Search

Marak Dijual di Awal 2023, Bisnis SPBU Sudah Kurang Menarik? - detikFinance

Jakarta -

Bisnis Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) selama ini dianggap bisnis yang menjanjikan. Ada pandangan, bisnis SPBU pasti untung karena setiap orang butuh bensin.

Namun, jelang tutup tahun 2022 dan awal tahun 2023 ini muncul fenomena marak SPBU di Jakarta dijual. Beberapa SPBU tampak diiklankan di sejumlah platform online.

Seperti dilihat detikcom, Rabu (4/1/2023), SPBU yang berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta Utara dijual seharga Rp 35 miliar di platform Olx. SPBU seluas 2.040 m2 tersebut baru diiklankan kemarin.

Di platform yang sama, SPBU di Duren Sawit, Jakarta Timur ditawarkan seharga Rp 30 miliar. SPBU ini memiliki luas tanah 2.600 m2 dan luas bangunan kantor 50 m2. Iklan SPBU ini dipasang 5 hari yang lalu.

Berikutnya, ada juga SPBU yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat yang dibanderol Rp 120 miliar dan SPBU berlokasi di Daan Mogot, Jakarta Barat yang dilepas seharga Rp 70 miliar.

Sejumlah SPBU yang diiklankan untuk dijual juga tampak di platform Lamudi. Meski, kebanyakan tak menampilkan informasi kapan iklan itu diunggah.

SPBU yang dijual sebut saja SPBU di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara yang dilepas seharga Rp 60 miliar, SPBU Cengkareng Jakarta Barat Rp 15 miliar, SPBU TB Simatupang Jakarta Selatan Rp 120 miliar, dan masih ada SPBU lainnya.

Merespons fenomena tersebut, Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) DPD III Juan Tarigan mengakui, jika dibandingkan keuntungan dan pengeluaran khususnya terkait Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), bisnis SPBU sudah tidak begitu menarik.

"Kalau dibandingkan antara profit dengan kewajiban yang harus dikeluarkan oleh pengusaha khususnya PBB, memang sudah tidak begitu menarik," katanya kepada detikcom, Rabu (4/1/2023).

Ia mengatakan, secara organisasi telah menyampaikan persoalan ini pemerintah daerah (pemda). Pihaknya berharap ada perlakuan (treatment) khusus terhadap SPBU ini.

"Makanya memang kami secara organisasi, sudah menyampaikan juga ke pemda, kira-kira memang ada treatment khusus dalam pemberlakuan PBB ini, karena kita bisa memprediksi setiap tahun akan terjadi penyusutan," jelasnya.

Simak Video "Viral Pertalite Jadi RON 86, Pemerintah Lakukan Tes di 6 SPBU"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ang)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
January 04, 2023 at 01:33PM
https://ift.tt/1nFvCTp

Marak Dijual di Awal 2023, Bisnis SPBU Sudah Kurang Menarik? - detikFinance
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/pNBZMSn
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Marak Dijual di Awal 2023, Bisnis SPBU Sudah Kurang Menarik? - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.