Search

5 Bisnis Modal Kecil Pendulang Cuan - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Inspirasi bisnis modal kecil tapi cuan kerap dicari banyak orang, baik untuk sumber penghasilan utama atau hanya menambah pendapatan.

Direktur Eksekutif Information and Communication Technology (ICT) Institute sekaligus Pengamat Ekonomi Digital Heru Sutadi mengatakan penting untuk tahu ekosistem dan model bisnis yang akan dijalankan. Pedoman ini berlaku dalam jenis bisnis apapun.

Sementara itu, Perencana Keuangan OneShildt Consulting Imelda Tarigan menuturkan bisnis mesti didefinisikan dengan sangat fleksibel. Jadi jangan terpaku pada modal, melainkan mengutamakan kreatifitas, jaringan, dan potensinya.

"Utamakan idenya dulu. Mau produksi apa? Kemudian, melalui networking kita bisa cari bahan baku dan proses produksi yang efisien, lalu mencari potensial marketnya bisa dijual ke mana," katanya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (16/3).

Khusus untuk bisnis modal kecil tapi cuan, Perencana Keuangan Finante.id Sayoga Risdya Prasetyo menyarankan bisnis jasa. Pasalnya, bisnis manufaktur harus menciptakan produk sehingga butuh biaya modal lebih untuk bahan baku.

Berikut daftar 5 bisnis modal kecil tapi cuan yang bisa dicoba:

1. Bisnis jasa penulisan

Sayoga merekomendasikan untuk membuka bisnis jasa penulisan. Bisnis ini terbagi ke dalam beberapa spesialisasi, yakni jasa penulisan konten online, copywriting untuk sosial media, ghostwriter, sampai parafrase untuk konversi karya tulis ilmiah (KTI) menjadi buku.

"Modalnya adalah komputer atau laptop plus koneksi internet. Tidak usah membeli perangkat dengan spesifikasi tinggi karena menulis merupakan aktivitas ringan. Bisa membeli laptop atau komputer dengan budget Rp2 juta-Rp5 jutaan saja," ungkapnya.

2. Jasa desain grafis

Bisnis jasa lainnya yang tak kalah cuan adalah desain grafis. Anda bisa menawarkan beberapa jasa desain grafis, seperti desain untuk media sosial, kaus, kemasan, layout majalah, dan masih banyak lagi.

"Modalnya sama, yakni komputer atau laptop dengan spesifikasi yang mumpuni untuk menjalankan software desain, seperti Adobe Photoshop atau Illustrator. Budgetnya berkisar antara Rp5 juta sampai Rp10 juta," tutur Sayoga.

3. Jasa laundry

Sayoga juga merekomendasikan bisnis laundry. Kebutuhan cuci dan setrika ini sangat dicari di wilayah perkotaan, terlebih oleh mahasiswa dan karyawan.

"Untuk Anda yang tinggal di perkotaan dan punya modal berkisar Rp5 juta-Rp10 jutaan untuk membeli peralatan dan modal berupa mesin cuci, mesin pengering, serta bahan kimia pembersih, maka boleh coba membuka bisnis laundry," sarannya.

Namun, biaya tersebut bisa jadi bervariasi tergantung banyak faktor, termasuk lokasi. Ia mengatakan modal bisnis laundry di Yogyakarta mungkin akan berbeda jauh dengan Jakarta.

Oleh karena itu, perlu dilakukan riset mandiri agar mendapat data yang lebih akurat di daerah target pasar bisnis Anda.

4. Reseller e-commerce

Sementara itu, Heru Sutadi menyebut modal untuk membangun bisnis variatif tergantung jenis bisnis. Ia lantas menyarankan bisnis sebagai reseller di e-commerce.

"Yang gampang ya reseller e-commerce yang bisa nihil modal, tapi harus aktif browsing produk-produk menarik dan membagikan di lapak reseller. Atau jualan produk tertentu di e-commerce. Membeli produk jika ada pesanan saja, modalnya tidak besar," katanya.

5. Jual sarapan balita

Imelda Tarigan menilai ide kreatif menjadi salah satu pondasi utama sebelum terjun ke dunia bisnis. Ia menyarankan untuk melakukan observasi terlebih dahulu di lingkungan sekitar atau target pasar.

"Ide kreatifnya ini bisa dari hal-hal yang paling sederhana, misalnya memanfaatkan limbah atau jualan sarapan balita untuk ibu-ibu bekerja. Lihat dari keseharian di sekeliling, orang-orang butuh apa sih? Dari sini mulai ide bisnis," jelasnya.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Tips Cari Modal Bisnis Aman

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
March 18, 2023 at 09:30AM
https://ift.tt/QLAUy9t

5 Bisnis Modal Kecil Pendulang Cuan - CNN Indonesia
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/g6KVrOi
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Bisnis Modal Kecil Pendulang Cuan - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.