Search

Empat Alasan Utama Badai PHK di Amerika Terus Berlanjut - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Pengamat dari Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan tren pemutusan hubungan kerja (PHK) di Amerika Serikat akan terus berlanjut. Apa penyebabnya?

"Tren PHK bakal terus berlanjut dengan empat penyebab utama," kata Bhima melalui keterangan tertulis pada Tempo, Senin, 23 Januari 2023.

Penyebab pertama adalah berkurangnya pendapatan iklan dan layanan premium perusahaan digital karena ancaman resesi ekonomi, terutama basis pelanggan di negara seperti Amerika Serikat dan Eropa.

Baca juga: PHK di Amerika Bulan Ini Mencapai 60 Ribu, Google dan Microsoft Pangkas Karyawan

Kedua, perubahan pola konsumsi yang sebelumnya full online pada saat pandemi Covid-19, akhirnya saat ini kembali ke belanja secara fisik. "Ketiga, tekanan suku bunga yang naik membuat investor menghindari pembelian aset perusahaan teknologi karena dianggap terlalu berisiko," papar Direktur Celios ini.

Penyebab terakhir, beberapa perusahaan melihat situasi ekonomi saat ini sebagai kesempatan untuk menutup lini usaha yang tidak menjanjikan atau tidak profit. "Tren konsolidasi perusahaan global akan berlanjut setidaknya hingga kondisi ekonomi membaik," tutur Bhima.

Dia melanjutkan, dampak PHK di Amerika tersebut terhadap perekonomian langsung terasa, terutama di perusahaan Amerika yang punya cabang usaha di Indonesia. 

Ia mengatakan, sejauh ini dampak PHK baru dirasakan ke sebagian kecil sektor jasa keuangan dan digital. "Situasi di Amerika Serikat memang perlu diwaspadai, tapi dalam lima tahun terakhir sebenarnya ekonomi Indonesia lebih bergantung dengan China, Jepang, dan Korea Selatan," bebernya.

Sementara itu, Forbes mencatat sekitar 60.000 karyawan di Amerika terkena PHK sepanjang Januari 2023.  Sedangkan menurut Business Insider, lebih dari 55 ribu pekerja teknologi dari 154 perusahaan telah di-PHK. Jumlah ini lebih banyak ketimbang jumlah PHK dalam enam bulan pertama 2022. 

Baca juga:  PHK Massal Raksasa Teknologi di Awal 2023, Tahun Ini Jadi Terburuk Bagi Karyawan TI?

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
January 23, 2023 at 12:34PM
https://ift.tt/SQs5Cjm

Empat Alasan Utama Badai PHK di Amerika Terus Berlanjut - Bisnis Tempo.co
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/qljbRFC
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Empat Alasan Utama Badai PHK di Amerika Terus Berlanjut - Bisnis Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.