Search

Forecast adalah Peramalan dalam Dunia Bisnis, Kenali Ciri-Ciri dan Jenis-Jenisnya - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Forecast adalah istilah dalam bahasa Inggris yang memiliki arti peramalan. Peramalan di sini lebih kepada perkiraan penjualan dalam dunia bisnis. Istilah peramalan juga sering disalah-artikan dengan istilah penganggaran atau budgeting. Lantas apa itu forecast?

Secara umum, forecast adalah kegiatan atau proses memprediksi nilai masa depan berdasarkan data masa lalu. Kegiatan ini lebih kepada perkiraan penjualan yang memperkirakan pendapatan masa depan dengan memprediksi jumlah produk atau layanan yang akan dijual oleh unit penjualan (yang dapat berupa tenaga penjual perorangan, tim penjualan, atau perusahaan) pada minggu, bulan, kuartal, atau tahun berikutnya.

Pada umumnya, forecast dijadikan dasar untuk penyusunan anggaran atau budget, perencanaan kapasitas, perencanaan penjualan, produksi dan inventori, perencanaan personalia serta perencanaan pembelian.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian forecast beserta ciri-ciri dan jenis-jenis yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (15/7/2023).

2 dari 6 halaman

Forecast Adalah

Forecast adalah istilah dalam bahasa Inggris yang memiliki arti peramalan. Peramalan di sini lebih kepada perkiraan penjualan dalam dunia bisnis. Jadi, forecast adalah kegiatan atau proses memprediksi nilai masa depan berdasarkan data masa lalu. Kegiatan ini lebih kepada perkiraan penjualan yang memperkirakan pendapatan masa depan dengan memprediksi jumlah produk atau layanan yang akan dijual oleh unit penjualan (yang dapat berupa tenaga penjual perorangan, tim penjualan, atau perusahaan) pada minggu, bulan, kuartal, atau tahun berikutnya.

Dikutip dari buku Business Concepts in Inventory yang diterbitkan oleh Alex Media Komoutindo, menjelaskan bahwa forecast adalah ilmu dan seni untum memprediksi peristiwa di masa depan. Disebut ilmu karena proses proyeksi masa depan dilakukan atas dasar data historis yang diproses dengan model matematika dan statistik tertentu. Bahkan kegiatan ini juga disebut sebagai seni karena forecast tidak semata-mata ditinjau dari sisi kuantitatif saja tetapi sering kali ditinjau dari sisi kualitatif.

Kebanyakan forecast memanfaatkan analsis terhadap fenomena yang berulang atau tren. Umumnya dalam bisnis, forecast dijadikan dasar untuk penyusunan anggaran atau budget, perencanaan kapasitas, perencanaan penjualan, produksi dan inventori, perencanaan personalia serta perencanaan pembelian.

3 dari 6 halaman

Pengertian Forecast Menurut Para Ahli

Dikutip dari buku Anggaran Perusahaan oleh Drs. H. Nasir Asman, menjelaskan ada beberapa pendapat mengenai pengertian forecast menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Sumayang

Forecast adalah perhitungan yang objektif dan dengan menggunakan data-data masa lalu, untuk menentukan sesuatu di masa yang akan datang.

2. Nafarin

Forecast adalah proses kegiatan memperkirakan produk yang akan dijual pada waktu yang akan datang dalam keadaan tertentu dan dibuat berdasarkan data yang pernah terjadi dan atau mungkin akan terjadi.

3. Render dan Heizer

Forecast adalah “Seni dan ilmu untuk memperkirakan kejadian dimasa depan”.

4. Nasution dan Prasetyawan

Forecast adalah proses untuk memperkirakan beberapa kebutuhan dimasa datang yang meliputi kebutuhan dalam ukuran kuantitas, kualitas, waktu dan lokasi yang dibutuhkan dalam rangka memenuhi permintaan barang ataupun jasa.

4 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Forecast

Mengutip dari buku Anggaran Perusahaan oleh Drs. H. Nasir Asman, terdapat beberapa karakteristik atau ciri-ciri dari forecast adalah sebagai berikut:

  1. Digunakan untuk menentukan bagaimana perusahaan harus mengalokasikan anggaran mereka untk periode mendatang.
  2. Diperbarui secara rutin, mungkin bulanan atau triwulan, ketika ada oerubahan dalam operasi, inventaris dan rencana bisnis.
  3. Dapat dibuat untuk jangka pendek dan jangka panjang.
  4. Tim manajemen dapat menggunakan prakiraan keuangan dan mengambil tindakan segera berdasarkan data prakiraan tersebut.
  5. Forecast keuangan dapat membantu tim menajemen membuat penyesuaian pada produksi dan tidak persediaan. Selain itu, forecast jangka panjang dapat membantu tim manajemen perusahaan mengembangkan rencana bisnisnya.
5 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Forecast Berdasarkan Waktu

Berikut ini klasifikasi dari forecast berdasarkan waktu yang bisa anda kenali, yakni:

1. Forecast jangka pendek

Forecast ini mencakup jarak waktu dari tiga bulan hingga satu tahun. Forecast jangka pendek digunakan dalam penyusunan pembelian, penjadwalan tugas pekerjaan (job scheduling), penetapan tingkat tenaga kerja (workforce levels), pemberian tugas (job assignment), dan tingkat produksi (production levels).

2. Forecast jangka menengah

Forecast ini memiliki jarak waktu satu hingga tiga tahun. Forecast jangka menengah digunakan dalam penyusunan rencana penjualan, perencanaan produksi, dan budgeting atau pengganggaran yang meliputi anggaran kas dan analisis berbagai rencana produksi.

3. Forecast jangka panjang, mencakup jarak watu tiga tahun atau lebih

Forecast jangka panjang digunakan untuk produk baru, anggaran pengeluatan modal (capital expenditure), perencanaan lokasi fasilitas ekspansi, serat penelitian dan pengembangan (research and development).

6 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Forecast Berdasarkan Ketersediaan Data

Jika berdasarkan ketersediaan data, forecast dibedakan menjadi dua yakni sebagai berikut:

1. Forecast Kualitatif

Forecast berdasarkan atas pendapat suatu pihak, dan datanya tidak bisa direpresentasikan secara tegas menjadi suatu angka atau nilai. Hasil forecast yang dibuat sangat bergantung pada penyusunnya, karena hasil forecast berdasarkan atas intuisi, pendapat, pengetahuan dan pengalaman.

2. Forecast Kuantitatif

Forecast yang didasarkan atas data kuantitatif masa lalu (data historis). Hasil forecast yang didapatkan sangat bergantung pada metode yang digunakan dalam forecast tersebut. Baik tidaknya metode yang dipergunakan ditentukan oleh perbedaan atau penyimpangan antara hasil forecast dengan kenyataan yang terjadi. Semakin kecil penyimpangan antara hasil forecast dengan kenyataan maka semakin baik metode yang digunakan.

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
July 15, 2023 at 12:30PM
https://ift.tt/KBrax8C

Forecast adalah Peramalan dalam Dunia Bisnis, Kenali Ciri-Ciri dan Jenis-Jenisnya - Liputan6.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/Kpm9cyi
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Forecast adalah Peramalan dalam Dunia Bisnis, Kenali Ciri-Ciri dan Jenis-Jenisnya - Liputan6.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.