Search

Road Map Bisnis Diperlukan Untuk Tingkatkan Progres Bisnis Pelaku UMKM - Tribun Jabar

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Roadmap bisnis menjadi suatu hal yang jarang dikulik lebih dalam oleh business owner. Padahal, dari roadmap bisnis ini, manajemen after sales bisa menaikkan repeat order.


Cukup banyak pelaku UMKM menyadari bahwa mendapat tuntutan untuk mampu menciptakan strategi after sales yang bisa mempengaruhi keputusan pelanggan dalam melakukan pembelian ulang.

Kesadaran itulah yang menjadi tantangan tersendiri, karena masih banyak pelaku UMKM yang belum memahami strategi jitu dalam menjalankan manajemen after sales.

Founder Sipetek & Mentor UMKM, Aang Permana, menekankan betapa pentingnya manajemen purna jual tersebut.

Baca juga: Penjualan Listrik PLN Semester I Capai 137,12 TWh, Sektor Bisnis Jadi Penopang, Tumbuh 13,07 Persen

Menurutnya, dalam repeat order, setiap bisnis harus tahu dahulu jangka waktu pemakaian produknya, seperti ada mingguan, bulanan, atau justru per tiga bulan.


"Jadi, kami sebagai pebisnis bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk follow up customer kami lagi. Nah, inilah yang kami sebut peran pentingnya ada di customer relationship management," katanya, Jumat (28/7/2023).


Kemarin, para pelaku usaha pun sempat melakukan meet & share Bandung didukung SAPX dan KiriminAja yang menyajikan topik mengenai upgrading roadmap bisnis dan manajemen after sales untuk mencapai repeat order.


Hadir sebagai pembicara, yakni Aang Permana dan Rocky Pramana (CEO Cleora Beauty & Azrina Beauty). Keduanya berfokus pada bagaimana upgrading roadmap bisnis pelaku UMKM sebagai fundamental krusial dalam membangun manajemen after sales yang efektif

Sehingga, manajemen purna jual menjadi peran kunci dalam menciptakan pelanggan yang loyal dan mendorong pembelian berulang.


"Berbagai tantangan, kendala, dan solusi dibahas bersama dalam business sharing ini. Para peserta yang hadir pun sama-sama berfokus pada konsumen di area Jawa, khususnya Jabar," katanya.


Di samping itu, KiriminAja meet & share Bandung berfokus pada para pengusaha Bandung yang berperan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah Jabar. Maka, KiriminAja didukung SAP Express bersama-sama mendukung bisnis berkelanjutan bagi perekonomian Jabar.


"Kami harapkan bisa mendukung sistem yang reliable untuk mengubah paradigma, menciptakan strategi after sales yang efektif, meningkatkan repeat order, mendapatkan pelanggan loyal, dan mengembangkan ekonomi Bandung. Akhirnya, para pebisnis menjadi lebih reliable dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif sebab mempunyai roadmap yang jelas dalam setiap langkah dan keputusan bisnisnya," katanya.(*)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
July 29, 2023 at 01:43AM
https://ift.tt/H31XnUv

Road Map Bisnis Diperlukan Untuk Tingkatkan Progres Bisnis Pelaku UMKM - Tribun Jabar
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/FpsalIy
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Road Map Bisnis Diperlukan Untuk Tingkatkan Progres Bisnis Pelaku UMKM - Tribun Jabar"

Post a Comment

Powered by Blogger.