Search

Mengenal Usaha Fulfillment, Bisnis Potensial 2023 - Bisnis Tempo.co

INFO BISNIS - Mengenal berbagai jenis bisnis menjadi hal yang wajib untuk Anda ketahui, tidak terkecuali bisnis fulfillment. Bisnis satu ini memiliki peningkatan pesat di tengah minatnya para pelaku bisnis melakukban usaha toko online. Sehingga, bisnis fulfillment menjadi pilihan yang dapat membantu meningkatkan performa penjualan online.

Memulai bisnis fulfillment juga membutuhkan budget sebagai awalan operasional bisnis. Untuk aspek satu ini, Anda memerlukan pinjaman uang di bank dengan bunga rendah agar performa bisnis mencapai target yang diinginkan.

Untuk memulai bisnis jenis ini, ada baiknya jika Anda menyimak penjelasan tentang pengertian bisnis fulfillment beserta layanannya. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan tips untuk mengembangkan bisnis fasilitas sewa gudang menjadi bisnis fulfillment.

Definisi Bisnis Fulfillment dan Layanannya

Bisnis fulfillment adalah istilah baru dalam dunia logistik yang proses transaksi jual-belinya bertujuan untuk pemenuhan pesanan produk pelanggan. Definisi lainnya adalah penyimpanan barang sementara di gudang yang nanti disalurkan oleh jasa fulfillment.

Tujuan terciptanya bisnis fulfillment ini adalah membantu perusahaan yang kewalahan untuk memenuhi orderan tetapi ingin melakukan hemat budget sewa gudang dan upah karyawan. Secara teknis memang terlihat sama antara warehouse dan fulfillment. Namun, ternyata banyak perbedaan di antara keduanya, yaitu:

  • Warehouse hanya menyediakan tempat penyimpanan barang. Fulfillment menyediakan manajemen inventaris juga.
  • Warehouse mengharuskan Anda untuk mengambil barang dan mengirimkannya ke pelanggan. Sedangkan fulfillment menyediakan jasa packing dan delivery

Anda juga wajib mengetahui layanan apa saja yang ada dalam bisnis fulfillment. Tujuannya agar lebih mengetahui alur dari bisnis yang digadang menjadi bisnis potensial pada tahun 2023 ini. Layanan yang Anda perlu lakukan ketika terjun ke bisnis fulfillment adalah sebagai berikut:

  1. Picking (Pengambilan Produk Barang)

Layanan pertama yang ada dalam bisnis fulfillment adalah picking atau pengambilan barang yang sudah siap Anda jual. Bisnis fulfillment ini sangat menguntungkan dari segi efisiensi karena Anda tidak perlu repot mengambil barang sendiri dan dikirimkan ke pelanggan.

Anda hanya perlu mempersiapkan cadangan stok barang agar ketika ingin pick up, barang sudah ready untuk dibawa. Picking ini juga menjadi langkah pertama dari alur bisnis fulfillment yang perlu Anda ketahui.

  1. Inventory Management (Manajemen Pengelolaan)

Sudah dijelaskan sebelumnya jika perbedaan warehouse dengan fulfillment adalah tidak tersedianya manajemen pengelolaan stok barang atau inventory management. Ini yang dapat menjadi keunggulan dari bisnis fulfillment dan yang paling dicari oleh pelanggan.

Proses mengatur, mencatat dan menjaga stok barang merupakan kegiatan yang kompleks dan wajib up to date. Sehingga menjadi suatu tantangan tersendiri bagi bisnis. Namun, keberadaan jasa fulfillment menjadikan semuanya lebih efisien dan efektif.

  1. Packing (Pengemasan Produk Barang)

Jika Anda berniat untuk memulai bisnis fulfillment, maka layanan packing atau pengemasan wajib ada di dalam bisnis Anda. Proses pengemasan ini dilakukan ketika barang datang dan menjadi tombak utama pelayanan yang wajib dilakukan sebaik-baiknya. Hal tersebut karena hal ini ada kaitannya dengan citra barang atau impression di mata pelanggan.

  1. Shipping (Pengiriman Produk Barang)

Layanan bisnis fulfillment yang terakhir adalah shipping atau pengiriman produk barang, yang juga menjadi tahap terakhir dari alur jasa fulfillment. Agar proses shipping berjalan lancar, Anda juga perlu melakukan kerja sama dengan pihak ekspedisi.

Anda juga perlu memperhatikan bahwa barang yang dikirim juga sampai tepat waktu dan dalam keadaan baik di tangan pelanggan. Maka dari itu, tidak heran jika alur terakhir dari proses jasa fulfillment satu ini wajib diperhatikan sedetail mungkin.

