Search

Belajar dari Irwan Mussry, Sukses Bisnis Cuma Hal Simpel Ini - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah tiba di Indonesia usai kuliah Bisnis di California State University pada 1983, Irwan Danny Mussry ingin membeli jam tangan merk Gucci. Maklum, saat itu jam tangan mewah sedang booming. Dan Irwan sebagai anak muda berusia 21 tahun ingin juga merasakannya.

Namun, alih-alih mendapat jam yang diinginkan, Irwan justru pulang dengan tangan kosong dan rasa kesal terpendam. Sebab, kedatangannya di toko jam justru tidak dihargai. Pelayan toko melayaninya dengan sangat buruk dan tidak mencerminkan citra eksklusif pada Gucci. Bagi Irwan, sudah seharusnya calon pembeli jam tangan mewah dihargai.

Meski demikian, naluri bisnis pria kelahiran 15 November 1962 itu langsung muncul. Dia ingin menjadi distributor jam tangan mewah ternama dunia untuk pasar Indonesia. Alhasil, berdirilah perusahaan Time International pada 1984. Sebagai orang yang sudah bersentuhan dengan dunia bisnis sejak kecil, tak sulit bagi Irwan membesarkan Time International. Kepandaian bernegosiasi sukses memikat pabrikan jam ternama. Dan salah satu yang terawal dipikat adalah Gucci.

Kepada Prestige Indonesia, Irwan mengaku ide bisnis menjadi distributor jam tangan Gucci langsung membuat tim Gucci Timepieces setuju. Tanpa perlu menunggu waktu lama, tim Gucci Timepieces segera memberi izin penjualan kepada Time Internasional. Dari sinilah Irwan resmi berdagang Gucci kepada para kaum kelas atas Jakarta.

Tentu, tak ingin pembeli merasakan yang pernah dialaminya saat membeli jam, Irwan menerapkan cara klasik: melayani pembeli bak raja. Dalam wawancara kepada Jakarta Post dan Luxina, Irwan bercerita sudah seharusnya distributor jam mewah melayani calon pembeli dengan penuh rasa kasih sayang. Pelayan toko harus bisa menjadikan calon pembeli layaknya keluarga yang harus ditemani dan diajak bicara untuk membeli produk sesuai karakternya.

Sebab, menjual barang mewah, bukan hanya jam, memiliki pertaruhan tinggi. Merek yang dijual Time International sudah berusia ratusan tahun, dan tentu dia tak ingin reputasi merek ternama itu hancur cuma gara-gara buruknya pelayanan distributor. Intinya, tutur Irwan, dia tak ingin menjual saja, tetapi membangun citra merek.

"Kemewahan adalah tentang mendekatkan mimpi. Ini semua tentang perasaan yang dapat diberikan kepada orang lain. Jika Anda dapat membantu mereka memperoleh pengalaman, maka harus ada tindakan nyata untuk itu," kata Irwan kepada majalah Daman.

Atas dasar inilah, dia berupaya melayani pembeli bak raja: mengarahkan dan memberi penjelasan detail terhadap produk. Berkat cara simpel ini, Irwan Mussry dan Time International sukses memikat hati para konglomerat di Indonesia.

Bahkan, untuk menaungi bisnis jam yang makin berkembang, dia membuka toko jam bernama Time Place di Plaza Senayan pada 1999. Toko itu khusus menjual jam tangan mewah, seperti Gucci, Rolex Tag Heuer, IWC, dan sebagainya.

Khusus pembukaan ini, banyak orang mengira bahwa bisnis Time Place tidak akan maju buntut krisis moneter 1997-1998. Namun, faktanya Time Place justru tetap bertahan karena sudah memiliki fundamental yang kuat di pasar Indonesia.

Beruntung, sejak memasuki tahun 2000-an, pasar jam tangan mewah di Indonesia terus bertambah. Bisnis Time International pun makin moncer hingga mencapai puncaknya kurun 2011-2014.

Pada 2011, Irwan mulai berani membuka toko Rolex di Marina Bay Sands, Singapura. Termasuk juga membuka cabang baru Time Place di berbagai mall premium Indonesia. Dalam laman resminya, Time Place kini berada di Plaza Indonesia, Tunjungan Plaza IV dan Pacific Place. Seluruhnya sudah menjual 20 merek jam mewah ternama dunia yang berharga puluhan hingga miliaran rupiah itu.

Berkat kesuksesan bisnis jam tangan mewah, Irwan Mussry dinobatkan majalah Business of Fashion sebagai 50 global fashion influencer. Tak diketahui pasti berapa kekayaannya, tetapi dari kerja keras berbisnis, Irwan Mussry kerap menampilkan gaya hidup kelas atas yang dipaparkan istrinya, Maia Estianty. Diketahui, dia dan istri kerap mengunjungi villa yang ada di bali dan sering pelesiran ke luar negeri menggunakan private jet.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Belum Banyak Orang Tahu, Ini Asal Usul Kekayaan Jokowi


(mfa/sef)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
July 28, 2023 at 08:52AM
https://ift.tt/JyudkRa

Belajar dari Irwan Mussry, Sukses Bisnis Cuma Hal Simpel Ini - CNBC Indonesia
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/LOre7CE
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Belajar dari Irwan Mussry, Sukses Bisnis Cuma Hal Simpel Ini - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.