Search

Ini Cara Pengusaha UMKM Masuki Bisnis Global - Metro TV News

Ini Cara Pengusaha UMKM Masuki Bisnis Global

Ilustrasi UMKM. Foto: MI/Palce Amalo

Annisa ayu artanti • 13 July 2023 19:14

Jakarta: Memiliki Usaha Mikro dan Kecil (UMK) yang berhasil menembus pasar global bukan lagi sebuah mimpi belaka. BUMN didorong untuk mengantarkan usaha rakyat untuk berkancah di pasar internasional, termasuk PT Pertamina (Persero). 
 
Perusahaan pelat merah itu memiliki program unggulan untuk membantu UMK naik kelas, yaitu UMK Academy. Melalui program itu, UMK akan mendapatkan pendanaan dan pembinaan untuk pengembangan usaha. 
 
VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menyampaikan, UMK Academy  dirancang untuk mencetak UMK 'naik kelas' yang mampu meningkatkan produktivitas. Hal ini sejalan dengan komitmen Pertamina dalam mengimplementasikan semangat Sustainable Development Goals (SDGs) yakni pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif pada Goal 8 SDGs, yang diwujudkan melalui program pendanaan dan pembinaan UMK. 
 
“Dengan Pertamina UMK Academy 2023, kami berharap dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan UMK agar dapat bersaing secara lebih efektif di pasar,” ungkap Fadjar dalam keterangan tertulis, Kamis, 13 Juli 2023.
 
Pertamina menghadirkan Exclusive Facilitator, yakni Nila Kresna di kelas Go Modern, Rininta Hanum, di kelas Go Online, Magdalena, di kelas Go Online, dan Alya Mirza di kelas Go Global. 
 
Para mentor itu akan memberikan materi pembelajaran terkait strategi pemasaran dan penjualan, manajemen keuangan, pengembangan produk dan layanan, hingga manajemen operasional.
 
Pertamina, imbuh Fadjar, berkomitmen untuk memberikan pendampingan jangka panjang bagi peserta setelah selesai mengikuti program, untuk memastikan mereka dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam pengembangan bisnis mereka. Sehingga ketika naik kelas, UMK ini memiliki potensi untuk merambah pasarnya ke mancanegara. 
 
"Kami sangat bangga dapat melaksanakan program pembekalan ini sebagai bagian dari komitmen Pertamina dalam mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat," ucapnya. 
 
Salah satu peserta yang telah berhasil membawa bisnisnya ke pasar internasional adalah Amelia Agustina. Pemilik Indang Apang Gallery, di Jalan Tjilik Riwut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah ini terpilih menjadi peserta UMK Academy 2023 yang diinisiasi Pertamina.
 
Ia mendapat pelatihan akselerasi bisnis intensif dan pendampingan usaha selama lima bulan ke depan. Tak tanggung-tanggung, ia didampingi para pakar bisnis dan Exclusive Facilitator yang berpengalaman.
 
“Sebagai pengusaha yang tidak memiliki pengalaman melakukan kolaborasi dengan pihak lain, pembekalan ini sangat membantu saya memahami berbagai konsep dasar yang sangat diperlukan oleh setiap pelaku usaha,” ungkap Amelia. 

(Annisa Ayu)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
July 13, 2023 at 07:14PM
https://ift.tt/6fxUQyZ

Ini Cara Pengusaha UMKM Masuki Bisnis Global - Metro TV News
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/uAZpeoS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Cara Pengusaha UMKM Masuki Bisnis Global - Metro TV News"

Post a Comment

Powered by Blogger.