Search

Terkini Bisnis: Bulog Bahas Tanggung Jawab Impor Beras dan Korelasi Rupiah dengan Suku Bunga BI - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Berita terkini ekonomi dan bisnis hingga Selasa sore, 17 Januari 2023 dimulai dengan Bos Bulog buka suara soal perintah Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan untuk menutup keran impor pada akhir Januari.

Lalu ada, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan kementeriannya tengah membahas usulan hari kejepit nasional.

Selanjutnya adalah informasi mengenai nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi, 17 Januari 2023, melemah seiring investor menunggu kebijakan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI).

Selain itu berita tentang PT Gunbuster Nickel Industry atau PT GNI memberikan penjelasan terbaru dari demo karyawan yang berakhir ricuh pada 14 Januari 2023 lalu. Berikut adalah ringkasan dari keempat berita tersebut:

1. Mendag Minta Impor Beras Ditutup Akhir Januari, Bos Bulog: Yang Tanggung Jawab Bukan Saya

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso alias Buwas buka suara soal perintah Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan untuk menutup keran impor pada akhir Januari. Dia mengungkapkan kontrak pembelian beras impor sebetulnya sudah dilakukan hingga 500 ribu ton. Beras tersebut akan datang sampai pertengahan Februari. 

Namun dirinya tak keberatan apabila pemerintah ingin membatalkan kontrak tersebut. "Jadi ya sudah kalau memang gitu, ya kita batalkan, enggak apa-apa. Kontraknya nanti kita bicarakan lagi lah, kalau batalin ya nggak apa-apa kan yang tanggung jawab bukan saya," ucap Buwas saat ditemui di Gedung DPR pada Senin, 16 Januari 2023. 

Baca: Silang Pendapat Mendag dan Bulog Soal Batas Akhir Impor Beras

Buwas berujar impor beras ini adalah perintah negara, sehingga apabila pemerintah kemudian meminta kontrak impor tersebut dibatalkan, ia akan menyanggupinya. "Kami mah enggak ada masalah, engga usah dibikin pusing," ucapnya. 

Sementara itu, ia tak menampik terlambatnya realisasi impor beras yang ditugaskan kepada Bulog. Buwas menjelaskan hal itu disebabkan oleh cuaca ekstrem yang terjadi akhir tahun lalu. Ia mengatakan dirinya tak bisa memprediksi cuaca tersebut. Sedangkan keberangkatan kapal hanya bisa diputuskan oleh pihak pengimpor beras.

Baca berita selengkapnya di sini.

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
January 17, 2023 at 06:00PM
https://ift.tt/QYXpciH

Terkini Bisnis: Bulog Bahas Tanggung Jawab Impor Beras dan Korelasi Rupiah dengan Suku Bunga BI - Bisnis Tempo.co
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/15Eboja
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terkini Bisnis: Bulog Bahas Tanggung Jawab Impor Beras dan Korelasi Rupiah dengan Suku Bunga BI - Bisnis Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.