Search

Simak! Ini Tips Biar Omzet Bisnis Bisa Tembus Rp 100 Miliar - detikFinance

Jakarta -

Mengubah pola pikir sangat diperlukan pengusaha yang berniat meningkatkan pendapatan bisnis jadi lebih besar. Selain itu, dibutuhkan sejumlah langkah untuk merealisasikan kenaikan penjualan ke depan.

Masih banyak pengusaha yang dinilai terjebak dalam bisnis sebagai rutinitas dengan memfokuskan hal kecil dan masih berpikir bahwa mereka yang harus menjalankan bisnis operasional sehari-hari.

"Hal ini berbeda dengan cara berpikir building the business,yaitu fokus pada hal-hal besar, strategis bisnis, bagaimana menambah business unit menjadi 30 kali lipat. Bukan hanya naik 10-30% atau hanya tambah 3 pelanggan di bulan tertentu, puas walau hanya bermain di pasar lokal dan bukan nasional," ucap Coach Yusman, Sabtu (11/3/2023).

Coach Yusman mengungkapkan bahwa pengusaha membutuhkan sejumlah langkah perubahan untuk bisa meraih pendapatan lebih besar. Pertama, terang dia, fondasi bisnis (mastery) mulai dari financial mastery(fondasi keuangan) merupakan tahapan penting untuk mencapai omzet Rp 100 miliar.

Berdasarkan pengalaman, banyak pengusaha yang kolaps akibat keuangan tidal baik, bocor, tidak rapih, dan fraud. Menurutnya, ada tiga laporan keuangan yang harus dibaca dan dipahami, yaitu cash flow report. Jika cash flow report tidak benar, menaikkan omzet bisa berbahaya untuk bagi keuangan perusahaan.

"Jangan sampai omzet kita naik 2 kali lipat, tetapi fix cash flow tidak ada, malah bisa jadi bencana keuangan. Jadi pastikan Anda memiliki laporan keuangan benar dan bisa dianalisis dengan tepat," sambungnya.

Pengusaha, terang dia, juga harus terbiasa melakukan budgeting, seperti gaji berapa, iklan berapa, biaya operasional berapa, dan lainnya. "Anda tahu nggak Anda harus punya omzet berapa untuk menutup semua biaya anda setiap bulan? Ini bisa kita dapat jika kita set budget. Siapa sebenarnya yg bertanggung jawab melakukan budgeting? khususnya jika perusahaan kita di bawah Rp100 miliar?" terangnya.

Ia menambahkan level berikut yang harus dilakukan pengusaha adalah niche, yaitu fokus membangun sistem marketing dan sales engine, strategi bagaimana bisa mendapatkan pasar yang lebih luas dengan membangun competitive advantage. Kemudian berlanjut ke tahapan leverage, team, synergy duplication, dan result.

"Tim yang bagus tidak akan didapatkan kalau tahap leverage tidak bagus,marketing engine tidak jelas, dan sistem tidak terbangun. Tim yang kita dapatkan hanya orang-orang yang kualitas SDM kurang. Sedangkan SDM terbaik tidak tertarik bekerja dengan perusahaan kita, meskipun diberikan gaji besar," katanya.

(ada/fdl)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
March 11, 2023 at 06:55PM
https://ift.tt/yAOCWYR

Simak! Ini Tips Biar Omzet Bisnis Bisa Tembus Rp 100 Miliar - detikFinance
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/t91J4Th
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Simak! Ini Tips Biar Omzet Bisnis Bisa Tembus Rp 100 Miliar - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.