Search

Kegiatan Bisnis Menggeliat di Tahun Lalu, Ini 3 Bisnis dengan Prospek Menjanjikan di 2023 - MSN

Sejalan dengan meningkatnya kegiatan dunia usaha di kuartal IV-2022, ada tiga sektor bisnis yang memiliki prospek cemerlang di tahun ini. Berikut selengkapnya.. © Husen Miftahudin Sejalan dengan meningkatnya kegiatan dunia usaha di kuartal IV-2022, ada tiga sektor bisnis yang memiliki prospek cemerlang di tahun ini. Berikut selengkapnya..

Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyampaikan, hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan kinerja kegiatan dunia usaha tetap kuat pada kuartal IV-2022. Hal ini tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 10,27 persen, meskipun lebih rendah dari SBT pada kuartal III-2022 sebesar 13,89 persen.

 

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, nilai SBT yang tercatat positif terjadi pada seluruh sektor, kecuali sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, dan perikanan yang menurun. Utamanya subsektor tanaman bahan makanan, gara-gara masuknya musim tanam.

 

"Tetap kuatnya kegiatan dunia usaha pada kuartal IV-2022 ditopang oleh sektor tersier yang tumbuh lebih tinggi, terutama sektor jasa-jasa serta sektor pengangkutan dan komunikasi sejalan dengan peningkatan permintaan saat Natal dan libur akhir tahun," ungkap Erwin dalam keterangan tertulis, Jumat, 13 Januari 2023.

 

Adapun kapasitas produksi terpakai pada kuartal yang sama tetap baik sebesar 70,94 persen, meski relatif menurun dibandingkan kuartal III-2022 sebesar 73,67 persen. Sejalan dengan hal tersebut, penggunaan tenaga kerja juga terindikasi mengalami penurunan.

 

"Sementara itu, kondisi keuangan dunia usaha terindikasi membaik dari seluruh aspek, yaitu aspek likuiditas dan rentabilitas, disertai dengan akses pembiayaan yang lebih mudah," paparnya.

 

Pada kuartal I-2023, responden memprakirakan kegiatan usaha meningkat dengan SBT sebesar 13,66 persen. Peningkatan kegiatan usaha diprakirakan terjadi pada sektor primer dan sekunder, antara lain sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, dan perikanan sejalan dengan masuknya musim panen yang dimulai pada Maret.

 

Sementara itu, peningkatan juga terjadi pada sektor pertambangan dan penggalian, serta sektor industri pengolahan sejalan dengan mulai meningkatnya permintaan yang didukung kapasitas penyimpanan dan ketersediaan sarana produksi.

 

 

Tiga sektor bisnis dengan prospek cemerlang

Sejalan dengan hasil survei tersebut, Cash Management Division Head Bank OCBC NISP Amran Setiawan melihat ada tiga sektor bisnis yang memiliki prospek cemerlang di tahun ini. Ketiganya adalah bisnis di sektor logistik, pendidikan, hingga kesehatan.

 

"Sektor-sektor ini bahkan tidak hanya memiliki potensi dalam berekspansi di 2023, tetapi untuk jangka panjang ke depannya," ungkap Amran beberapa waktu lalu.

 

Ia menjelaskan, sektor logistik memiliki potensi yang besar untuk ekspansi bisnis seiring dengan mobilisasi yang semakin membaik saat ini.

 

Kemudian untuk sektor pendidikan, ekspansi kemungkinan terjadi dalam jangka panjang lantaran sektor tersebut tak ada matinya, alias terus diminati masyarakat seiring kebutuhan kehidupannya.

 

Sama halnya dengan pendidikan, sektor kesehatan juga sangat dibutuhkan masyarakat dan tak pernah mati bahkan saat pandemi covid-19 melanda.

 

*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id*

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
January 13, 2023 at 09:09PM
https://ift.tt/NWT7Uuc

Kegiatan Bisnis Menggeliat di Tahun Lalu, Ini 3 Bisnis dengan Prospek Menjanjikan di 2023 - MSN
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/FhdOZNB
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kegiatan Bisnis Menggeliat di Tahun Lalu, Ini 3 Bisnis dengan Prospek Menjanjikan di 2023 - MSN"

Post a Comment

Powered by Blogger.