Search

Pemerintah Harus Tegas Tindak Turis Asing di Bali yang Jalankan Bisnis Ilegal - Tribun Sulbar

TRIBUN-SULBAR.COM - Turis asing di Denpasar, Bali sedang jadi sorotan karena mereka disana ternyata bukan untuk berwisata, melainkan menjalankan bisnis yang ilegal.

Tak sedikit dari mereka justru berjualan baju hingga kebutuhan pokok.

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta pemerintah tegas menindak turis-turis tersebut, dengan cara menertibkan usaha-usaha ilegal itu, demi menjaga usaha masyarakat lokal.

"Memang ini aksi segelintir turis asing, namun tidak bisa dibiarkan begitu saja. Tindakan mereka ini telah meresahkan dan merampas lahan usaha masyarakat lokal. Harus ditertibkan," ujar LaNyalla, Sabtu (25/3/2023) dalam rilis yang diterima.

Sejumlah turis China mendominasi kunjungan di Pantai Kelan, Badung, Selasa (23/10/2018). Pariwisata Bali dijual murah kepada wisatawan China.
Sejumlah turis China mendominasi kunjungan di Pantai Kelan, Badung, Selasa (23/10/2018). Pariwisata Bali dijual murah kepada wisatawan China. (Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa)

LaNyalla mengingatkan bahwa turis-turis yang masuk Indonesia jelas kepentingannya, sesuai visa mereka. Yakni visa wisata atau bekerja. 

"Sudah ada aturan tegas, sesuai visa dari warga asing yang datang ke Indonesia. Pemerintah tinggal bisa berpatokan pada hal tersebut. Bagi pemegang visa turis tetapi bekerja, ini yang tidak benar. Mereka ini yang harus ditindak," katanya.

LaNyalla menambahkan, bukan hanya individu turisnya yang ditertibkan. Tetapi juga perusahaan Indonesia yang mempekerjakan turis asing harus diberikan peringatan keras dan diberi tindakan tegas. 

"Jangan sampai untuk menarik keuntungan usahanya mereka melanggar aturan dengan melakukan perekrutan tenaga kerja asing ilegal," tegas dia.

LaNyalla berharap dengan dilakukan penertiban, pariwisata di Bali tumbuh dengan alamiah. Warga lokal menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Artinya tidak boleh ada warga negara asing yang memanfaatkan situasi sehingga secara tidak langsung ada semacam penjajahan ekonomi yang dilakukan mereka di Bali," tuturnya.

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
March 25, 2023 at 03:51PM
https://ift.tt/5KBbEgx

Pemerintah Harus Tegas Tindak Turis Asing di Bali yang Jalankan Bisnis Ilegal - Tribun Sulbar
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/dpDhoZB
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemerintah Harus Tegas Tindak Turis Asing di Bali yang Jalankan Bisnis Ilegal - Tribun Sulbar"

Post a Comment

Powered by Blogger.