Search

Mengintip Ceruk Bisnis Konten Kreator - detikFinance

Jakarta -

PT Mahaka Media Tbk (mahakaX) mengungkapkan rencana menggarap lini bisnis konten kreator yang menjadi tren pesat dalam industri media dan hiburan digital saat ini. Bahkan mahakaX telah menyiapkan dua strategi utama untuk memperkuat kontribusi bisnis ini dengan menyediakan Creative Intelectual Property (IPs) dan Financial Solution.

Farash Farich, CEO MahakaX menyebutkan jika dunia konten kreator sudah sangat booming bahkan sebelum MahakaX terjun di dalamnya. Telah banyak brand yang menjalin kerjasama dengan para kreator. Selain itu mengacu pada ranah bisnis yang telah berubah dimana audiens kini lebih suka berkecimpung dalam media digital daripada media konvensional.

"Keputusan perusahaan masuk ke bisnis ini akan menjadikan konten kreator sebagai kolaborator yang memiliki potensi besar bagi pertumbuhan baik bagi Mahaka X maupun bagi content creator dalam proses kolaborasi yang dijalin. Berdasarkan beberapa studi terkait mengenai industri content creator, dalam lima tahun ke depan akan tumbuh lima kali lipat. Jika di angka bisa bernilai hingga 7 triliun." Ungkap Farash kepada media.

Lanjut dia, melalui MahakaX mengajak kreator untuk mulai mendaftakan ide, brand ataupun produk mereka ke Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Setelah terdaftar, maka MahakaX bersama dengan kreator akan menggodok ide besar tersebut menjadi beberapa bentuk turunan konten mulai dari konten online seperti membuat web series atau semacamnya hingga offline seperti mengadakan event experience activation. Sehingga kreator dapat memaksimalkan seluruh platform digital yang tersedia untuk mengembangkan kreativitasnya.

Tidak hanya itu, perusahaan juga akan mendukung kebutuhan finansial konten kreator saat mengembangkan ide dan kreatifitasnya menjadi sebuah konten menarik dan punya nilai bisnis. Farash menuturkan jika pihaknya akan menyediakan working capital untuk kreator sehingga mereka tidak perlu risau untuk urusan pembiayaan saat produksi.

Dirinya menegaskan solusi finansial yang ditawarkan oleh MahakaX berbeda dengan pinjaman perbankan namun lebih kepada advisor kepada kreator disamping memberikan bantuan berupa pembenahan laporan keuangan ataupun sisi accounting lainnya. "MahakaX akan bertindak as a partner bagi konten kreator dimana perusahaan akan treat as a business bagi konten kreator yang sedang growing bisnis dan kontennya.

Oleh karena itu kita bukan hanya join business bareng tapi kita juga tanya mereka perlu dibantu apa dari sisi pertumbuhannya. Karena kaya bisnis, mungkin mereka ahli bikin kreatifnya, bikin produksinya tapi back office-nya bagaimana? Kita bantu mereka mengembangkan infrastrukturnya dari sisi accounting, legal, terus kemudian mereka bisa grow more wider networking dengan korporat dan sebagainya. Nah di situ nilai tambah Mahaka X bagi content creator." tegasnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
March 09, 2023 at 10:05AM
https://ift.tt/6I1RhsL

Mengintip Ceruk Bisnis Konten Kreator - detikFinance
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/iE8NZ0W
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengintip Ceruk Bisnis Konten Kreator - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.