Search

Fajar Syamsudin, Mantan Pekerja Kafe yang Kini Menekuni Bisnis Motor Klasik - Jawa Pos - JawaPos

Keahlian mengutakatik motor menjadi modal utama bagi Fajar Syamsudin memulai bisnis jual beli motor klasik. Berselang tiga tahun, sekitar 100 unit motor lawas sudah berhasil dia jual.

LUDRY PRAYOGA, Gresik

Di showroom motor klasik yang berlokasi di Jalan Banjarsari–Suci, Manyar, Honda Astra 90 menjadi primadonanya. Sepeda motor keluaran 1969 itu terlihat kinclong dan masih sangat terawat.

Pada eranya, motor 4 tak tersebut merupakan kuda besi pertama buatan Jepang. Saat berkunjung ke Indonesia pada 2017, pembalap Moto GP Marc Marquez sempat berfoto dengan motor Honda Astra 90. Saat ini, di tengah gempuran motor matik, sudah sangat jarang menemui pengguna motor itu.

Baca Juga: Modus Sewa Mobil, Pria Ini Malah Jual dengan Harga Rp 15 Juta

Kecuali para penghobi motor klasik yang masih setia memakainya. Bintang kedua yang ada di showroom itu adalah Suzuki FR 80. Dibuat pada 1973. Mesinnya 2 tak. Pada masanya, motor bebek tersebut bersaing ketat dengan Yamaha V80 dan Honda Super Cup C70.

’’Banyak yang hendak membeli, namun harganya masih belum cocok,’’ ucap Fajar Syamsudin, pemilik diler Gresik Motor Jadul.

Fajar telah menjual ratusan motor lawas ke berbagai daerah. Bisnis itu baru dimulai sejak tiga tahun terakhir, terhitung sejak 2020. Dulu dia karyawan kafe yang di-PHK karena pandemi Covid-19. ’’Omzet kafe turun. Akhirnya, saya diberhentikan,’’ kenangnya.

Awalnya memang berat. Sebab, Fajar harus membiayai istri dan tiga anaknya. Uang tabungan kian menipis. Namun, dapur harus tetap mengepul. Pada saat kepepet, Fajar mendapatkan ide setelah melihat motor Honda Astrea Legenda milik mertuanya. Motor itu tidak terawat karena jarang dipakai.

Baca Juga: Lionel Messi Lampaui Rekor Dunia Milik Cristiano Ronaldo

’’Saya izin mertua merestorasi motor lama, niatnya untuk dijual lagi. Alhamdulillah dapat izin,’’ paparnya.

Berbekal hobi utak-atik motor saat masih sekolah dulu, perlahan sepeda motor itu direstorasi. Bodi yang sudah rapuh diganti sesuai aslinya. Mesin diservis. Berselang satu bulan, motor Honda Astrea Legenda milik mertuanya kembali baru. ’’Ternyata, ada yang nawar. Harganya lumayan,’’ ujarnya, disusul tawa.

Sejak saat itulah tekadnya untuk berbisnis motor jadul kian kuat. Pelan namun pasti, Fajar mulai membeli motor tua, membenahinya, dan mendapatkan untung dari penjualan motor tersebut. Hingga dia memberanikan diri mendirikan showroom. Saat ini motor yang laku terjual diperkirakan mencapai 100 unit lebih.

’’Mayoritas peminat justru dari wilayah Jawa Barat dan Jakarta. Alhamdulillah, pesanan terus naik,’’ bebernya.

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
August 03, 2023 at 07:50AM
https://ift.tt/zAMew31

Fajar Syamsudin, Mantan Pekerja Kafe yang Kini Menekuni Bisnis Motor Klasik - Jawa Pos - JawaPos
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/WXrq3Iu
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fajar Syamsudin, Mantan Pekerja Kafe yang Kini Menekuni Bisnis Motor Klasik - Jawa Pos - JawaPos"

Post a Comment

Powered by Blogger.