 

Tips Mengembangkan Bisnis Sewa Gudang Jadi Bisnis Fulfillment

Jika Anda sudah mengerti tentang definisi bisnis fulfillment beserta layanannya. Maka selanjutnya, apabila Anda memiliki bisnis sewa gudang, dapat dikembangkan menjadi bisnis fulfillment. Bisnis sewa gudang selalu menjadi bisnis yang menjanjikan karena kebutuhan operasional perusahaan.

Namun, seiring berkembangnya kebutuhan perusahaan yang menginginkan efisiensi dan efektivitas bisnis sewa gudang dapat diubah menjadi bisnis fulfillment. Maka dari itu, berikut ini tips untuk mengembangkan bisnis sewa gudang menjadi bisnis fulfillment:

  1. Rencanakan Anggaran Operasional Gudang Fulfillment

Tips pertama adalah merencanakan anggaran operasional untuk mengembangkan gudang fulfillment. Anda dapat mengatur budget dengan pinjaman uang di bank yang tentunya dengan bunga yang rendah. Budget ini yang nantinya akan digunakan untuk berbagai jenis operasional bisnis fulfillment.

Misal, dengan pinjaman 300 juta tanpa jaminan Anda dapat merenovasi gudang fulfillment. Selain itu, Anda juga perlu merencanakan anggaran untuk menciptakan gudang yang proper untuk kebutuhan operasional produk perusahaan lain.

  1. Siapkan Gudang dengan Ukuran yang Sesuai

Kedua, Anda dapat menyiapkan gudang yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan perusahaan lain. Mengembangkan sewa gudang menjadi gudang fulfillment juga harus diperhatikan ukurannya. Misal, di Indonesia rata-rata ukuran gudang adalah 23 x 48 m untuk kebutuhan bermacam-macam produk.

Tujuan dari hal ini adalah agar Anda dapat mengatur posisi atau layout produk apa saja yang akan Anda terima sebagai jasa dari fulfillment. Menentukan pintu masuk dan keluar juga penting untuk alur produk perusahaan yang akan dikelola.

  1. Cari Sumber Daya Manusia yang Kompeten

Karena bisnis gudang fulfillment setiap operasional produk mulai dari picking hingga shipping menjadi tanggung jawab Anda. Maka, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten. Hal ini berkaitan dengan lancarnya proses pengaturan, pengawasan dan penjagaan stok barang dari pengguna jasa gudang fulfillment.

Anda dapat meningkatkan kualitas pelayanan pada aspek SDM ini. Karena SDM yang kompeten akan menghasilkan pelayanan fulfillment yang terbaik dan tentunya akan lebih dipilih oleh para pelanggan. Tingkatkan terus SDM bisnis fulfillment Anda agar semakin banyak perusahaan yang akan menggunakan jasa Anda.

 

Wujudkan Bisnis Fulfillment dengan Pinjaman Uang di Bank

Bisnis fulfillment menjadi salah satu bisnis paling potensial pada tahun 2023. Maka dari itu, jangan sia-siakan kesempatan ini dan gunakan pinjaman 300 juta tanpa jaminan dari produk pinjaman terbaik, yaitu DBS KTA. Pinjaman berbasis KTA (Kredit Tanpa Agunan) ini sangat tepat digunakan bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis. Termasuk dalam mengembangkan bisnis sewa gudang menjadi gudang fulfillment.

Tidak heran jika memilih produk satu ini akan membantu Anda untuk dapat mengembangkan bisnis paling potensial di tahun 2023. Beberapa keunggulan yang patut Anda ketahui sebelum mengambil pinjaman DBS KTA adalah berikut ini:

  • Jumlah pinjaman yang mencapai Rp 300 juta
  • Tenor cicilan hingga 3 tahun atau 36 bulan
  • Persyaratan pengajuan yang mudah, yaitu hanya membutuhkan e-KTP dan NPWP
  • Bunga flat yang tidak memberatkan, yaitu mulai 0,88% per
  • Anda harus berdomisili di Jabodetabek dan memiliki pendapatan minimal Rp5 Juta per bulan dan memiliki kartu kredit di bank lain minimal Rp10 Juta.

Untuk mengembangkan bisnis fulfillment yang berpotensi menjadi bisnis terpopuler dan paling diminati tahun 2023 Anda perlu memilih pinjaman uang di bank yang tepat. Produk DBS KTA dengan berbagai keunggulannya dapat menjadi pilihan terbaik yang dapat Anda ambil.

Minim bunga dan juga minim risiko akan membuat Anda semakin fokus untuk mengembangkan bisnis fulfillment. Untuk informasi lebih lengkap, klik link berikut: https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page dan dapatkan penawaran menguntungkan lainnya. (*)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
January 13, 2023 at 10:37AM
https://ift.tt/SLTEHN7

Mengenal Usaha Fulfillment, Bisnis Potensial 2023 - Bisnis Tempo.co
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/wkgh2NP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengenal Usaha Fulfillment, Bisnis Potensial 2023 - Bisnis Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.