah yang bisa menjadi teladan bagi calon pengusaha. Semoga bermanfaat ya, detikers!

Simak Video "Sempat Vakum di Hiburan, Brandon Salim Sibuk Bangun Bisnis"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/dvs)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
June 03, 2023 at 11:00AM
https://ift.tt/wU5vyEQ

8 Kunci Keberhasilan Bisnis Siti Khadijah, Bisa Jadi Teladan Calon Pengusaha - detikHikmah
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2IJCLjm
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "8 Kunci Keberhasilan Bisnis Siti Khadijah, Bisa Jadi Teladan Calon Pengusaha - detikHikmah"

Post a Comment

Powered by Blogger.