Search

Tips Bisnis Bareng Teman Biar Nggak Bubar di Tengah Jalan - detikFinance

Jakarta -

Memulai usaha bersama teman menjadi hal lumrah saat ini. Sebelum mengambil keputusan itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meminimalisir terjadinya konflik di tengah jalan.

Founder & CEO of Alowalo Albert Palit mengatakan berbisnis dengan teman bisa mengimbangi atau melengkapi kekurangan yang ada dalam diri. Meski begitu, tetap harus ditentukan siapa pemimpin yang bertugas memberi keputusan.

"Kita butuh orang-orang yang mengimbangi, tinggal gimana caranya melihat aja. Penting buat kalian, adil itu bukan artinya masing-masing memiliki porsi yang sama untuk memutuskan, dari 3 orang misalnya, tentuin siapa pemimpinnya," kata pria yang akrab disapa Abe dalam acara dPreneur 'Muda-muda Jadi CEO' di Binus University, Tangerang, Selasa (30/5/2023).

Abe menyebut seorang pemimpin yang ditunjuk harus bisa beradaptasi dengan cepat terhadap segala situasi dan dinamika pasar. Jika tidak, bisnis tersebut akan rentan.

"Pada akhirnya mau nggak mau, suka nggak suka the asshole itu harus ada, siapa yang mau dikorbankan jadi itu. Harus bisa agile karena kalau nggak agile, your business akan fragile," ucapnya.

CEO HMNS Rizky Arief Dwi menambahkan jika ingin buka usaha dengan teman, cari lah yang kelebihannya tidak sama dengan kamu. Dengan begitu adanya teman bisnis bisa melengkapi satu sama lain.

"Kita merasa kayak kita punya partner nih, gua jago marketing, lo jago marketing, berarti kita jadi double jago marketingnya, salah banget. Jadi make a clear responsibility if you want to have a partner," bebernya.

(aid/das)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
June 02, 2023 at 10:30AM
https://ift.tt/YVmdJ5s

Tips Bisnis Bareng Teman Biar Nggak Bubar di Tengah Jalan - detikFinance
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2IJCLjm
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Bisnis Bareng Teman Biar Nggak Bubar di Tengah Jalan - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.