Search

Bisnis Thrifting Masih Marak, Zulhas Minta Aparat Kejar Penyelundup Barang Impor Bekas - Nasional Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meminta aparat keamanan untuk mengejar penyelundup barang-barang impor bekas alias thrifting. Hal ini imbas masih maraknya bisnis tersebut, walaupun sudah dilarang oleh pemerintah. 

“Kami meminta, aparat penegak hukum di manapun untuk mengejar penyelundupnya. Kami akan diskusi lagi bagaimana dagangnya makin bagus. Jadi tidak usah khawatir, baju bisa dijual sampai habis,” ujar pria yang akrab disapa Zulhas itu dalam keterangannya, Kamis, 20 Maret 2023. 

Zulhas memastikan pihaknya akan mencari solusi untuk para pedagang barang impor bekas. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) mengaku sudah berdiskusi dan berdialog dengan pedagang di Pasar Senen yang berjualan baju bekas impor

Dalam diskusi itu, Zulhas mengungkapkan bahwa impor barang bekas sedianya diperbolehkan asal yang diatur undang-undang dan tidak ilegal.

“Kami sudah diskusi, pemerintah diatur oleh undang-undang, begitu juga ekspor impor. Kita tidak boleh impor barang bekas, kecuali yang diatur. Apalagi barang ilegal, Itu yang diberantas aparat penegak hukum,” kata Zulhas.

Pedagang diperbolehkan habiskan stok baju bekas impor

Dalam diskusi dengan pedagang baju bekas impor di Pasar Senen, Zulhas memperbolehkan mereka untuk menjual stok yang tersisa. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki yang mendampingi Zulhas pun meminta para pedagang beralih dengan menjual pakaian buatan lokal. 

"Bapak-Ibu sekalian jualan pakaian ilegal, ke depan harus pakaian legal. Supaya tidak dikejar-kejar polisi nanti," kata Teten.

Jokowi kesal dengan baju bekas impor

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan kekesalannya dan melarang bisnis baju bekas impor atau thrifting. Bisnis baju bekas impor tersebut, menurut Jokowi, mengganggu industri tekstil dalam negeri. 

"Itu mengganggu industri tekstil di dalam negeri, sangat mengganggu. Yang namanya impor pakaian bekas, mengganggu, sangat mengganggu," ujar Jokowi. 

Jokowi menyatakan sudah meminta lembaga terkait untuk menelusuri bisnis thrifting tersebut. Menurut Jokowi, sampai sekarang sudah ada beberapa pelaku bisnis tersebut yang tertangkap. 

"Sudah saya perintahkan untuk mencari betul dan sehari dua hari sudah banyak yang ketemu," kata Jokowi. 

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
March 31, 2023 at 12:47AM
https://ift.tt/d2JLIzD

Bisnis Thrifting Masih Marak, Zulhas Minta Aparat Kejar Penyelundup Barang Impor Bekas - Nasional Tempo
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/eVskf20
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bisnis Thrifting Masih Marak, Zulhas Minta Aparat Kejar Penyelundup Barang Impor Bekas - Nasional Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.