Search

Apa Penyebab Silicon Valley Bank Jatuh? - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Silicon Valley Bank (SVB), pemasok dana startup di Silikon, Amerika Serikat, runtuh pada Jumat, 10 Maret 2023. Hal itu terjadi setelah banyak nasabah menarik simpanan secara bersamaan dalam 48 jam terakhir. Tutupnya bank raksasa ini membuat para investor gelisah karena mengkhawatirkan adanya krisis keuangan yang lebih luas. 

Penyebab jatuhnya Sillicon Valley Bank

Walaupun terlihat hancur secara tiba-tiba, namun ternyata akar permasalahannya telah terjadi sejak bertahun-tahun sebelumnya. Dilansir dari New York Times, penyebab jatuhnya Silicon Valley Bank adalah karena kesalahan manajemen. Ketua eksekutifnya terlalu banyak berinovasi tentang masa depan, sehingga pekerjaan biasa namun penting tidak diperhatikan dengan baik.

Pekerjaan yang dimaksud adalah pengelolaan risiko dan keamanan keuangan. Seperti yang dikatakan Danny Moses, seorang investor di Moses Ventures, jatuhnya Silicon Valley Bank bukanlah karena keserakahan.

“Ini hanya manajemen risiko yang buruk. Itu adalah manajemen risiko yang lengkap dan sangat buruk di pihak SVB,” kata investor yang dikenal karena perannya dalam memprediksi krisis keuangan pada 2008 dalam buku dan film “The Big Short” itu.

Bantuan Pemerintah AS

Kasus ini membuat pemerintah federal AS ikut andil turun tangan dengan menjamin simpanan pelanggan. Tetapi, berita tentang kejatuhan SVB telah tersebar meluas.

Sebagai tanda keseriusan para pejabat dalam menangani jatuhnya SVB, pada Senin, 13 Maret 2023, Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa sistem perbankan AS aman. “Kami akan melakukan apa pun yang diperlukan di atas semua ini,” ujarnya. 

PUTRI SAFIRA PITALOKA

Pilihan Editor: Deretan Startup Dunia yang Jadi Nasabah Silicon Valley Bank

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
March 18, 2023 at 11:03AM
https://ift.tt/PznloBF

Apa Penyebab Silicon Valley Bank Jatuh? - Bisnis Tempo.co
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/g6KVrOi
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apa Penyebab Silicon Valley Bank Jatuh? - Bisnis Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.